fbpx

Best Of : 6 Tips Sebelum Membangun Tim “MEMBANGUN TIM DIMULAI DARI MEMBANGUN KEPERCAYAAN”

Membangun Tim

Daftar Isi

Apa sih sebenernya percaya itu ? Bagaiamana jika kamu akan memulai dengan orang yang baru kamu kenal? atau bahakan Kenapa kamu harus membangun sebuah tim ?

Seberapa penting sih sebenernya percaya itu ? apalagi kalau kamu akan memulai dengan orang yang baru kamu kenal.

Dalam perjalanannya tentu saja akan banyak sekali permasalahan yang muncul terutama ketika kita tidak bisa saling percaya satu sama lain. Interpersonal Trust  merupakan hubungan Psikologis yang mana kondisi kita akan menerima kerentanan terhadap pihak lain. Menurut Connell, kepercayaan terhadap orang lain dapat meningkatkan produktifitas dalam tim, selain itu kepercayaan dalam tim dapat menjadi kemampuan daya saing jangka panjang juga loh. Nah maka dari itu kepercayaan menjaadi sebuah pondasi utama dalam membangun sebuah Tim dalam bekerja, kepercayaan dimaksud bukan berarti kamu bebas memberikan pekerjaan ke satu orang aja, kepercayaan yang dimaksud adalah kamu memberikan tanggung jawab yang sesuai dengan tugasnya, serta berikan juga ruang ide atau bahkan pendelegasian agar timbul kepercayaan yang kuat sesama anggota Tim dan juga rasa tanggung jawab terhadap tujuan Tim.

SOURCE : pintrest.com/membanguntim

Berikut 6 Tips membangun kepercayaan tim

  1. Kenali setiap orang

Membangun tim bisa dimulai dengan mengenali setiap orang, membangun berarti kita harus tahu apa dari tujuan tim tersebut dibangun. Mengenali setiap orang akan mempermudah kamu dalam mengkomunikasikan dari tujuan organisasi kamu. Kali ini kita akan membahas tentang membangun tim yang dimulai dengan mengenali orang bahkan satu persatu.

Namun secara singkatnya mengenali setiap orang dalam tim akan dimulai dengan membaca terlebih dahulu biografi/profil masing-masing dari anggota tim, setelah kita mengatahui dari data tersebut perlu komunikasi mendalam mengnai mengenal lbih jauh tentang minat serta bakat yang dimiliki oleh. Bahkan jika kamu aalah seorang analis karakter yang unggul kamu bias memanfaatkan data tersebut untuk mengarahkan orang lain terutama dalam tim.

  1. Kepercayaan tidak dibangun dalam sekejap

Kepercayaan tentu tidak akan muncul begitu saja, perlu dibangun dari jauh agar tim kamu bias semakin solid. Kepercayaan ini akan menentukan kinerja yang terjadi dalam sebuah tim, keterbukaan dalam tim akan membuat alur kerja relative mudah karena adanya kedekatan emosional yang terjadi baik antara tim atau Bersama atasan kamu. Membangun tim dengan menanamkan kepercayaan sama saja kamu sedang membangun sebuah tim ala Spartan. Membangun tim lewat kepercayaan bukan saja akan membuat tim kamu loyal namun tim kamu pun memiliki empati dan rasa kebersamaan satu sama lain.
jadi gunakan kepercayaan dengan membangun komunikasi yang baik, karena hal minor itu dapat dimimalisir loh.

  1. Memberikan ruang untuk berkontribusi atau kesempatan yang sama

Membangun tim yang solid sama hal nya dengan membangun perusahaan kamu makin bertumbuh. Kok gitu ? membangun tim yang aktif dalam hal mebangun ide – ide yang baru sama saja akan membuat investasi jangka Panjang bagi perusahaan kamu, dimana perusahaan kamu secara tidak langsung akan memiliki keunggulan disbanding dengan perusahaan yang cenderung tidak peka terhadap membangun tim yang kreatif. Memberikan kepercayaan kepada tim atau anggota tim dalam melakukan sesuatu adalah kunci utama, terkadang kita tidak dapat meilihat hanya dalam satu sisi, perlu pdandangan lain yang tidak searah agar permasalahan yang kita hadapain memiliki analasis yang kuat. Maka memberikan kesemapatan kepada tim untuk melakukan hal yang krusial bahkan tender besar sekalipun akan memberikan rasa tanggung jawab yang tinggi.
karena masa depan perusahaan akan ditentukan oleh meraka yang sedang bertumbuh saat ini.

  1. Membangun bisa dimulai dari hal kecil

Membangun tim dapat dimulai dengan hal kecil yang terkadang lupa kita lakukan, seperti membiasakan hal kecil yang akan berpengaruh terhadap komunikasi kamu dalam tim .
Misalnya : Sesekali mengajak teman tim mu berbincang diluar topik pekerjaan, hal itu akan membuat dia merasa di terima dengan minat yang sama. Atau berbincang tentang hal – hal yang mereka minati

Membangun dari hal kecil tentu bukan hal yang mudah, maka ada beberapa langkah hal kecil yang bisa kamu gunakan untuk membangun hal ini dari sebuah kebiasaan yang sangat sederhana. Dari hal tersebut kamu dapat belajar bagaimana otak ini bekerja terhadap kepekaan pada orang lain terutama dalam tim, dari hal kecil dapat berubah menjadi luar biasa.

5. Ciptakan suasana yang hangat bukan hanya di kantor

Bekerja di kantor mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang menjenuhkan, mindset itu telah membangun pikiran kita bahwa kantor menjadi salah satu tempat stress tingkat tinggi bagi manusia. Maka dari iru menciptakan sebuah ruangan yang sangat menyenangkan di kantor akan membuat pekerjaan kita lebih efisien dan tentu saja secara ide akan berkembang. Simak beberapa tempat StartUp, mereka mampu memanage tingkat stress para karyawannya dengan menyediakan ruang kerja yang akan membuat mereka semakin produktif.
membangun tim tentu berbanding lurus dengan bagaimana membangun situasi kantor yang nyaman untuk bekerja. Tingkat stress yang tinggi menjadi salah satu masalah yang terjadi ketika pekerjaan tidak berjalan efisien.

6. Kamu bukan lagi seorang Bos

Ketika berbicara mengenai membangun tim, tentu saja hal itu akan berbanding dengan leader atau pimpinan, sekarang kamu pilih apakah kamu akan menjadi seorang bos atau mentor ? apakah beda ?

Secara fungsi mungkin itu posisi dimana kamu akan mengendalikan beberapa orang baik itu secara tim atau penuh secara perusahaan. Yang membedakan adalah sikap yang diambil dimana posisi ini akan menentukan dari kinerja sebuah tim juga. Ketika kamu memilih seorang bos kamu akan membuat suasana diaman disiplin dan integrias terhadap pmpinan adalah kunci utama, berbanding dengan prinsip sebagai leader dimana kamu akan lebih menghargai tentang ide – ide baru yang tentu saja didasari oleh disiplin kinerja yang efisien tentu nya.

Jika kamu penasaran kepribadian kamu seperti apa : Silahkan Tes disini

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post