fbpx

Simak Manfaat Website untuk Bisnis Kamu!

Simak Manfaat Website untuk Bisnis Kamu!

Website untuk bisnis – Website merupakan hal yang lumrah sekali ketika di era saat ini, pemanfaat teknologi dan internet membuat perkembangan industri di dunia ini melompat sangat jauh. 

Bahkan setelah pandemi ini menyerang beberapa negara pada tahun 2019, akhirnya banyak sekali usaha atau bisnis yang mulai dipaksa untuk bertransformasi ke ranah digital. 

Salah satu platform yang saat ini digunakan oleh para pebisnis adalah dengan memiliki website pribadi, hal ini tentu saja bukan tanpa alasan mereka memilih untuk memulai website untuk bisinis mereka pribadi dibanding dengan mereka bergantung pada marketplace. 

Tidak ada yang salah dengan marketplace, hanya saja para pebisnis kini mulai membangun website karena mereka mimiliki langkah panjang untuk memetakan konsumennya secara pribadi.

Namun seperti apa sebetulnya pemanfaatan website untuk bisnis, tergantung dari apa yang kamu inginkan sebagai pemilik bisnis. 

Apa itu Website ? 

Website merupakan sebuah tempat atau halaman yang berisi tentang segala informasi, serta website dapat dengan mudah diakses oleh siapapun, darimanapun dan kapanpun hanya dengan koneksi internet. 

Sebuah website biasanya berisi informasi yang lengkap tentang apa yang akan kamu bagikan. Biasanya terdapat beberapa fitur menu agar memudahkan orang lain menemukan informasi yang mereka inginkan. Fitur ini biasanya disebut juga menu, mulai dari Home, Profil, Produk, Blog, Kontak dan sebagainya, tergantung dari apa yang ingin kamu sampaikan. 

Semisalnya kamu memasukan alamat www.apookat.com maka kamu akan diarahkan untuk melihat tampilan pada website apookat. 

Contoh Tampilan Website 

website apookat

Tampilan pada website yang saat ini digunakan biasanya seperti itu, dimana website memang dibangun untuk memberikan experience yang memudahkan bagi para pengunjung. 

Maka sebuah website kali ini menggunakan fitur menu untuk memberikan keleluasan bagi pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. 

Jenis-jenis Website dan Contohnya

Website Pribadi

Website pribadi biasanya dibuat oleh para profesional, dimana biasanya mereka akan memberikan informasi atau pengetahuan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang mereka miliki. Salah satu contoh website pribadi ini adalah miliknya Mas Radius Arianto, beliau merupakan seorang profesional di bidang SEO (Search Engine Optimization), pada webnya tersebut beliau tidak segar berbagai ilmu mengenai SEO dan juga digital marketing. 

Website Berita

Website berita sudah tidak asing lagi ya, beberapa website yang sering muncul di laman pencarian biasanya website berita atau media. Hal ini pun memang selaras dengan cara kerja mereka, yang mana mereka membangun website untuk informasi yang lebih cepat dan akurat. 

Website Toko Online/E-commerce

Semanjak pemasaran online mulai populer, banyak sekali pemilik bisnis memilih untuk membuka website sendiri atau toko online pribadi. Salah satu contoh website yang fokus penjualan pada website nya pribadi adalah brand thanblank. 

Walaupun mereka memilki toko di marketplace, mereka saat ini fokus pada penjualan di website, yang mereka sangat paham bahwa mereka tidak akan bergantung pada marketplace. 

Website Company Profile

Secara spesifik sebuah website profil company memang dibangun untuk memberikan informasi tentang perusahaan kamu, karena bagaimanapun sebuah perusahaan itu tentu harus memiliki citra yang baik, maka salah satunya adalah dengan memberikan informasi tentang perusahaan pada website. 

Ini merupakan contoh website untuk profil perusahaan.

Website Komunitas

Sebuah website ini biasanya dibangun untuk berbagi informasi lebih cepat sesama member atau para pembaca. Maka website ini memang dibangun khusus untuk hal tersebut. 

Berikut contoh website untuk komunitas. 

Website Gallery

Pada website ini pastinya akan menampilkan seputar hasil karya atau portofolio sebuah hasil karya.

Berikut contoh website gallery.

Website untuk bisnis sebetulanya bisa optimalkan, walalupun jenis bidang usaha kamu bebeda. Maka tidak ada ada salahnya ketika membangun website untuk bisnis, harus di sesuaikan dengan kebutuhan dari produk atau bisnis ka,u.

Apa manfaat dari Website untuk bisnis ? 

Pada saat ini, website untuk bisnis sangat penting untuk dimiliki wirausaha atau pemilik bisnis. Manfaat dari memiliki website diantaranya adalah 

Meningkatkan reputasi usaha

Website untuk bisnis jika di analogikan di dunia offline adalah sebuah mirip seperti kantor, diamana sebuah kantor tersebut pasti berisi segala infromasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung.

Maka sama halnya dalam dunia online, sebuah website akan menggambarkan reputasi sebuah perusahaan. Orang lain akan mudah menemukan informasi dari kantor kamu, baik dari sisi legalitas, service yang diberikan hingga keamanan dalam bertransaksi. 

Selain itu, dengan membuat website untuk bisnis, hal ini pun akan membantu dalam meningkatkan reputasi usaha kamu di mesin pencarian. Seiring dengan berkembangnya bisnis kamu, maka bisa saja ada oknum yang membuat website menggunakan nama usaha kamu atau bahkan identitas dari bisnis kamu. 

Tentu hal ini sangat merugikan bukan ? maka sebelum bisnismu kamu berkembang mulailah tingkatkan reputasi bisnis kamu dengan menjajal di platform digital juga. Salah satu nya dalah siapkan website untuk bisnis.  

Membuat Usaha Kamu mudah ditemukan di Mesin Pencarian

Ketika di poin awal tentang reputasi, maka manfaat selanjutnya bisa kamu dapatkan ketika membangun website kamu terkenal dan mudah di temukan di mesin pencarian, baik itu mesin pencarian google, bing, atau yahoo.

Sayangksekali bukan jika produk kamu bagus namun tidak ketahui oleh orang lain, apalagi produk kamu memang sangat bisa untuk dikirim atau bisa dikerjakan dari jaraka jauh.

Website dengan reputasi baik akan sangat mudah direkomendasikan oleh google untuk tampil pada halaman utama, jadi bisnis kamu sangat memungkinkan untuk ditemukan dengan mudah. 

Dapat Meningkatkan Sales 

Manfaat dari website untuk bisnis selanjutnya adalah dapat mengkatakan sales produk kamu.

Tapi kan ada marketplace, sejauh ini masih aman kok ? Tentu saja, tapi sebelum itu dijawab yuk kita coba lihat dahulu apa yang bisa dimaksimalkan pada website dalam meningkatkan sales. 

Website untuk bisnis pada dasarnya adalah tersimpannya berbagai informasi di dalamnya, maka kamu pun akan lebih leluasa dalam melakukan strategi pemasaran yang cocok untuk pasar kamu.

Terdapat beberapa hal para pemilik bisnis mulai membangun website sendiri diantaranya adalah database pelanggan, yang mana data ini sangat sulit didapatkan oleh para pemilik bisnis jika bergantung pada marketplace. 

Semenetara bisa dibayangkan dengan membangun website untuk bisnis sendiri, kita bisa memfilter terlebih dahulu data tersebut, walaupun misalnya kamu tetap ingin mengirimkan lewat marketplace. Dengan membuat website sendiri kamu bisa menganalisa konsumen kamu, hal ini lah yang akan membantu bukan hanya meningkatkan sales tapi juga dapat mengembangkan bisnis.

Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas 

Pengguna internet di Indonesia setiap tahun itu meningkat, menurut data dari wearesocial. Pengguna internet mengalami peningkatan setiap tahunnya belum lagi data pengguna sosial media, yang mana secara durasi rata-rata orang indonesia biasa menghabiskan 30 jam dalam satu bulan dalam menggunakan media sosial.

Maka dengan hal itu, kamu hanya perlu membuat strategi bagaimana orang yang jauh dapat mendapatkan informasi tentang produk kamu, dibandingkan dengan kamu menyebarkan brosur di pinggir jalan atau di komplek perumahan atau sebagianya. 

Kuncinya ; Jika dahulu definisi pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual, kali ini berubah menjadi dimana ada kerukunan maka disana bisa kita gunakan sebagai pasar. 

Hemat Anggaran

Seperti halnya mebangun kantor atau toko secara fisik, perlu dana yang cukup besar. Belum lagi infrastruktur penunjang nya. 

Dengan membangun website untuk bisnis kamu, kamu bisa menghemnat dengan maksimal untuk membangun reputasi perusahaan kamu. dengan mengeluarkan sekitar 5 jutaan / tahun kamu bisa memiliki website pribadi dan optimal untuk bisnis, sangat terjangkau bukan? 

Manfaat membuat website tersebut dapat dimaksimalkan dalam segala bidang bisnis apapun, baik itu jasa sampai dengan penjualan produk. Jika tadi melihat terdapat berbagai jenis website, dari keseluruhan website sebetulnya bisa menjadikan salah satu pendapatan bagi pemilik website. Jadi maksimalkan apa yang bisa dimaksimalkan. 

Bagaimana Membangun Website Untuk bisnis ?

Tentukan Jenis Website

Jenis website harus di tentukan sebelum kamu memulai mebangun website, jenis website ini akan berpengaruh pada kepercayaan dan fitur yang bisa kamu maksimalkan pada website tersebut. 

Setiap jenis website dibangun dengan tujuan yang berbeda – beda, jika kamu memang seorang profesional pada bidang tertentu maka kamu bisa membangun reputasi karr kamu melalui website pribadi, atau kamu memiliki bisnis kamu bisa pilih jenis toko online untuk bisa mengarahkan para pembeli kamu untuk melakukan penjualan. 

Pilih Hosting dan Domain

Salah satu hal yang berpengaruh pada website adalah hosting dan domain, hal ini akan menentukan seberapa mudah website kamu ditemukan dan juga seberapa cepat website kamu diakses oleh para pengunjung.

Tips memilih domain saat membangun website untuk bisnis : 

Jika kamu pemilik usaha pastikan domain kamu memang nama toko atau nama bisnis kamu, tidak direkomendasikan menggunakan kata kunci semisal : jasatenda.com, tokobungabandung.com atau sebagainya, kecuali produk kamu memang ada nama produknya.

Pilih hosting sesuai kebutuhan, hosting itu ibarat ruangan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis kamu, jangan sampai terlalu berlebihan atau kurang kapasitas. 

Lakukan Instalasi dan Konfigurasi WordPress

Setelah itu kamu bisa mulai coba membangun website mudah dengan menggunakan wordpress, selain karena memang template nya sudah sangat banyak dan gratis, terdapat beberapa plugin yang bisa kamu pasang juga untuk meningkatkan performa bisnis website kamu. 

Mempublikasikan Konten

Membuat konten akan membuat para pembaca dan kamu sebagai pemilik bisnis sangat dekat, kedekatan ini harus dibangun oleh para pemilik bisnis, maka salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah konten baik itu artikel atau sebuah konten pada umumnya di media sosial. 

Membuat konten akan membantu kamu juga dalam melakukan call to action apa yang ingin kamu lakukan pada website kamu dalam rangka meningkatkan kapasitas dari bisnis kamu. 

Rutin membuat konten adalah kunci dari meningkatkan engegement.

Mau mulai bangun website untuk bisnis kamu ?

Bingung bagaimana caranya? Apookat siap membantu Anda. Kami bukan hanya membuat website, tetapi juga menjamin website Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Kenapa Apookat?

  1. Insight SEO: Mulai dari tahap awal, kami bantu Anda memahami dan menerapkan SEO agar bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari.
  2. Konversi yang Maksimal: Dapatkan insight untuk meningkatkan konversi dan memaksimalkan ROI dari website Anda.

Fleksibilitas dalam Pilihan

Toko online, profil perusahaan, website media, atau bahkan website pribadi—Apookat punya solusinya.

Segera Tingkatkan Bisnis Anda dengan Apookat!

Prev
Next
Drag
Map