fbpx

Pengertian Brand Awareness, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Daftar Isi

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak terlepas dari penggunaan brand. Itulah mengapa terdapat istilah brand awareness atau kesadaran merek yang menjadi fokus bagi setiap bisnis untuk meningkatkan hal tersebut. Tujuannya agar brand mereka menjadi produk unggulan yang lebih sering dikonsumsi, digunakan, atau dikenal pada sektor masing-masing.

Contohnya, di sektor makanan, seperti cokelat. Brand apa yang Anda ingat saat berbicara tentang cokelat? Begitu juga dengan contoh lainnya, seperti produk air mineral atau bahkan mie instan. Brand apa yang pertama kali muncul di benak Anda? Ketika sebuah brand sudah melekat pada sektor tertentu, hal ini membuat produk atau jasa dari brand tersebut terus dibeli saat dibutuhkan.

Karena melihat manfaatnya yang luar biasa, Anda perlu mengetahui penjelasan lebih dalam tentang apa itu brand awareness hingga cara meningkatkannya. Berikut pemaparannya agar bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Apa itu Brand Awareness

Brand awareness adalah kesadaran konsumen mengenali sebuah brand atau merek pada berbagai macam kategori produk dan jasa yang mereka butuhkan. Brand dapat diartikan sebagai tanda yang dikenakan oleh perusahaan untuk barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. Tanda tersebut biasanya berupa nama atau bahkan logo.

Oleh sebab itu, bisnis yang telah memiliki brand jelas untuk setiap produk atau jasanya, hal tersebut akan dapat menciptakan brand awareness yang diinginkan. Apabila tidak ada tanda pengenal, bagaimana bisa pembeli mengetahui bisnis Anda dan melakukan pembelian berulang?

Inilah salah satu alasan brand awareness yang bagus harus menjadi fokus bagi setiap bisnis. Sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara efektif meningkatkan brand awareness.

Mengapa Brand Awareness itu Penting?

Tidak dapat dipungkiri, brand yang langsung diingat oleh seseorang akan selalu menjadi pilihan utama bagi dirinya saat ingin membeli produk atau jasa. Biasanya, konsumen akan lebih percaya karena telah mengetahui segala informasi tentang brand tersebut.

Salah satu alasan mengapa brand awareness itu penting, yaitu dapat meningkatkan kepercayaan yang berdampak terhadap peningkatan pembelian. Walaupun sebuah produk dibuat sebagus apa pun, apabila brand tidak jelas, hal tersebut menurunkan kepercayaan bagi konsumen.

Penyebabnya karena konsumen tidak mengenal latar belakang perusahaan yang memproduksi, kandungan yang ada di dalamnya, dan semacamnya. Selain itu, konsumen juga kesulitan apabila ingin melakukan pembelian berulang lagi.

Sebab, konsumen juga tidak mengetahui secara pasti gambaran produk seperti apa yang dahulu mereka pernah beli. Namun, bayangkan apabila Anda memiliki brand yang jelas disertai dengan produk yang bagus. Konsumen akan langsung menyimpan memori tentang nama dan logo brand Anda sebagai produk atau jasa yang bagus pada kategori tertentu. Konsumen pun akan dengan mudah mencari produk Anda di pasaran.


Manfaat Brand Awareness

Inti dari manfaat brand awareness itu adalah melekatkan brand Anda pada produk atau jasa tertentu agar bisa selalu menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah melekat pada konsumen, Anda akan merasakan berbagai macam manfaat, seperti penjualan bisnis yang makin meningkat.

Sebab, konsumen memang sering membeli sesuatu yang sudah mereka kenal sebelumnya. Selain itu, Anda akan mendapatkan loyalitas konsumen yang tinggi serta meningkatkan nilai pada produk Anda sendiri. Produk Anda lebih dihargai karena telah dikenal oleh masyarakat. Hal ini nantinya memudahkan Anda untuk melakukan inovasi atau peluncuran produk baru yang dapat meningkatkan omzet bisnis Anda.

Langkah Awal Membangun Brand Awareness

Lalu, bagaimana langkah awal untuk memulai membangun brand awareness?

  1. Menentukan Nama

Pilihlah nama yang mudah diingat dan diucapkan. Selain itu, sesuaikan nama brand berdasarkan produk atau jasa Anda. Tentunya, manusia lebih mudah mengingat nama yang familiar bagi memori mereka. 

  1. Membuat Logo

Setelah membuat nama, buatlah logo yang juga dapat memengaruhi calon pembeli. Kenalilah psikologi warna yang dapat memengaruhi seseorang untuk membeli produk Anda.

  1. Maksimalkan Semua Jaringan Media Sosial

Kebanyakan orang saat ini bermain media sosial. Tidak hanya satu, bahkan semua macam medsos, seperti Tiktok, Instagram, Twitter, hingga Facebook menjadi tempat utama untuk melakukan banyak hal.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mencari informasi tentang produk yang ingin dibeli di media sosial. Inilah peluang untuk menampilkan brand Anda ke hadapan mereka.

Cara Mengukur Brand Awareness

Tidak hanya sekadar memulai brand awareness, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengukur tolok ukur keberhasilannya. Hal ini akan memberikan data pada Anda apakah strategi yang dilakukan telah berhasil meningkatkan brand awareness atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengukur brand awareness ini.

  1. Melakukan Social Media Monitoring dan Listening

Media sosial bisa menjadi tempat untuk mengukur keberhasilan brand awareness. Cara mengukurnya adalah dengan melakukan monitoring atau pemantauan tentang seberapa banyak bisnis Anda dibicarakan di medsos. Inilah yang disebut sebagai social media monitoring. 

Sementara itu, social media listening dapat diartikan sebagai mendengarkan respons publik terhadap bisnis Anda. Dari respons ini, Anda dapat mengetahui bagaimana sentimen audiens tentang bisnis Anda, apakah positif atau negatif?

  1. Hasil Pencarian Google

Brand awareness yang bagus dapat dilihat dari seberapa mudah brand Anda ditemukan di hasil pencarian seperti Google. Apabila brand Anda mudah ditemukan, hal tersebut berpotensi besar membuat konsumen lebih mudah mengetahui segala informasi tentang brand Anda.

  1. Traffic dan Engagement

Terakhir, Anda bisa mengukur berdasarkan traffic dan engagement yang didapatkan. Traffic dapat diartikan sebagai berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda. Traffic yang tinggi menjadi tolok ukur keberhasilan brand awareness karena menunjukkan banyaknya orang yang melihat produk Anda.

Kemudian, ada juga engagement dalam media sosial. Engagement dapat diartikan sebagai interaksi audiens terhadap bisnis Anda. Engagement yang bagus menunjukkan ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin memiliki brand awareness yang tinggi. Berikut cara meningkatkannya.

Menyediakan Informasi Produk yang Cukup

Anda bisa meningkatkan brand awareness dengan cara menyediakan informasi yang cukup atau detail tentang produk Anda. Dari sini, konsumen akan menyeleksi apakah brand Anda memberi solusi dari permasalahan mereka atau tidak. Selain itu, informasi yang cukup tentang sebuah produk akan membuat brand Anda lebih mudah diingat berdasarkan manfaatnya.

Melakukan Optimasi Website dan Media Sosial

Optimasi dapat diartikan sebagai cara untuk memperoleh hasil yang terbaik. Brand awareness bisa ditingkatkan dengan memaksimalkan penggunaan situs website dan media sosial.

Anda bisa belajar bagaimana membangun situs atau akun yang disenangi oleh banyak orang. Apabila keduanya ramai dikunjungi, konsumen akan mulai mengenal dan mendapatkan informasi yang memadai tentang produk atau jasa Anda.

Membuat Konten yang Bagus

Terakhir, Anda bisa membuat konten yang bagus atau menarik. Konten yang bagus merupakan konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari serta bersifat menjawab permasalahan.

Sebelum membuat konten, lakukanlah riset terlebih dahulu agar dapat mengetahui secara pasti kebutuhan terkini audiens.

Setelah mengetahui apa itu brand awareness mulai dari manfaat dan cara meningkatkannya, Anda bisa merencanakan strategi yang efektif agar berhasil dalam hal ini. 

Untuk lebih mengetahui dengan jelas tentang brand awareness ini, Anda juga bisa mempelajari contoh brand awareness dari brand yang sudah kamu kenal. Contoh-contoh tersebut akan memberi inspirasi untuk Anda tentang bagaimana cara agar berhasil dalam brand awareness.

Artikel Terkait

Mau Punya 10.000 Followers dalam 3 Bulan? Yuk, Ikuti Tips Membangun Brand Awareness dari Saya

Salah satu indikator kesuksesan dalam membangun brand awareness adalah bertumbuhnya jumlah followers media sosial. Bagaimana tips membangun brand awareness agar bisa menarik followers hingga 10.000?  Ternyata, tidak hanya sekadar membuat…

View post
Thumbnail 4 Tahapan Dalam Membangun Brand Awareness yang perlu kamu ketahui

4 Tahapan dalam Membangun Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui

Tahapan dalam membangun brand awareness harus kamu ketahui untuk mengukur sudah sampai sejauh mana brand kamu dikenal. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menyusun strategi brand awareness sesuai dengan level…

View post

8 Contoh Brand Awareness yang Bisa Kamu Pelajari dan Tiru

Salah satu cara agar sukses dalam mengenalkan brand ke masyarakat adalah dengan belajar dari contoh brand awareness yang sudah ada. Banyak sekali brand-brand besar yang bisa kamu pelajari dan tiru…

View post