fbpx

8 Contoh Brand Awareness yang Bisa Kamu Pelajari dan Tiru

Daftar Isi

Salah satu cara agar sukses dalam mengenalkan brand ke masyarakat adalah dengan belajar dari contoh brand awareness yang sudah ada. Banyak sekali brand-brand besar yang bisa kamu pelajari dan tiru strateginya.

Namun, selain memahami strategi yang tepat, kamu juga perlu menyadari bahwa membangun brand awareness bukanlah waktu yang sebentar. Untuk menjadi brand top of mind, brand berikut memerlukan waktu hingga bertahun-tahun lamanya.

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness dapat diartikan sebagai kesadaran konsumen terhadap sebuah brand dari produk yang dibelinya. Dengan membeli produk A, konsumen telah menyadari brand yang dipilih seperti apa. 

Misal, kamu memiliki bisnis yang hasil produksinya berupa makanan ringan. Seberapa tahu konsumen tentang produk kamu tersebut? Apakah konsumen mengenal merek produk makanan ringan yang merupakan bisnis kamu? Inilah brand awareness.

Apabila brand kamu cukup dikenal, artinya brand awareness kamu cukup tinggi sehingga berdampak baik bagi bisnis. Sebab, konsumen lebih banyak membeli produk dari brand yang telah mereka kenal daripada brand yang sebelumnya sama sekali mereka tidak ketahui.

Contoh Brand Awareness yang Bisa Dipelajari

Untuk memulai membangun brand awareness yang sukses, kamu bisa mempelajari beberapa contoh brand awareness berikut ini. Contoh-contoh brand ini bisa dibilang telah menjadi top of mind dalam kategori produknya masing-masing.

AQUA Diingat sebagai Air Mineral

AQUA merupakan brand produk air minum dalam kemasan yang telah berdiri sejak 23 Februari 1973. Artinya, hingga tahun 2023 ini, AQUA telah memasuki umurnya yang ke-50 tahun. Perjalanan panjangnya telah menghasilkan brand awareness yang sangat sukses. Hal ini terlihat dari kebiasaan sehari-hari masyarakat ketika ingin membeli air minum.

Bukan lagi air minumnya yang diingat oleh masyarakat, tetapi langsung menyebutkan brand AQUA ketika membelinya di warung maupun supermarket. Salah satu hal yang bisa dipelajari dari AQUA adalah menjadi pelopor. AQUA membranding dirinya sebagai pelopor produsen air minum dalam kemasan.

Dari sini, kamu bisa melihat bagaimana AQUA menyediakan suatu kemudahan bagi masyarakat dalam meminum air. Selain itu, karena menjadi pelopor, persaingan bisnisnya pun tidak terlalu besar saat pertama kali berdiri.

Indomie Dikenal sebagai Mie Instan

Saat berbicara tentang mie instan, brand apa yang langsung kamu ingat? Pastinya, kebanyakan akan mengingat nama indomie. Brand mie tersebut muncul pada tahun 1972 dengan mengeluarkan produk pertamanya berupa mie kuah rasa kaldu ayam.

Salah satu kelebihan yang Indomie tawarkan saat itu adalah rasa yang disesuaikan dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Berbeda dengan AQUA yang menjadi pelopor, Indomie terhitung sebagai brand mie kedua yang muncul setelah Supermi.

Namun, Indomie telah membuktikan bahwa bisa tetap berhasil walaupun sudah ada yang mendahulukan membuat produk mie. Dari sini, kamu bisa mempelajari tentang meningkatkan kualitas yang dihasilkan dari brand kamu.

Dalam hal makanan, Indomie terus mengeluarkan produk varian baru, seperti tahun 1982 meluncurkan rasa kari ayam. Kemudian, Indomie juga terus memahami keinginan masyarakat dengan meluncurkan varian mie goreng pada tahun 1983. Untuk meningkatkan brand awareness, penting bagi kamu untuk terus berinovasi menyesuaikan selera masyarakat.

Softex Identik dengan Pembalut Perempuan

Tahukah kamu bahwa sebenarnya softex tidak hanya memproduksi produk berupa pembalut perempuan? Softex merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perawatan, mulai dari bayi hingga dewasa.

Namun, memang Softex telah memulai memasarkan produk pembalutnya pada tahun 1976. Softex memulai dengan 100 karyawan yang mempromosikan produk pembalut bermerek Softex tersebut.

Akhirnya, Guna menunjukkan eksistensinya sebagai pelopor pembalut perempuan, Softex pun mulai mengubah dari sekadar nama merek menjadi PT Softex Indonesia pada tahun 1981. Sama seperti AQUA, brand awareness Softex juga meningkat karena bertindak menjadi pelopor. Akan tetapi, terdapat hal lain yang bisa dipelajari dari Softex, yaitu berupa komitmen untuk menunjukkan eksistensi mereka. Softex meningkatkan eksistensinya dengan mengubahnya menjadi PT.

Silverqueen Dikenal sebagai Cokelat

Silverqueen merupakan produk cokelat asli Indonesia yang telah ada pada tahun 1950. Ciri khas dari Silverqueen ini adalah cokelat batangan yang dibungkus kemasan berwarna keemasan. Hal ini membuat cokelat terlihat mewah dan berkilauan sehingga menyenangkan untuk disantap.

Strategi brand awareness dari Silverqueen bisa kamu pelajari dengan jelas di minimarket-minimarket. Produk Silverqueen diletakkan pada bagian kasir yang membuat para konsumen otomatis melihat cokelat itu ketika sedang melakukan pembayaran. 

Selain itu, di media sosial, Silverqueen juga menampilkan konten-konten menyegarkan berkaitan dengan produk mereka. Contohnya, bagaimana cara menikmati Silverqueen, cokelat tersebut cocok disantap saat kapan, dan semacamnya.

IKEA Disebut sebagai Perabotan Rumah Tangga

IKEA bisa dibilang menjadi surga untuk para pencinta perabotan rumah tangga. Pasalnya, hampir seluruh store IKEA berkonsep seperti rumah besar yang diisi dengan perabotan-perabotan rumah.

Jadi, saat kamu masuk, kamu betah berlama-lama di tempat tersebut dan banyak melihat koleksi produk dari IKEA. Brand awareness yang bisa ditiru dari IKEA adalah mempromosikan value yang mereka miliki.

Tidak sekadar berjualan perabot rumah tangga, IKEA memberi nilai pada setiap produknya yang berdampak positif pada kehidupan sehari-hari manusia. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa mencontohnya dengan menunjukkan value apa yang perusahaan atau brand kamu miliki.

Masako Identik dengan Bumbu Penyedap Masakan

Masako merupakan bumbu penyedap masakan yang sudah tidak asing bagi keluarga di Indonesia. Saking melekatnya brand ini, masako bahkan bisa mewakili istilah sederhana dari MSG sebagai penyedap masakan.

Masako menonjolkan bumbu yang dihasilkan dari perpaduan sempurna antara daging serta rempah-rempahnya. Brand ini hadir untuk menambah cita rasa dari masakan sehari-hari. Inilah salah satu brand awareness yang bisa kamu contoh, yaitu dekat dengan kehidupan masyarakat.

Masako hadir memenuhi kebutuhan utama keluarga Indonesia, yaitu makanan dan masakan. Dari iklan-iklan yang dibuat, Masako juga menunjukkan hangatnya cinta kasih keluarga saat menyantap makanan yang dibuat dengan masako. 

Bango Dikenal sebagai Kecap Manis

Bango sudah identik dikenal sebagai kecap manis. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang menyebut kecap manis sebagai kecap bango. Brand ini telah ada sejak tahun 1928, menghadirkan kecap otentik asli Indonesia.

Selain brandnya yang telah melekat di masyarakat, iklan kecap Bango yang menceritakan tentang malika juga sempat viral saat kemunculannya di televisi. Dari sini, kamu bisa mempelajari bagaimana brand awareness yang coba dibangun Bango melalui cara storytelling.

Buatlah cerita menarik yang berhubungan dengan brand kamu. Tunjukkanlah hal unik dan membuat penasaran sehingga konsumen ingin mendengarkan cerita brand kamu sampai habis.

ABC Identik dengan Saus Pedas

Terakhir, ada brand ABC yang identik dengan produk saus pedas. Sebenarnya, ABC juga memproduksi produk lain, seperti kecap, sirup, hingga minuman. Namun, saus pedasnya selalu diingat karena bisa dipadukan dengan makanan apa pun.

Inilah salah satu strategi brand awareness yang diterapkan oleh ABC. Di akun media sosial Instagramnya, ABC menunjukkan saus pedasnya bisa dinikmati dengan berbagai varian makanan. Selain itu, saus pedas ABC juga berkolaborasi dengan perusahaan makanan serta influencer. Kamu bisa mencontoh ABC, yaitu melakukan banyak kolaborasi dengan industri terkait yang berhubungan dengan brand kamu.

Itulah contoh-contoh brand awareness yang bisa kamu pelajari dan tiru. Dari berbagai contoh di atas, kamu dapat melihat bahwa semua brand telah memulai berbisnis sejak tahun 1900-an. Artinya, butuh belasan bahkan puluhan tahun untuk menjadi top of mind di masyarakat.

Oleh sebab itu, kamu perlu bersabar dalam meningkatkan brand awareness kamu. Selain itu, cobalah untuk memahami tahapan dalam membangun awareness. Sebab, brand awareness yang sukses tidak dibangun dalam waktu satu malam. Dengan mengetahui tahapan yang ada, kamu bisa mengetahui saat ini berada di tahapan yang mana. Hal tersebut membantu kamu merencanakan strategi yang efektif agar bisa lanjut ke tahapan berikutnya.

Artikel Terkait

Mau Punya 10.000 Followers dalam 3 Bulan? Yuk, Ikuti Tips Membangun Brand Awareness dari Saya

Salah satu indikator kesuksesan dalam membangun brand awareness adalah bertumbuhnya jumlah followers media sosial. Bagaimana tips membangun brand awareness agar bisa menarik followers hingga 10.000?  Ternyata, tidak hanya sekadar membuat…

View post
Thumbnail 4 Tahapan Dalam Membangun Brand Awareness yang perlu kamu ketahui

4 Tahapan dalam Membangun Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui

Tahapan dalam membangun brand awareness harus kamu ketahui untuk mengukur sudah sampai sejauh mana brand kamu dikenal. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menyusun strategi brand awareness sesuai dengan level…

View post

Pengertian Brand Awareness, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak terlepas dari penggunaan brand. Itulah mengapa terdapat istilah brand awareness atau kesadaran merek yang menjadi fokus bagi setiap bisnis untuk meningkatkan hal tersebut. Tujuannya agar…

View post