fbpx

5 Cara Efektif Melakukan Optimasi SEO Instagram

Daftar Isi

Semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis kamu, akan semakin besar peluang untuk mendapatkan pelanggan. Ada banyak cara menjangkau calon pembeli salah satunya dengan optimasi konten dan profil SEO Instagram.

Seperti halnya Search Engine Optimization, SEO Google. Instagram juga menerapkan pencarian kata kunci untuk memudahkan pengguna mencari apa yang dibutuhkannya. Dan memposisikan konten kamu agar dapat terjangkau oleh pengguna Instagram lainnya.

Coba kamu bayangkan! ketika bisnis kamu selalu muncul di paling atas kolom pencarian. Tentu, hal ini akan meningkatkan engagement instagram bisnis kamu. Untuk memudahkan kamu menerapkannya, simak penjelasan optimasi SEO Instagram di bawah ini sampai selesai.

Apa itu SEO Instagram?

SEO Instagram merupakan kegiatan optimasi konten Instagram. Sehingga pengguna tidak akan kesulitan untuk menemukan profil yang dicarinya di kolom pencarian. Ketika suatu bisnis menerapkan SEO Instagram, bisnis tersebut akan sangat mudah ditemukan oleh target customernya.

5 Langkah Optimasi SEO Instagram

Berikut ini langkah-langkah optimasi SEO Instagram untuk menaikan penjualan bisnis kamu:

1. Optimalkan Profil Instagram

Ini bagian pertama yang harus diperhatikan. Hal ini akan menunjukan seberapa serius kamu dalam memulai sebuah bisnis.

  • Saatnya beralih ke akun profesional

Ada banyak perbedaan akun instagram yang biasa dengan akun profesional. Pada akun profesional dapat menambahkan informasi tentang kategori bisnis, lokasi workshop, menu contact, fitur insight, dan fitur ad tools.

Untuk beralih ke akun profesional caranya sangat mudah, tinggal masuk ke pengaturan, klik menu akun, scroll ke bawah dan kamu akan menemukan beralih ke akun pofesional.

  • Foto profil Instagram harus sesuai dengan bisnis

Dengan foto profil yang sesuai, artinya bisnis kamu dapat dipercaya dan mudah dikenali. Gunakan logo brand atau produk/jasa yang ditawarkan.

  • Pastikan Username dan Display Name terdapat kata kunci utama

Kata kunci di sini sangat penting dalam menemukan hasil pencarian. Contoh: kamu ingin membuka bisnis agensi digital. Maka setidaknya harus ada kata agensi digital di username atau display name akun instagram bisnis milik kamu.

  • Sertakan link website

Pada menu edit profil kamu bisa menautkan situs apa saja di kolom situs web. Situs ini bisa menjadi bagian dari strategi marketing funnel bisnis kamu

  • Tambahkan kata kunci turunan pada bio

Masih di menu edit profil, di bawah situs web terdapat kolom bio. Sertakan kata kunci turunan di kolom bio, yang masih relevan dengan bisnis kamu.

Di bawah ini merupakan contoh tampilan Instagram profil bisnis digital agency:

Bagaiamana, langkah pertama ini sangat mudah untuk dilakukan ya? Untuk langkah ke-2 dan seterusnya akan membahasi mengenai optimasi konten SEO Instagram sebelum posting.

2. Sisipkan Kata kunci Turunan di Caption

Sebelum posting, sangat disarankan untuk menulis caption. Caption ini harus dibuat semenarik mungkin, menggunakan teknik copywriting, menggungah pembaca untuk melakukan sesuatu seperti like, comment, save, atau share.

Selain itu kamu juga dapat menambahkan kata kunci turunan di caption, dengan tujuan memudahkan pembaca mengerti maksud dari konten yang kamu posting.

3. Kata Kunci Pada Hashtag yang Relevan

Masih di halaman write caption. Sebelum memposting konten, tambahkan hashtag yang relevan. Untuk memudahkan pengguna Instagram yang mencari konten berdasarkan hashtag.

Ada beberapa tips singkat memaksimalkan penggunaan hashtag, sebagai berikut:

  • Gunakan hashtag kompetitor yang masih relevan dengan bisnis kamu
  • Gunakan tools atau chrome extensions yang dapat melihat popularitas hashtag
  • Analisis hashtag terbaik pada postingan konten sebelumnya.
  • Jangan gunakan hashtag terlalu banyak, hindari spam hashtag

4. Kolaborasi, Tag dan Mention Akun Instagram

Manfaatkan tag dan mention untuk berkolaborasi dengan akun Instagram lain. Jalin relasi dengan bisnis yang masih relevan, selebgram, atau pelanggan setia bisnis kamu. Sehingga akan semakin luas jangkauan bisnis kamu untuk dikenal dengan followers yang bukan berasal dari followers instagram bisnis kamu.

5. Isikan Alt Text Pada Konten yang Akan di Posting

Maksimalkan pengaturan lanjutan alt text untuk konten berupa foto/gambar.

Hal ini bertujuan untuk:

  • Membantu algoritma Instagram menemukan pengguna yang menyukai tipe konten yang serupa.
  • Agar konten kamu mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti google, (selain instagram).
  • Memudahkan pengguna difabel untuk mencari informasi.

Cara menuliskan alt text di Instagram

Pilih foto yang ingin dipost, setelah itu di bagian paling bawah klik advanced settings, lalu klik write alt text. Tuliskan deskripsi foto konten yang akan kamu posting. Selesai.

Tampilannya seperti bawah ini.

Setelah melakukan optimasi profil dan konten SEO Instagram, ada hal yang tidak kalah penting yang harus kamu perhatikan. Sebagai bahan evaluasi dan membuat kesimpulan konten apa yang disukai oleh pengguna Instagram.

Analisa Konten Kamu dengan Insight Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan di awal kalau akun profesional Instagram memiliki fitur insight. Beberapa matriks yang dapat kamu lihat untuk mengetahui seberapa banyak jangkauan kontenmu.

  • Like, jumlah pengguna yang menyukai konten yang telah dipost
  • Comment, jumlah pengguna yang berkomentar di konten yang telah dipost
  • Saves, jumlah pengguna yang menyimpan konten yang telah dipost
  • Reach, jumlah pengguna unik yang melihat konten yang telah dipost
  • Impression, jumlah tayangan konten yang telah dipost
  • Audience, karakteristik pengguna yang telah merespon konten yang telah dipost

Dalam menganalisa Konten perlu ketelitian. Tetap bersabar dan lakukan prosesnya agar kamu mendapatkan formula konten yang cocok untuk target customer bisnis kamu.

Optimasi SEO Instagram sekarang!

Setelah mengetahui 5 langkah mudah optimasi SEO Instagram, saatnya untuk praktek. Hasilnya tidak akan terlihat jika tidak kamu mulai. atau kamu bisa fokus ke kualitas produk/jasa yang kamu tawarkan.

Kamu bisa fokus ke kualitas produk/jasa yang kamu tawarkan dan menyerahkan urusan digital marketing kepada ahlinya apookat digital agency. Jika kamu ingin info terkait konsultasi strategi digital marketing bisnis, bisa klik di sini. Salam sukses!

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post