fbpx

8 Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Daftar Isi

Pernahkah kamu berpikir untuk mengganti strategi pemasaran tradisional dengan digital marketing? Apabila demikian, tentu kamu tidak sendirian karena banyak pemilik usaha, khususnya UMKM, berencana menggunakan strategi digital marketing untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Apa itu digital merketing? Digital marketing adalah serangkaian metode yang terdiri dari strategi, tindakan konkret, dan evaluasi bertujuan untuk mendatangkan pelanggan melalui internet. Seperti pemasaran tradisional, digital marketing terdiri dari strategi dan taktik untuk mendatangkan prospek dan mengarahkannya menjadi pelanggan.

Bedanya, digital marketing bekerja melalui saluran teknologi berbasis internet untuk menjangkau pelanggan. Ini tentu lebih memudahkanmu untuk mendapatkan pelanggan dari mana pun sehingga memungkinkan bisnis untuk tumbuh lebih cepat.

Lebih lanjut, penggunaan digital marketing dalam bisnis terbukti mampu menjangkau lebih banyak pelanggan baru dengan lebih biaya rendah dan meningkatkan brand awareness. Apabila kamu bandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu digital marketing lebih tepat sasaran, terukur, dan fleksibel sehingga meningkatkan lebih banyak konversi penjualan.

Untuk menerapkan digital marketing dalam bisnis, penting untuk merencanakan strategi yang tepat dan terbukti mampu menghasilkan penjualan. Karena itulah, melalui artikel tentang strategi digital marketing ini, kamu akan menemukan cara terbaik untuk memulainya.

Bacaan Lainnya: KPI Digital Marketing Paling Penting untuk Bisnis

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

strategi digital marketing

Strategi digital marketing adalah serangkaian rencana pemasaran yang mencakup saluran online (online channel) berbasis internet. Website, media sosial, email, dan media lainnya adalah bagian dari saluran online untuk menayangkan kampanye.

Kampanye dalam digital marketing bertujuan untuk membangun kesadaran para audien (pengguna saluran online) tentang kehadiran produk atau merek dan mengubah mereka menjadi pelanggan baru, khususnya untuk produk atau merek yang sedang dikampanyekan.

Pemilihan strategi digital marketing yang tepat dan terstruktur mampu mempercepat tujuan penjualan secara global. Dalam memilihnya, kamu juga harus mempertimbangkan saluran online manakah yang paling berpotensi menghasilkan penjualan.

Apakah strategi tersebut bisa diterapkan di pasar lokal?

Tentu saja, ini tergantung tujuan pemasaran yang kamu inginkan dan kapasitas perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Namun, sebaiknya kamu juga menyadari bahwa setiap lokasi pemasaran membutuhkan pendekatan strategi dan taktik yang berbeda.

Bacaan Lainnya: Anti-Gagal! Ini Cara Kerja Marketing Kontroversial untuk Bisnis

Pentingnya Strategi dan Taktik

Strategi adalah rencana yang bisa tercapai dan fokus pada pencapaian target. Sedangkan taktik adalah langkah konkret yang telah kamu tentukan dalam strategi untuk memastikan targetmu tercapai.

Tanpa strategi, serangkaian tindakan konkret menjadi tidak terarah. Disisi lain, tanpa tindakan konkret, strategi hanya rencana yang tidak akan pernah tercapai. Keduanya harus adalah dalam setiap aktivitas digital marketing untuk meningkatkan nilai dari bisnis.

Dalam bisnis, setidaknya kamu membutuhkan tiga hal untuk menentukan sebuah strategi pemasaran yang berkorelasi terhadap taktik. Ketiga hal tersebut yaitu:

  • Menganalisa tantangan yang akan kamu hadapi
  • Panduan yang berisi kebijakan untuk menghadapi tantangan yang ada
  • Serangkaian tindakan yang mengikuti kebijakan dalam panduan yang kamu buat.

Bacaan Lainnya: Apa Itu Digital Marketing Funnel?

Cara Membuat Strategi Digital Marketing

Tiba saatnya bagimu untuk membuat strategi digital marketing. Dari penjelasan sebelumnya, tentu akan membuatmu mulai memikirkan langkah-langkah untuk menyusunnya dengan benar. Untuk memulainya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dari berikut ini:

Menjelaskan Brand

Pada langkah ini, kamu harus menjelaskan brand identity dengan mempertimbangkan tiga hal. Pertama, unique selling point (USP) dari produk yang kamu tawarkan. USP adalah keunggulan yang kamu tonjolkan yang menjadi solusi dari permasalahan konsumen dan tidak dimiliki oleh kompetitor.

Kedua, value proposition, yang merupakan janji yang berisi manfaat bagi konsumen apabila ia membelinya. Ini bisa juga kamu sebut jaminan bagi konsumen untuk menyelesaikan permasalahan dengan produk yang kamu jual.

Ketiga, brand voice berupa jenis komunikasi yang akan kamu gunakan untuk mendekati konsumen. Penggunaan brand voice menyesuaikan gaya komunikasi dan perilaku konsumen sehingga membuat merek atau produk lebih mudah dikenal.

Membangun Buyer Persona

Untuk melengkapi langkah sebelumnya, kamu harus memahami siapa konsumenmu yang sebenarnya. Konsumen tersebut adalah mereka yang membutuhkan produk kamu tawarkan. Untuk mengetahuinya, kamu perlu membangun buyer persona untuk mendapatkan konsumen potensial.

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk membangunya adalah demografi dan alasan apa saja yang mendorong konsumen memprioritaskan perusahaan, produk, dan layananmu. Setelah kamu menentukannya dengan tepat, kemungkinan besar konsumen akan termotivasi untuk membeli apa yang kamu tawarkan.

Menentukan sasaran dengan SMART

Selanjutnya, kamu harus membuat sasaran dengan mempertimbangkan konsep SMART (spesific, measurable, achievable, relevant, time-bound). Penggunaan konsep ini akan menghasilkan sasaran lebih spesifik sehingga kamu lebih mudah mengukur dan mencapainya dengan strategi dan tindakan relevan dalam kurun waktu tertentu.

Sasaran tersebut kamu bisa tuangkan ke dalam KPI (key performance indicator) Marketing untuk memudahkanmu melakukan pelacakan atas kemajuan yang terjadi. Penggunaan KPI ini tentu akan berhubungan langsung dengan pemilihan strategi digital marketing yang akan kamu pilih.

Memilih Strategi Digital Marketing

Pemilihan strategi digital marketing memprioritaskan metode terbaik untuk menghasilkan nilai paling tinggi bagi bisnis dan industri. Disisi lain, kamu juga membandingkannya dengan beberapa strategi yang trending. Nah, beberapa rekomendasi strategi dari WebFX yang bisa kamu pilih di antaranya seperti Search Engine Optimization, Pay per-Click Advertising, Content Marketing, Email Marketing, Social Media Marketing, Video Marketing, dan lain-lain.

Menentukan Anggaran Digital Marketing

Meski telah memilih jenis strategi yang tepat, penting bagimu untuk menentukan anggaran pemasaran. Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan tersendiri tentang seberapa besar dana yang akan dialokasikan untuk digital marketing. Kamu bisa menetapkannya dengan melihat kondisi internal perusahaan, kompetitor, dan faktor lain sesuai jenis industri.

Melakukan Brainstorming terhadap Strategi Digital Marketing

Strategi yang hebat tentu membutuhkan perencanaan untuk memandu bagaimana tujuan pemasaran tercapai. Nah, kamu perlu memandunya dengan menentukan anggaran iklan melalui channel yang memiliki potensi untuk mencapai target. Kemudian, sebaiknya kamu juga membuat suatu kalender apabila ingin membuat dan menerbitkan konten marketing.

Memulai Kampanye

Merealisasikan rencana menjadi tindakan dengan memilih channel mana saja yang akan kamu gunakan untuk beriklan. Untuk melihat outcome, sebaiknya kamu melakukan monitoring setiap kemajuan iklan di setiap channel menggunakan tools yang sesuai.

Melacak Hasil

Nah, penting sekali bagimu untuk mengetahui hasil dari strategi yang telah kamu eksekusi. Kinerja strategi tersebut bisa kamu lacak menggunakan beberapa tools, seperti Google Console, Google Analytics, atau Google Ads. Ini sangat berguna apabila kamu ingin melihat Return on Investment (ROI).

Bacaan Lainnya: Cara Tepat Menghitung Customer Acquisition Cost

Apakah Ada Layanan Digital Marketing untuk Bisnis?

Kini kamu tidak harus melakukannya sendiri untuk menentukan strategi digital marketing. Solusinya, kamu bisa menggunakan jasa digital advertising agency yang berpengalaman dan tentu sesuai dengan anggaran pemasaran yang kamu siapkan.

Sebagai perusahaan digital advertising, Apookat menyediakan beberapa layanan seperti pembuatan website, aplikasi, konten SEO, dan Social Media Management. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan manfaat layanan menggunakan Google Ads dan Facebook Ads dengan hasil optimal untuk meningkatan penjualan. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, hubungi kontak Apookat untuk memperoleh solusi digital markteting terbaik untuk bisnismu.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post