fbpx

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Daftar Isi

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman dengan trafik tertinggi, apakah website-mu atau milik kompetitor.

Nah, untuk mengetahui hal ini kamu perlu mengenal Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console?

Apakah kamu sedang membutuhkan tool gratis dengan fitur lengkap untuk memonitor kinerja website-mu? Tenang, kebutuhanmu terjawab jika kamu menggunakan Google Search Console.

Google Search Console adalah tool gratis dari Google yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui performa website-mu di mesin pencari.

Siapa yang perlu menggunakan Google Search Console? Jawabannya adalah siapa saja yang memiliki website. Terutama buat kamu yang menggunakan website untuk menjual produk.

Bahkan, sama halnya dengan kamu yang memiliki website untuk kebutuhan personal branding, penawaran jasa, dan lain-lain. Kamu juga membutuhkan Google Search Console, loh!

Mengenal Istilah di Google Search Console

Impression

Impression adalah frekuensi ketika halaman website-mu muncul dalam hasil pencarian suatu kata kunci di Google. Impression hanya menunjukkan jumlah berapa kali website-mu muncul dalam pencarian. Namun, impression tidak menunjukkan seberapa banyak user mengklik website-mu berdasarkan hasil pencarian tersebut.

Click

Click adalah angka yang menunjukkan ketika website-mu muncul dalam hasil pencarian kata kunci di Google. Jumlah impression memengaruhi jumlah klik. Makin tinggi impression pada website-mu, maka makin besar potensi click-nya.

Click-Through Rate

Angka pada click-through rate bisa kamu dapatkan berdasarkan perbandingan antara jumlah click dan jumlah impression

Position

Position adalah peringkat halaman-halaman pada website-mu berdasarkan hasil pencarian Google.

Queries

Queries secara sederhana dapat kita artikan sebagai pertanyaan. Queries adalah segala pertanyaan, kalimat, atau kata kunci yang user gunakan di mesin pencari.

Manfaat Menggunakan Google Search Console

Menemukan Keyword Populer dalam Website-mu

Jika website-mu menyediakan informasi tentang pemasaran digital, maka user dapat menemukan website-mu menggunakan kata kunci yang berkaitan. Contohnya, user dapat menemukan website-mu dengan kata kunci pemasaran, leads, CTA, dan lain-lain.

Hal ini terjadi karena user mengetik kata kunci tertentu di Google sehingga website-mu muncul dalam hasil pencarian. Google Search Console dapat membantu kamu mengetahui kata kunci apa saja yang mengarahkan user ke website-mu. Artinya, kamu dapat mengetahui mana kata kunci yang efektif dan mana yang tidak.

Informasi ini membantu kamu dalam menjalankan SEO website. Google Search Console menunjukkannya melalui jumlah impression dan click-through rate.

Mengetahui Halaman Paling Populer dari Website-mu

Google Search Console juga dapat menampilkan informasi mengenai halaman paling populer melalui jumlah impression dan click-through rate. Cara mengetahui halaman dengan click-through rate terbaik adalah

  1. buka Google Search Console, lalu pilih menu search results;
  2. aktifkan menu CTR yang dapat kamu temukan di atas grafik;
  3. kolom baru muncul di bawah grafik, selanjutnya, klik judul kolom CTR;
  4. kamu akan menemukan halaman dengan click-through rate terbaik pada bagian paling atas daftar.

Pada daftar tersebut, kamu juga dapat menemukan halaman dengan angka click-through rate yang rendah. Kamu dapat mengoptimasinya dengan memperbaiki judul dan isi kontennya

Selain itu, kamu pun dapat mengetahui mana halaman yang mendatangkan trafik tinggi dan mana yang tidak dengan cara 

  1. buka Google Search Console, lalu pilih menu Search Results;
  2. pilih tombol New;
  3. klik Page lalu klik Compare;
  4. masukkan URL halaman yang ingin kamu bandingkan.

Mengetahui dari Mana Sumber Trafik Website-mu

Google Search Console dapat memberitahumu informasi mengenai pengunjung website-mu. Informasi ini dapat membantu kamu untuk menentukan target audiens yang tepat dan mengevaluasi strategi yang telah kamu buat. Kamu pun dapat lebih memahami aspek demografis user.

Mengetahui Perangkat yang User Gunakan untuk Mengakses Website-mu

Google Search Console membantumu mengetahui jenis perangkat yang user gunakan saat mengakses website-mu. Informasi ini dapat kamu temukan melalui menu enhancement pada halaman utama Google Search Console.

Biasanya, ketika user mengakses website-mu lewat perangkat mobile, masalah yang mereka hadapi adalah …

  1. Clickable element too close together, yaitu ketika menu, submenu, dan elemen-elemen lainnya dalam website-mu jaraknya terlalu dekat. Hal ini membuat user jadi sulit mengklik atau malah salah klik.
  2. Content wider than screen, yaitu ketika konten pada halaman lebih besar jika kita bandingkan dengan layar perangkat mobile user. Akibatnya, user gagal melihat kontenmu secara menyeluruh. 

Mengetahui Backlink ke website-mu

Dalam SEO, mendapatkan backlink ke website-mu merupakan salah satu hal yang penting. Google Search Console membantumu mengetahui sumber backlink external. 

Kamu tentu tidak mau menerima backlink dari website lain yang reputasinya buruk, kan?

Pada menu links di Google Search Console, kamu dapat menolak backlink external tersebut. 

Mengetahui Adanya Broken Link di Website-mu

Kamu pernah mengakses suatu website dan menemukan halaman tersebut error? Biasanya, pada halaman tersebut muncul tulisan 404 page not found. Nah, umumnya, saat user menemukan halaman tersebut, mereka akan langsung beralih ke halaman lain.

Mereka juga bisa beralih ke website lain! Kamu pun bisa kehilangan potensi pengunjung.

Karena itulah Google Search Console memberitahumu adanya link yang rusak pada website-mu. Kamu dapat memperbaikinya sehingga menghindari kemungkinan kehilangan pengunjung.

Menganalisis Keamanan Website-mu

Kamu ingin tahu, apakah user mendapatkan keamanan saat mengakses website-mu? Begini caranya, dengan

  1. membuka Google Search Console,
  2. lalu pilih menu Security & Manual Actions,
  3. llik Security Issue.

Ini penting, loh, agar user tetap betah berlama-lama mengakses website-mu. Jika user merasa keamanan website-mu rendah, mereka akan beralih ke website lain. 

Hal ini wajar, karena user takut jika datanya rawan pencurian. Selain itu, website yang kurang aman bisa mengundang cracker untuk menyerangnya. 

Menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics

Kamu dapat menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics menggunakan cara berikut ini.

  1. Login ke akun Google Analytics.
  2. Klik menu Admin, lalu klik Property.
  3. Klik Property Setting.
  4. Cari menu Search Console. Kemudian, klik Adjust Search Console.
  5. Kamu dapat memilih tampilan Google Search Console yang akan ditampilkan di Google Analytics. Selanjutkan, klik Save.

Mengapa menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics penting? Karena Google Analytics akan membantu kamu melakukan evaluasi mendalam terhadap konten-konten di website-mu.

Hasil evaluasi itu dapat memberikan perspektif baru sehingga membantu kamu memutuskan strategi yang tepat untuk menjaring lebih banyak audiens.Kami telah menyiapkan artikel lengkap mengenai Google Analytics yang dapat kamu baca di sini.

Artikel Terkait

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post

Apa Itu Internal Linking: Manfaat dan Strategi Efektif untuk Penerapannya

Pertanyaan yang sering diajukan: “Apakah benar internal link sangat krusial dalam strategi SEO?” Jika Anda adalah business owner, digital marketer, atau bahkan pemula dalam dunia SEO, jawaban ini sangat penting…

View post

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner: Strategi SEO 2024 yang Harus Kamu Coba!

Tahun telah berganti, artinya kamu harus mengevaluasi strategi marketing satu tahun sebelumnya. Sudah saatnya, kamu mempersiapkandiri dengan strategi yang baru. Artikel kali ini akan membantu kamu melakukan evaluasi dan menciptakan…

View post