fbpx

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar dan Manfaat untuk Bisnis (Lanjutan)

Daftar Isi

Segmentasi Pasar – Jika pada artikel sebelumnya sudah mengenal apa itu segmentasi pasar, tujuan dan berbagai manfaat dari menyusun sebuah segmentasi pasar. Maka kali ini adalah lanjutan mengenai indikator apa saja yang dapat mendasari keputusan dalam merancang segmentasi pasar untuk bisnis kamu. 

apookat digital

Jenis-jenis Segmentasi Pasar

Dalam mempertajam sebuah strategi pemasaran, perlu adanya analisis segmentasi pasar yang spesifik, hal ini tidak hanya mempertajam tapi juga dapat mengurangi beberapa budget dari proses marketing. 

Adapun jenis dari segmentasi pasar adalah sebagai berikut; 

Segmentasi Perilaku

Salah satu segmentasi yang paling dasar adalah segmentasi perilaku, yang mana segmentasi ini fokus pada menggali kebiasaan pelanggan dalam memilih sebuah produk untuk dibeli. Jenis segmentasi pasar yang satu ini terdiri dari beberapa indikator seperti pola perilaku, loyalitas pelanggan, konsumen, gaya hidup dan sebagainya. 

Segmentasi pasar yang berdasar pada perilaku sangat memungkinkan kamu untuk melakukan pendekatan yang lebih akrab, hal ini karena produk kamu memang fokus pada siapa mereka dan tentang mereka. 

Salah satu contoh produk yang menggunakan segmentasi perilaku adalah Starbuck, produk ini benar-benar fokus pada apa yang menjadi gaya hidup dan psikologis yang mereka (calon pembeli) harapkan. Serta segmentasi pasar dewasa dan skala penghasilan yang cukup tinggi, menjadikan segmentasi ini lebih fokus. 

Selain itu, perlakuan Starbuck pada pelayanan pelanggan pun menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan, seperti kebiasaan mereka menyapa, atau menyimpan kontak kita yang hanya sekadar untuk memberikan informasi produk baru atau mengucapkan selamat ulang tahun. Produk yang memang dibuat untuk sedekat itu. 

Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis merupakan sebuah segmen yang terfokus pada kepribadian, jika sebelumnya perilaku maka saat ini adalah dari sisi psikologisnya. Dimana sebuah produk dapat mendefinisikan persona dari pembeli produk. 

Salah satunya yang menerapkan segmentasi psikografis adalah produk dari apple, lihat bagaimana sebuah Apel dapat menjangkau para calon pembeli dan apa yang terjadi setelah mereka membeli produk mereka. Ya, persona dari produk itu akan menggambarkan persona dari seseorang tersebut. 

Segmentasi Demografis

Segmentasi Demografis adalah persona dari target pembeli, seperti berdasarkan Umur, pendapatan, status pernikahan pendidikan dan jenis kemalin. Segmentasi demografis merupakan segmentasi pasar yang paling dasar, diantara yang lainnya. 

Maka dari itu segmentasi demografis biasanya disatukan dengan beberapa segmentasi yang lainnya, hal ini untuk mempersempit dari lingkup pasar yang dituju. 

Baca Juga : Mengapa SEO Penting Untuk Bisnis UMKM

Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis adalah pengelompokan dari target pasar yang berdasar pada lokasi target pasar atau calon pembeli. Lokasi target pasar akan membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan mereka. 

Membuat pengelompokan berdasar ada lokasi menjadi hal yang penting, terutama pemilik bisnis lokal yang berskala kecil atau UKM. Indikator dari segmentasi geografis antara lain seperti kota, negara, kepadatan penduduk atau iklim. 

Contohnya adalah perusahaan makanan cepat saji yang menjadikan menu nasi di Indonesia, sementara di negara asalnya tidak ada.

Tingkatan Segmentasi

Salah satu bagian dari segmentasi pasar adalah tentang tingkatan pasar, yang mana sebuah tingkatan pasar akan menjelaskan melihat dari sudut pandang kuantitas dari target pasar yang dituju. 

Pemasaran Massal

Dalam tingkatan ini pemasaran akan menargetkan keseluruhan dari potensial pasar, strategi ini tidak menargetkan kebutuhan spesifik calon pembeli. Hal ini biasanya diterapkan pada bisnis yang menyasar kebutuhan pokok, atau ketersedian barangnya melimpah. 

Pemasaran Segmen 

Pada tahapan ini pemasaran mulai membagi atau mengelompokkan target ke dalam berbagai segmentasi pasar, bisa berdasarkan pada pola konsumsi pelanggan, daya beli, atau lainnya. 

Dengan menggunakan tahapan ini, pasar akan mudah teridentifikasi serta mudah memberikan solusi sebaik mungkin kepada setiap segmentasi pasar. 

Pemasaran Niche

Tahapan ini merupakan tahapan yang lebih spesifik lagi dari pemasaran segmen, yang mana pemasaran niche menyempitkan segmentasi lebih dalam. Seperti niche dari keperluan alat olahraga diantaranya adala olahraga ekstrim, olahraga dalam rumah, dan sebagainya. 

Pemasaran Mikro

Pemasaran mikro merupakan pemasaran yang lebih sempit lagi, dimana pemasaran mikro ini akan mengidentifikasi kebutuhan para pelanggan dengan spesifik. Biasanya hal ini dibantu dengan pendekatan internet marketing, yang mana pelanggan akan mudah dijangkau oleh pemilik bisnis dan terjadi komunikasi dua arah.

Pemasaran Individu

Pemasaran individu ini lebih sempit, karena benar-benar mengidentifikasi pelanggan secara individu. Biasanya dikenal dengan pola pemasaran 1-to-1. 

Untuk memudahkan mengenai tahapan, mungkin kamu bisa membaca tentang digital marketing funnel, untuk memudahkan mengidentifikasi pelanggan.

Penutup

Jadi itulah sedikit pembahasan mengenai apa segmentasi pasar, untuk beberapa kondisi bisnis dapat disesuaikan dengan produk yang akan dijual. 

Jadi bisnis kamu cocok untuk segmentasi yang mana ? 

Klik Link ini untuk konsultasi seputar Digital Marketing

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post