fbpx

Memahami Direct Marketing, Cara Kerja, dan 3 Jenisnya dalam Pemasaran Online

Daftar Isi

Kehadiran direct marketing telah terbukti mampu membawa untuk pertumbuhan bisnis melalui metode komunikasi secara personal. Mengabaikan peran pihak ketiga, seperti mass media, jenis pemasaran ini dinilai mampu membangun engagement dengan prospek untuk mengarahkannya ke dalam marketing funnel.

Menariknya, sebagai prospek, kamu akan merasa memperoleh perhatian khusus sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan. Itulah kenapa audien bersedia memberikan kontak personal mereka baik melalui email maupun nomor ponsel.

Apabila direct marketing mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis, bagaimana cara kerja dan apa saja jenisnya?

Tenang, karena kamu akan mendapatkan jawabannya setelah selesai membaca artikel ini dan memahami apa itu direct marketing terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya: Anti-Gagal! Ini Cara Kerja Marketing Kontroversial untuk Bisnis

Apa Itu Direct Marketing?

Apa itu direct marketing dan cara kerjanya

Direct marketing adalah jenis kampanye pemasaran yang bertujuan untuk membangun hubungan personal antara pelanggan dan perusahaan. Dalam pelaksanaannya, menurut Investopedia, tim pemasaran berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan atau prospek yang sesuai dengan segmen pasar baik menggunakan satu maupun beberapa saluran pemasaran.

Untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan, perusahaan harus menyediakan fitur pendukung sehingga proses komunikasi lancar dan responsif. Tim pemasaran yang gesit berkomunikasi dengan pelanggan memiliki kesempatan untuk menawarkan produk atau layanan dan membangun kepercayaan.

Apabila kamu terbiasa menggunakan jenis kampanye pemasaran tradional, tentu kamu akan menemukan perbedaan. Platform pemasaran tradional seperti penggunaan billboard, siaran radio, atau media cetak, bertujuan menjangkau banyak prospek dan berharap mereka akan menghubungi perusahaan untuk menggunakan produk atau layanan.

Uniknya, pemasaran langsung tidak menggunakan perantara. Perusahaan melalui organisasi pemasaran terjadi secara langsung dengan pelanggan. Tentu ini memberikan keleluasaan antara kedua belah pihak dalam berkomunikasi sehingga berdampak positif pada tingkat konversi penjualan.

Bacaan Lainnya: 5 KPI Digital Marketing Paling Penting untuk Bisnis

Bagaimana Cara Kerja Direct Marketing?

Pernahkah kamu menemukan suatu penawaran melalui website atau media sosial yang mengarahkan dirimu untuk klik link tertentu? Di sinilah kamu menemukan bagaimana direct marketing berfungsi untuk berkomunikasi dengan audien lebih inten secara personal.

Penawaran biasanya bisa berbentuk teks penawaran atau video untuk mempengaruhi audien. Apabila kamu melakukan klik dan mengisi form apakah karena tertarik untuk mendapatkan e-book, bulletin, voucher, di saat yang sama kamu telah menjadi prospek.

Prospek adalah calon pelanggan atau klien. Untuk mengubahnya menjadi pelanggan atau klien, perusahaan akan menggunakan media komunikasi personal, seperti surat, messenger, email, untuk menyampaikan pesan untuk meningkatkan kepercayaan dan menawarkan produk atau layanan.

Apakah setelah prospek membeli produk maka direct marketing berhenti? Tentu, tidak. Database pelanggan atau prospek ada aset bagi perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Rencana perusahaan untuk menawarkan produk komplementer atau fitur terbaru lain membutuhkan daftar prospek atau pelanggan. Besarnya biaya perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru (customer acquisition cost) menjadi alasan untuk memaksimalkan database tersebut agar bisnis tumbuh.

Seperti siklus, direct marketing tidak hanya sebatas metode berkomunikasi secara langsung dengan prospek atau pelanggan. Jenis pemasaran ini juga bertujuan untuk membangun hubungan perusahaan dengan target pasar secara jangka panjang.

Bacaan Lainnya: Tips Meningkatkan Customer Lifetime Value

Jenis-jenis Direct Marketing dalam Pemasaran Online

Dulu, pemasaran langsung bisa kamu lakukan melalui surat atau menelpon prospek satu per satu. Selain itu, kamu bisa menggunakan bulletin cetak sembari menyisipkan tulisan atau katalog untuk mendapatkan pelanggan atau klien.

Nah, sekarang marketer cenderung beralih melakukan pemasaran langsung secara saluran-saluran digital (digital channels). Di samping mendorong ke arah efiesiensi biaya pemasaran, setiap saluran menyediakan tools untuk memonitoring kinerja kampanye pemasaran.

Dalam mendukung direct marketing, kamu membutuhkan beberapa saluran pemasaran digital yang terbukti telah digunakan para marketer. Mengutip dari Directiveconsulting, beberapa saluran digital ini penting kamu gunakan untuk menjalankan pemasaran langsung:

Social Media

Telah menjadi hal yang wajar ketika influencer tanah air posting aktivitas harian baik tentang profesi, skills, lifestyle, atau mempromosikan produk atau layanan. Para follower bebas berinteraksi dengan influencer sehingga komunikasi lebih dinamis dan terbukti social media sangat disukai pengguna.

Mau tahu fakta terbaru tentang social media? Fakta-fakta dari WebFX berikut ini bisa mengejutkan dirimu sehingga kamu akan mempertimbangkan untuk menggunakan media pemasaran langsung ini:

  • Dari seluruh orang dewasa yang menggunakan internet, 71% di antaranya menggunakan social media
  • Apabila kamu menarget pasar Amerika Serikat, di sana pengguna social media betah di depan layar selama 2,7 jam per hari
  • Facebook masih menjadi platform yang memiliki pengguna paling banyak
  • YouTube menjadi social media platform paling banyak mendapatkan engagement
  • Kata para marketer, mereka memperoleh propek B2B sebanyak 54% dari social media
  • Dari seluruh prospek dari social media, 80% di antaranya diperoleh dari Linkedin
  • Hanya 26% perusahaan yang menggunakan social media dalam strategi bisnis

Bacaan Lainnya: 8 Cara Membuat Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Website

Kebedaraan website teramat penting untuk mendukung pemasaran langsung secara optimal. Tanpa kita sadari, ketika perusahaan memiliki website akan semakin memperkuat keinginan prospek untuk menggunakan produk atau layanan.

Fakta-fakta terbaru dari Zyro menunjukkan betapa efektifnya menggunakan website untuk menunjang kinerja pemasaran. Di antara fakta-fakta tersebut adalah:

  • Pengguna website membutuhkan waktu 0,05 detik untuk mengambil keputusan tentang situs. Perusahaan butuh mempercepat proses terbukanya setiap halaman.
  • Untuk menilai kredibilitas perusahaan, 75% konsumen akan melihatnya melalui website
  • Sebanyak 48% pengguna mengakui bahwa penilaian terhadap suatu bisnis dengan melihat desain situs
  • Apabila pengguna memiliki pengalaman buruk tentang suatu website, 88% pengunjungnya tidak akan kembali
  • Sebanyak 38% pengunjung tidak akan kembali apabila menemukan tata letak yang tidak menarik dalam website
  • 94% pengunjung akan menilai negatif apabila melihat desain situs yang buruk
  • Waktu efektif memuat halaman adalah 2 detik. Apabila lebih dari 3 detik, penggunjung akan keluar dari halaman
  • Penting untuk memperhatikan kecepatan muat websi karena akan mempengaruhi conversion rate hingga 7% apabila kecepatannya lambat 1 detik.

Email

Barangkali kamu mulai penasaran kenapa dalam setiap landing page atau halaman website memintamu untuk mengisi alamat email ke dalam form. Ini tentu memiliki alasan penting kenapa pemilik website membutuhkannya.

Kamu bisa melihat fakta-fakta terbaru tentang email dari Oberlo. Beberapa fakta berikut ini akan membuat dirimu semakin bersemangat menggunakan email marketing untuk meningkatkan pertumbuhan konversi:

  • Pada tahun 2022, jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan mencapai 4,3 miliar dan diperkirakan akan tumbuh menjadi 4,6 miliar pada tahun 2025
  • Pada tahun 2022 saja, 333,2 miliar email diperkirakan akan dikirim dan diterima setiap hari
  • Untuk setiap USD 1 yang kamu keluarkan untuk email marketing berpotensi menghasilkan pengembalian rata-rata USD 42
  • 87% para marketer menggunakan email marketing untuk menyebarkan konten mereka
  • 81% UKM masih mengandalkan email sebagai saluran akuisisi pelanggan utama mereka, dan 80% untuk retensi
  • Rata-rata open rate untuk konten email selamat datang adalah 82%
  • Email dengan subjek yang dipersonalisasi mampu menghasilkan open rate 50% lebih tinggi
  • Mengirim tiga cart email yang ditinggalkan berpotensi menghasilkan 69% lebih banyak pesanan dibandingkan hanya satu email
  • Laporan menunjukkan bahwa menambahkan video ke email yang kamu kirim bisa meningkatkan rasio klik hingga 300%
  • Ketika melihat frekuensi konsumen ingin menerima email terkait merek, 49% konsumen mengatakan bahwa mereka ingin menerima email promosi tentang merek favorit mereka setiap minggu.

Penerapan direct marketing secara digital memang lebih menguntungkan sehingga para marketer berbondong-bondong menggunakannya. Kembali ke dirimu, apakah kamu siap menerapkannya secara digital dalam bisnis?

Untuk memulainya, akan lebih baik apabila kamu menggunakan digital marketing agency yang berpengalaman untuk menerapkannya, seperti Apookat. Pengalaman layanan Apookat mulai dari social media management hingga pembuatan website terbukti mampu meningkatkan nilai bisnis dari klien.

Sebaiknya kamu menghubungi kontak Apookat untuk berkonsultasi lebih lanjut. Tim Apookat akan melayanimu dengan cepat untuk memberikan solusi yang tepat bagi pertumbuhan bisnis.

Artikel Terkait

UMKM, Ini Loh Srategi Marketing Paling Efektif!

Masih banyak UMKM atau Brand yang saya temui tidak menjalankan Marketing dengan baik, padahal marketing adalah ujung tombak dari sebuah bisnis. Sebagus apapun produk kamu, jika kamu tidak mampu memasarkannya…

View post

Yuk, Mengenal Marketing Information System Beserta Keuntungan dan 3 Contohnya!

Marketing Information System bukanlah frasa yang asing di kalangan pebisnis. Namun, arti dari istilah tersebut bisa saja belum dipahami secara mendalam. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas arti Marketing…

View post

Apa itu Marketing dan Strategi Marketing Apa Saja Yang Terbaik untuk Bisnis?

View post