fbpx

UMKM, Ini Loh Srategi Marketing Paling Efektif!

Daftar Isi

Masih banyak UMKM atau Brand yang saya temui tidak menjalankan Marketing dengan baik, padahal marketing adalah ujung tombak dari sebuah bisnis. Sebagus apapun produk kamu, jika kamu tidak mampu memasarkannya dengan baik, maka target market dari produk kamu pun tidak akan mengetahuinya secara maksimal. Apa kelebihan produk kamu, keunikan produk kamu bahkan benefit yang akan calon konsumen dapatkan dari produk kamu.

Oleh karena itu bisnis kamu harus mengaktifkan kegiatan marketing, lalu membuat strategi marketing yang baik, karena bisnis tidak akan mampu mencapai keberhasilan jika tidak melakukan strategi marketing yang baik dan tepat.

Kamu pasti bertanya, lantas strategi marketing apa yang paling baik dan tepat untuk kami?

Sebelum saya membahas mengenai strategi marketing, izinkan saya menjelaskan Marketing terlebih dahulu.

Marketing

Marketing adalah sebuah kegiatan atau aktivitas untuk memperkenalkan sebuah identitas ke khalayak umum, baik itu produk, event ataupun diri kita sendiri.

Umumnya, sebelum kamu melakukan kegiatan marketing, kamu mulai dari melakukan riset pasar dan melakukan analisa kebutuhan konsumen sesuai buyer persona yang sudah kamu tentukan.

Fungsi dan Manfaat Maketing

Fungsi dari marketing sendiri sebenarnya banyak, seperti untuk memperkenalkan, mempertahankan, hingga mempromosikan produk yang akan kita jual. Selain itu marketing juga berfungsi untuk menghubungkan antara produk kamu dengan konsumen kamu, agar terjalin hubungan yang baik dan konsumen tetap mengingat produk dari brand kamu.

Sedangkan Manfaat dari marketing untuk produk dan brand kamu itu sangat banyak, mulai dari membantu target pasar memahami produk yang kamu tawarkan, meningkatkan brand awareness, mempertahankan konsumen agar tidak berpindah ke kompetitor, hingga membantu brand Anda untuk bertumbuh lebih baik lagi.

So, bisa kita simpulkan bersama, bahwa marketing itu ibaratkan jantungnya bisnis, jika marketing tidak berjalan dengan baik maka bisnis kamu akan mati.

Oleh karena itu, selanjutnya kamu harus mempelajari beberapa jenis dari strategi marketing, agar kamu dapat menentukan strategi mana yang paling efektif untuk bisnis kamu. Karena setiap bisnis memiliki strategi marketingnya masing-masing.

Berikut beberapa jenis Strategi Marketing yang bisa kamu coba untuk bisnis kamu :

1. Marketing Mix

Marketing mix atau dalam bahasa indonesia Bauran pemasaran adalah kumpuluan variabel marketing yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing pada pasar yang telah ditargetkan. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh seorang profesor Marketing Harvard pada tahun 1948, Neil Borden.

Marketing Mix sudah lama digunakan oleh para pemilik bisnis di banyak negara untuk menyusun strategi marketing yang efektif untuk sebuah bisnis. Konsep ini dapat kamu gunakan pada bisnis yang baru dibuat ataupun bisnis yang sudah berjalan. Dalam marketing mix memiliki 7 elemen yaitu, product, price, place, promotion, physical evidence, people, process.

2. Experiential Marketing

Strategi Marketing satu ini dikhususkan untuk mengajak konsumen untuk merasakan pengalaman menggunakan produk dari bisnis kamu. Strategi satu ini pun dianggap efektif, karena konsumen diajak langsung untuk mengetahui kualitas produk yang akan kamu tawarkan.

3. Guerilla Marketing

Guerilla Marketing adalah salah satu strategi marketing yang unik. Karena strategi ini menggunakan elemen kejutan untuk menarik perhatian target konsumen. seperti yang pernah di lakukan oleh Brand Burger King.

Teknik Strategi Marketing satu ini pun secara anggaran lebih hemat, karena brand ditungtut untuk membuat sebuah campaign atau konten yang dimana bisa segera mendatangkan audiense lebih cepat agar lebih mudah viral.

Untuk menggunakan Strategi Marketing satu ini, kamu harus cepat menggali ide kreatif untuk mengenalkan Brand atau Produk kamu, selain itu juga kamu harus bisa mengenali target audiens dan market kamu, agar kesan yang dibangun lebih kuat.

Artikel Terkait

Memahami Direct Marketing, Cara Kerja, dan 3 Jenisnya dalam Pemasaran Online

Kehadiran direct marketing telah terbukti mampu membawa untuk pertumbuhan bisnis melalui metode komunikasi secara personal. Mengabaikan peran pihak ketiga, seperti mass media, jenis pemasaran ini dinilai mampu membangun engagement dengan…

View post

Yuk, Mengenal Marketing Information System Beserta Keuntungan dan 3 Contohnya!

Marketing Information System bukanlah frasa yang asing di kalangan pebisnis. Namun, arti dari istilah tersebut bisa saja belum dipahami secara mendalam. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas arti Marketing…

View post

Apa itu Marketing dan Strategi Marketing Apa Saja Yang Terbaik untuk Bisnis?

View post