fbpx

Konten Pilar Media Sosial : Jenis dan Tips Cara Membuatnya!

membuat konten pilar

Daftar Isi

Tips membuat konten pilar media sosial– Seiring dengan berkembangnya ilmu digital marketing, maka tantangan para content creator dalam menyusun konten pilar harus relevan dengan followers media sosial kamu, mengapa seperti itu ? agar followers kamu percaya jika kamu memang ahli di bidang tersebut.

Jika kamu memiliki usaha, lalu kamu akan memulai di sosial media, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat konten pilar, hal ini akan membantu kamu dalam meningkatkan awarneses dari bisnis kamu.

Yuk ! Simak tips membuat konten pilar ini agar profil media sosialmu lebih kuat.

Membuat Konten Pilar Edukatif

Membuat konten edukatif merupakan pilar konten yang mudah, karena kamu bisa mengeksplor segala informasi yang bermanfaat. Baik itu yang bersifat jangka panjang atau informasi yang uptodate. Maka konten edukatif ini bisa kamu manfaatkan tidak hanya sebagai media edukasi saja, tetapi kamu akan dibentuk oleh konten tersebut sebagai ahli pada bidang tertentu. 

Jika kamu memiliki usaha yang membutuhkan sosial media sebagai untung tombak, maka dengan membuat konten edukatif ini kamu bisa juga mengkomunikasikan tentang produk kamu, tetapi tentu saja tidak secara langsung. Buat pembaca merasa nyaman dengan konten yang kamu buat, gunakan konten edukatif sebagai jembatan memperkenalkan konten kamu. 

Gunakan teknik soft selling agar para followers merasa dekat dengan profil media sosialmu dan produk yang kamu tawarkan di dalamnya. Hal ini akan membantu menaikan engagement rate dari media sosial kamu. Semakin tinggi engagement rate media sosial kamu, maka profil atau produk kamu akan mudah muncul pada eksplore.

Tips : Ingat lakukan semuanya senatural mungkin, karena kendala yang biasanya dihadapi dalam menaikan rate engagement adalah kehadiran dari fake followers, hal ini pun didukung oleh algoritma media sosial yang terus berubah, jadi buatlah karya original dan sepenuh hati ya.

membuat konten pilar edukatif

Sesekali Konten Pilar Hiburan itu Penting

Walaupun kontenmu itu bersifat informatif atau cenderung serius, tapi sesekali rancanglah konten pilar yang bisa mengundang tawa, hal ini akan memberikan rasa kedekatan antara audience/followers dengan kamu sebagai pembuat konten. Gunakan riset kecil-kecilan konten apa yang sangat followers suka, teknik dengan pendekatan ini lebih menyenangkan dibandingkan dengan konten yang kaku. Atau kamu pun bisa melihat indek kebahagian masyarakat Indonesia disini, untuk menambah reverensi pendekatan apa yang cocok untuk followersmu.

Konten hiburan ini tidak hanya akan memberikan manfaat, tapi juga menciptakan engagement yang kuat, karena mereka akan lebih nyaman dan santai dan berinteraksi dengan konten kita.

Tips : Walaupun konten itu bersifat hiburan pastikan tetap relevan dengan bisnismu, jangan sampai reputasi bisinis mu runtuh karena kurang tepat memanfaatkan konten. Keep Smile.

Membuat Konten Pilar agar Followers bisa Berinteraksi

Nah kalau tadi sudah sedikit dibahas tentang engagement, maka kamu pun pasti bisa membuat konten ini dengan merancang konten pilar yang mana para follower dapat berinteraksi langsung dengan kamu.

Lakukan hal ini jika memang usahamu ingin terus berkembang, lalu jika kamu adalah konten kreator yang handal maka kamu tidak usah takut untuk memberikan ruang agar para followers bisa berkomunikasi, apapun yang terjadi interaksi dengan baik ya.

Dengan melakukan interaksi, kamu pun akan membantu untuk menggiring mereka melakukan apa kamu rekomendasikan. Kok bisa ? tentu bisa, contoh : misalnya kamu posting konten produk di feed instagram, namun postingan di feed itu tidak jarang di skip oleh followers, maka gunakan reels atau story untuk berinteraksi, sperti vote, quis dan lainnya. Lalu arahkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan apakah diarahkan ke feed atau langsung ke pembelian.

Tips : membangunnya adalah buatlah konten se komunikatif mungkin membahas hal yang relevan dengan produk kamu.

Simak Artikel : Bagaiamana Internet Dapat Membantu Bisnis

Bangun Konten Pilar yang Menggugah Emosional

Rancang pilar yang menggugah emosional. Jika tadi sempat di singguh mengenai pilar konten komunikasi, maka maksimalkan dengan membuat pilar konten dan konten yang menggugah lima indra pada tubuh kita. Jadikan konten yang kamu berikan memang relate dengan apa yang mereka lalui atau rasakan saat ini. Dengan pendekataan ini, kamu akan lebih mudah untuk mengarahkan konten apa yang cocok untuk followersmu, hingga kamu pun bisa merancang konten interaksi yang cocok dan sesuai dengan produk yang kamu jual. 

Tips : Berikan pengalaman (experience) untuk mereka, dengan hal itu mereka akan merasa dianggap dan menjadi bagian dari konten kamu atau bagian dari brand yang kamu tawarkan. Tidak jarang kan saat ini produk itu dibangun dengan membangun story telling ? Yuk kita coba.

Konten Kolaborasi pun Bisa Kamu Masukan Dalam Konten Pilar

Memperluas jaringan adalah cara yang bisa kamu coba, maka rancang konten pilar untuk mengadakan kolaborasi dengan orang lain atau pihak lain. Hal ini akan membantu kamu untuk menyebarkan kontenmu lebih luas lagi.

Pada era media sosial saat ini, berkolaborasi adalah hal yang harus dilakukan, selain menjangkau lebih jauh lagi, brand kamu akan semakin kuat karena sangat berkesan di hati para followers.

Tips : Namun kam pun harus menyesuaikan dengan brand kamu ya, agar kolaborasi mu tetap menonjolkan identity yang kamu inginkan, tetap kreatif dan terus berinovasi ya.

Nah, jadi itu beberapa tips dalam mebangun konten pilar untuk media sosial, semoga apa yang telah disampaiakan dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin berkarir atau sangat suka dengan menagement media sosial.

Silahkan tinggalkan komentar jika pengin kamu tambahkan.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post