fbpx

3 Formula Copywriting dengan Contoh yang Lengkap, Pasti Mujarab!

Daftar Isi

Buat kamu yang ingin tahu pengertian copywriting lebih mendalam, baca artikel sebelumnya di sini, ya! Apa itu Copywriting.

Artikel kali ini kita akan membahas formula copywriting, mulai dari pengertiannya, cara menggunakan formula copywriting, hingga jenis-jenisnya.

Kamu siap? Yuk, simak dan praktikkan isi artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Formula Copywriting

Formula copywriting adalah sebuah “penunjuk jalan” bagi siapa saja yang ingin menulis copy (naskah iklan) dengan baik dan benar. Formula copywriting ini akan memudahkanmu sekaligus mempercepat prosesmu menulis copy.

Formula copywriting

Oh, ya, mungkin masih belum tahu apa itu copy? Copy (ˈkɑː.pi) adalah teks yang digunakan seseorang atau brand untuk mempromosikan atau menjual sesuatu (barang, jasa, citra, orang, gagasan, dll.).

Dalam pengertian lain, formula copywriting adalah struktur penulisan dengan sudut pandang berdasarkan poin-poin tertentu. Hasilnya, akan membuat sebuat tulisan atau copy-mu menjadi lebih mudah untuk pembaca mengerti pesannya. 

Lalu, jika pembaca mudah mengerti pesan tersebut, semakin besar peluang kita untuk memengaruhinya.

Formula copywriting bisa kita ibaratkan seperti resep masakan. Misalnya, kamu ingin memasak nasi goreng, resepnya di internet itu sangat banyak dan bervariasi. Nah, masing-masing pasti ada yang mengklaim resep masakannya enak.

Padahal, enak atau hambarnya suatu masakan tergantung koki atau orang yang memasaknya. Lalu, teknik dan pengalaman memasak juga menentukan enak atau hambarnya suatu masakan.

Begitu halnya dengan formula copywriting yang ada di internet itu sangat banyak versinya. Mulai dari yang formula legendaris seperti AIDA, hingga formula yang namanya unik, aneh, dan sebagainya.

Manfaat Menggunakan Formula Copywriting

Pada perkembangannya, manfaat formula copywriting juga berkembang pesat. Masing-masing produk, baik barang maupun jasa, pasti memiliki manfaat penerapan formula copywriting yang berbeda-beda.

Ingat! Meskipun di luar sana banyak yang mengklaim, jika memakai salah satu formula copywriting ini, bakal langsung mampu menarik banyak prospek, meningkatkan penjualan, dan “mimpi-mimpi” lainnya.

Namun, manfaatnya tetaplah berbeda masing-masing. Mengapa? Karena tiap-tiap produk punya formulanya tersendiri. Kamu bebas banget untuk mengutak-atik susunan dari formula copywriting ini. Bahkan, jika kamu mau menciptakan formula copywriting sendiri untuk produkmu, sangat boleh!

Beberapa manfaat menggunakan formula copywriting, seperti

  • proses menulis copy jadi lebih cepat,
  • alur baca copy jadi lebih jelas,
  • membuat pembaca lebih nyaman membaca copy-mu,
  • membuat pesan copy-mu lebih persuasif,
  • membuat penawaranmu jadi lebih powerful,
  • meningkatkan kejelasan copy-mu,
  • dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Formula Copywriting

Kamu bisa menggunakan formula copywriting ini di media tipe apa saja, baik itu media cetak maupun media digital seperti media sosial, website, landing page, dan lain-lain.

Selalu ingat! Poin-poin dalam formula copywriting ini, boleh banget kamu utak-atik. Mengapa? Karena boleh jadi, poin yang kamu utak-atik ini cocok dengan karakteristik produk dan calon pembelimu.

Jadi, usahakan untuk menggunakan atau membuat lebih dari satu formula untuk kamu tes keefektivitasannya.

Formula Copywriting AIDA

Ini dia formula copywriting legendaris, namanya AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.

Attention (Perhatian)

Tugasmu dalam bagian ini adalah mendapatkan perhatian pembaca sejak awal mereka membacanya. Caranya dengan membuat headline menarik perhatian dengan visual yang memanjakan mata.

Kamu hanya punya waktu kurang dari 5 detik untuk menarik perhatian pembaca melalui bagian attention. Jika kamu gagal menarik perhatian pembaca kurang dari 5 detik, sebagus apa pun penawaranmu bakal terabaikan.

Ingat! Headline adalah bagian terpenting dari copywriting!

Selanjutnya, buatlah headline dengan tipe apa saja yang sesuai dengan produkmu. Contoh attention (perhatian) berupa headline:

  • Hindari 7 Kesalahan Fatal Ini Saat Kamu Memilih Ruko untuk Tempat Tinggal
  • Waspada 7 Modus Kejahatan Baru Ini di Rukomu!

Interest (Ketertarikan)

Setelah kamu membuat sesuatu untuk menarik perhatian pembaca. Tugasmu selanjutnya adalah membuat mereka makin tertarik untuk membaca lebih lanjut. Pikirkan, bagaimana caranya agar pembaca berkata dalam hatinya, “Wah, ini gue banget!”, “Ini aku banget, nih!”, dll. Interest ini masuk ke dalam bagian body copy.

Cara yang bisa kamu lakukan agar membuat pembaca makin tertarik adalah dengan menunjukkan hal-hal berikut ini:

  • Fakta tentang produk
  • Data pendukung produk
  • Studi kasus yang berkaitan dengan produk
  • Alasan mengapa harus menggunakan produk
  • Statistik yang berkaitan dengan produk
  • Dll.

Contoh interest (ketertarikan) sebagai lanjutan dari bagian attention sebelumnya:

  • (Interest/Body Copy) Modus kejahatan baru ini, berdasarkan fakta lapangan hasil olah TKP pihak kepolisian.
  • (Interest/Body Copy) Tahukah kamu! Berdasarkan data dari berbagai sumber tepercaya, 7 kesalahan fatal ini terdiri dari …

Desire (Keinginan)

Tugasmu selanjutnya adalah membuat pembaca merasa butuh dan ingin mendapatkan solusi dari apa yang kamu tulis (tawarkan). Tunjukkan keunggulan, manfaat, dan nilai apa yang akan calon pembeli rasakan ketika membeli produkmu. Atau mau langsung menampilkan manfaat dan kondisi ideal aja juga boleh.

Contoh desire (keinginan) sebagai lanjutan dari bagian interest sebelumnya:

  • (Desire/Body Copy) 7 modus kejahatan baru ini, antara lain …

Nah, 7 modus kejahatan baru ini dapat kamu cegah sedini mungkin. Caranya dengan memilih lokasi ruko yang dekat layanan/pusat keamanan.

  • (Desire/Body Copy) 7 kesalahan fatal ini bisa kamu antisipasi dengan cara memilih ruko dari developer atau agen properti tepercaya.

Action (Tindakan)

Tahap terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menunjukkan “jalan” kepada calon pembeli atau pembaca. Jalan yang akan menuntun mereka melakukan sesuatu, yakni dengan CTA (Call to Action). Action termasuk ke dalam bagian closing.

Kamu bisa menambahkan

  • urgensi,
  • kerugian menunda pembelian,
  • stok terbatas,
  • bonus terbatas,
  • dll.

Contoh action (tindakan) sebagai lanjutan dari bagian desire sebelumnya:

  • (Action/Closing) Lalu, gimana caranya memilih lokasi ruko yang dekat layanan/pusat keamanan?

Gampang banget!

Kamu bisa menghubungi agen XYZ Properti tepercaya untuk membantumu memilih ruko dengan aman dan nyaman.

Yuk, klik link ini untuk berkonsultasi!

  • (Action/Closing) Kamu mau terhubung dengan agen properti tepercaya?

Yuk, segera klik link ini untuk berkonsultasi dengan agen XYZ Properti!

Contoh Lengkap Penerapan Formula Copywriting AIDA

  • (Attention/Headline) Waspada 7 Modus Kejahatan Baru Ini di Rukomu!

(Interest/Body Copy) Modus kejahatan baru ini, berdasarkan fakta lapangan hasil olah TKP pihak kepolisian.

(Desire/Body Copy) 7 modus kejahatan baru ini, antara lain …

Nah, 7 modus kejahatan baru ini dapat kamu cegah sedini mungkin. Caranya dengan memilih lokasi ruko yang dekat layanan/pusat keamanan.

(Action/Closing) Lalu, gimana caranya memilih lokasi ruko yang dekat layanan/pusat keamanan?

Gampang banget!

Kamu bisa menghubungi agen XYZ Properti tepercaya untuk membantumu memilih ruko dengan aman dan nyaman.

Yuk, klik link ini untuk berkonsultasi!

  • (Attention/Headline) Hindari 7 Kesalahan Fatal Ini Saat Kamu Memilih Ruko untuk Tempat Tinggal

(Interest/Body Copy) Tahukah kamu! Berdasarkan data dari berbagai sumber tepercaya, 7 kesalahan fatal ini terdiri dari …

(Desire/Body Copy) 7 kesalahan fatal ini bisa kamu antisipasi dengan cara memilih ruko dari developer atau agen properti tepercaya.

(Action/Closing) Kamu mau terhubung dengan agen properti tepercaya?

Yuk, segera klik link ini untuk berkonsultasi dengan agen XYZ Properti!

Formula Copywriting PPPP

Formula PPPP merupakan singkatan dari Picture, Promise, Proven, dan Push. Formula ini cocok untuk konsumen yang senang mendapat motivasi meraih sesuatu.

Picture (Gambaran)

Pada bagian ini, kamu perlu memberikan gambaran berupa solusi yang menyelesaikan masalah konsumen. Kamu perlu meyakinkan konsumen bahwa produkmulah sebagai solusinya. Dalam copywriting, picture ada di bagian headline

  • Coba Bayangkan, Jika Bunda Dapat Undian Berhadiah Minyak Goreng 100 Liter!
  • Kamu Pasti Mau, kan, Hemat Uang Belanja sampai Jutaan?
  • Lebaran Tahun Ini, Kamu Bisa Ajak Keluarga Mudik Naik Mobil Pribadi

Promise (Janji)

Selanjutnya, kamu bisa menjanjikan bahwa solusi yang kamu tawarkan dapat menyelesaikan masalah konsumen. Bagian ini termasuk ke dalam struktur copywriting bagian body copy. Promise ini dapat berupa garansi atau jaminan. Promise juga dapat kamu tunjukkan dengan kata-kata yang membujuk, menenangkan, atau meyakinkan.

  • Tenang, kesempatan bunda menang undian sangat besar! Soalnya, ada 10.000 liter minyak goreng untuk 100 orang pemenang undian. 
  • Dengan belanja di Indoapril, bunda pasti bisa hemat uang belanja sampai jutaan rupiah. Selain banyak diskonnya, kalau kamu belanja di Indoapril juga banyak GRATISANNYA. Bahkan, ada program tebus murah untuk belanja minimal 200K dan berlaku kelipatan.
  • Punya mobil sendiri bukan lagi sekadar mimpi. Sekarang, kamu bisa beli mobil sendiri buat ajak keluarga mudik pas lebaran. Kamu tinggal kredit di Tayato Finance. Pengajuan kredit ayah, pasti diterima! 

Prove (Bukti)

Kamu perlu menunjukkan bukti bahwa janji-janjimu dapat tercapai. Caranya dengan menampilkan testimoni, pemberitaan di media, dan lain-lain. Prove juga bagian dari body copy.

  • Ini kata mereka yang sudah lebih dulu menang undian minyak goreng 100 liter.
  • Kamu masih ragu? Cek testimoni tentang Indoapril di sini, ya. 
  • Bulan ini, sudah ada 567 orang yang pengajuan kreditnya diterima. Kamu mau juga, kan? Cek testimoni mereka di website kami.

Push (Dorongan)

Pada bagian ini, tugasmu adalah memberikan dorongan agar konsumen benar-benar yakin dan menerima solusi yang kamu berikan. Bagian ini termasuk ke dalam struktur copywriting bagian closing.

  • Yuk, ikutan undian minyak goreng 100 liter! Caranya gampang. Kamu cukup belanja senilai minimal satu juta rupiah di Pure Mart. Simpan struknya, lalu daftarkan diri lewat link berikut ini. Pantengin terus ya, pengocokan undiannya tiap hari jam 14.00 WIB hanya di website resmi Pure Mart.
  • Bunda, yuk belanja di cabang Indoapril terdekat. Daftarkan diri sebagai member ya, supaya kamu selalu tahu promo terbaru di Indoapril.
  • Kamu bisa tanya-tanya dulu lewat sales kami di nomor berikut ini. Buruan, pengajuan kredit ditutup tanggal 1 April 2022. 

Contoh Lengkap Penerapan Formula Copywriting PPPP

  • (Picture/Headline) Bayangkan Kalau Kamu Mendapatkan Apartemen di Pusat Kota Hanya dengan Setengah Harga!

(Promise/Body Copy) Ini bukan cuma mimpi! Kamu bisa mendapatkan apartemen impianmu di pusat Kota Bogor dengan harga yang sangat terjangkau. Apartemen impianmu akan kamu dapatkan hanya dalam 2 minggu saja.

(Prove/Body Copy) Kok, bisa?! Bisa dong, soalnya kamu membeli apartemen dari pengembang tepercaya yaitu Agung Sejiwa Group! Agung Sejiwa Group sedang membuat promo spesial yang hanya berlangsung selama 2 minggu ini. Semua apartemen dijual hanya setengah harga. Masih ragu? Cek programnya di sin.

(Push/Closing) Agung Sejiwa Group hanya menyediakan 75 unit apartemen dengan harga spesial ini. Kamu bisa mendapatkannya dengan klik link berikut ini. Buruan, persediaan terbatas!

Formula Copywriting BAB

Formula copywriting BAB merupakan singkatan dari Before, After, dan Bridge. Formula ini bisa kita gunakan untuk menggambarkan kondisi sebelum dan sesudah. Artinya, menggambarkan perjalanan konsumen dari memiliki masalah dan hingga menemukan solusinya.

Before (Sebelum)

Pada bagian ini, kamu perlu menunjukkan kondisi ketika konsumen memiliki masalah. Kamu wajib menyadarkan konsumen mengenai masalah mereka. Kaitkan dengan produk atau jasa yang kamu punya. Dalam copywriting, bagian before adalah headline.

  • Sudah Berkali-kali Ganti Sampo, Rambutmu Masih Rontok dan Patah Juga?
  • Kamu Udah Lamar Kerja Ratusan Kali, tapi Masih Belum Dapat Kerja?
  • Waduh, Bekas Jerawat di Wajahmu Bikin Minder Ketemu Gebetan?

After (Sesudah)

Tugas kamu di bagian ini adalah menunjukkan kondisi pada konsumen saat masalah mereka teratasi. Kamu perlu membuat konsumen berandai-andai ketika masalah mereka dapat terselesaikan dengan produk atau jasamu. Dalam copywriting, bagian after adalah body copy.

  • Bagaimana kalau ada cara mudah dan efektif dalam menjaga kesehatan rambutmu? Rambutmu jadi sehat, kuat, dan bebas rontok! Warnanya jadi hitam berkilau seperti habis keluar dari salon.
  • Bayangkan, dengan ikut program ini, kamu dapat ilmu sekaligus pekerjaan baru! Kamu akan kami salurkan ke 50 perusahaan yang menjadi rekanan kami.
  • Ternyata, gampang banget, loh, bikin wajahmu mulus bebas bekas jerawat!

Brigde (Jembatan)

Maksud dari jembatan ini adalah proses yang menjembatani konsumen dari keadaan sebelum menjadi sesudah. Jembatannya adalah produk atau jasamu itu sendiri. Kamu perlu menunjukkan bahwa produk atau jasamu menjadi solusi bagi masalah konsumen.

  • Makanya, pake Sampo Urang Aring Mustika Putri. Dibuat dari bahan-bahan alami dan pilihan, Sampo Urang Aring Mustika Putri bikin rambutmu jadi kuat dan sehat. 
  • Daftarkan dirimu di rekrut.id program khusus untuk fresh graduate di seluruh Indonesia. Kamu akan mempelajari 50 hard skill dan soft skill yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan. 
  • Pake Dermisoft dong! Paket perawatan lengkap untuk kulit wajahmu. Noda membandel pun hilang. Wajahmu mulus pun datang!

Contoh Lengkap Penerapan Formula Copywriting BAB

  • (Before/Headline) Duh, Pusing Banget Nyiapin Acara Pernikahan Sendiri!

(After/Body Copy) Pasti enak banget, nih, kalau pake wedding organizer yang harganya terjangkau. Calon pengantinnya tinggal duduk manis. Sat-set-sat-set, persiapan pernikahannya udah kelar. 

(Bridge/Closing) Wedding Organizer Berlian Dream siap membantu kamu, loh. Kami punya 15 paket pernikahan dengan harga terjangkau. Kamu tinggal bilang, semua kami yang siapkan! Hubungi kami lewat nomor ini, ya.

Promo Akhir Tahun

Kesimpulan

Formula copywriting bisa kita ibaratkan seperti resep masakan. Misalnya, kamu ingin memasak nasi goreng, resepnya di internet itu sangat banyak dan bervariasi. Nah, masing-masing pasti ada yang mengklaim resep masakannya enak.

Padahal, enak atau hambarnya suatu masakan tergantung koki atau orang yang memasaknya. Lalu, teknik dan pengalaman memasak juga menentukan enak atau hambarnya suatu masakan.

Selalu ingat! Poin-poin dalam formula copywriting ini, boleh banget kamu utak-atik. Mengapa? Karena boleh jadi, poin yang kamu utak-atik ini cocok dengan karakteristik produk dan calon pembelimu.Jadi, usahakan untuk menggunakan atau membuat lebih dari satu formula untuk kamu tes keefektivitasannya.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post