fbpx

Strategi SEO untuk Bisnis Kuliner Tahun 2022

  • Home
  • Artikel
  • Strategi SEO untuk Bisnis Kuliner Tahun 2022

Strategi SEO untuk Bisnis Kuliner Tahun 2022

Tahun telah berganti, artinya kamu harus mengevaluasi strategi marketing satu tahun sebelumnya. Sudah saatnya, kamu mempersiapkandiri dengan strategi yang baru. Artikel kali ini akan membantu kamu melakukan evaluasi dan menciptakan strategi baru untuk bisnis kuliner.

Data dari Statista–situs penyedia data analisis konsumen–menunjukkan bahwa pada 2021, 36,4% konsumen akan membaca 1–3 buah reviu sebelum berbelanja. Bahkan, 14,6% konsumen akan membaca lebih dari 10 buah reviu sebelum membeli barang. 

Konsumen dapat membaca reviu dari mana saja mulai dari Google hingga kolom komentar media sosial. Pada 2020, Google Review masih menjadi situs teratas tempat konsumen mencari reviu produk. Konsumen cenderung tidak mempercayai produk yang memiliki rating di bawah angka 4. 

Pentingnya peran Google dalam mendorong keputusan pembelian oleh konsumen membuatnya vital dalam strategi marketing. Oleh karena itu, optimasi website sangat penting agar nangkring di halaman pertama mesin pencari. Salah satunya melalui SERP.

Oh, ya, mungkin kamu bertanya-tanya, “Itu ada kesalahan penulisan kata reviu, seharusnya review.”. Nah, sebenarnya, kata reviu sudah ada di KBBI, loh! Kamu belum tahu, kan?

Pengertian SERP

SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman berisi informasi di mesin pencari. Pada fitur SERP di Google, konsumen dapat menemukan jawaban dari kata kunci yang mereka cari dengan mudah. Konsumen tanpa perlu mengunjungi sebuah situs dan membaca isinya sampai habis. Sebab, Google akan menyoroti jawaban yang dianggap relevan oleh algoritma. 

Fitur SERP

Featured Snippet

Featured snippet adalah kotak yang muncul pada bagian paling atas pencarian. Kotak ini menampilkan jawaban dari kata kunci yang dianggap paling relevan oleh pengguna Google. Featured snippet umumnya menampilkan konten yang berasal dari 10 pencarian teratas di mesin pencari.

Agar mampu memanfaatkan fitur ini, kamu harus menggunakan kata kunci yang tepat sehingga website-mu ada di halaman pertama mesin pencari. Caranya adalah dengan membuat content marketing. Kamu dapat membuat konten dengan paragraf yang pendek dan poin-poin–daftar berbutir atau daftar bernomor–agar pembaca lebih nyaman memahaminya.

Video Snippet

Fitur lain yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnis kulinermu adalah video snippet. Fitur ini cocok untuk video-video tutorial. Contohnya, jika kamu membuka bisnis kursus memasak. Kamu dapat memasukkan video tutorial sebuah resep.

Tips praktis agar videomu masuk ke dalam fitur video snippet adalah dengan memasukkan kata kunci ke dalam judul video. Kata kunci tersebut juga harus ada dalam kotak deskripsi video. Selanjutnya, masukkan isi transkrip video di dalam kotak deskripsi. Semakin banyak orang yang menonton video tersebut, maka semakin mudah video tersebut masuk dalam pencarian teratas Google.

People Also Ask

Fitur ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke website-mu, lo! Caranya adalah dengan menjawab hal-hal yang banyak konsumen tanyakan. Lalu, sediakanlah jawabannya di website-mu. Kamu dapat menampilkan jawaban-jawaban tersebut pada halaman FAQ (Frequently Ask Question).

Kamu juga dapat melakukan analisis terhadap hal-hal yang biasanya konsumen tanyakan pada kompetitormu. Kemudian, tampilkan juga jawabannya di website-mu sehingga algoritma Google dapat mengidenfitikasinya.

Promo Akhir Tahun

Local Pack

Local pack adalah fitur SERP yang memungkinkan konsumen untuk menemukan hasil pencarian berdasarkan lokasi. Fitur ini menunjukkan informasi bisnis, reviu, dan peta. Untuk memaksimalkan penggunaan fitur ini, kamu perlu mengoptimasi halaman Google Business.

Saat memeriksa local pack, konsumen lebih dari sekadar melihat rating dan reviu saja. Konsumen pun juga dapat melihat alamat dan kontak dari bisnis kulinermu. Kamu dapat mencantumkan alamat website pada fitur local pack.

Maksimalkan hal tersebut dengan memberikan kontak yang mudah dihubungi oleh konsumen seperti nomor telepon dan alamat email.

Sebaiknya, kamu juga membuat website-mu mobile friendly. Sebab, sekitar 50% trafik website di dunia ini berasal dari perangkat mobile. Bila website-mu mobile friendly, maka kamu dapat meningkatkan jumlah pengunjung. 

Cantumkan juga reviu pelanggan pada website. Semakin banyak reviu yang dapat kamu cantumkan, maka akan semakin kredibel di mata konsumen. Jadi, kamu dapat memanfaatkan Google Review dan website-mu untuk menampilkan reviu dari pelanggan. Tautkan juga akun media sosial bisnis kulinermu.

Knowledge Graph

Knowledge graph adalah kotak yang berada di pojok kanan atas hasil pencarian. Knowledge graph menjawab secara ringkas dan spesifik dari hasil pencarianmu. Agar dapat memaksimalkan penggunaan fitur ini, sebaiknya kamu membuat halaman Wikipedia untuk bisnis kulinermu. Selain itu, informasi dalam website-mu harus terstruktur dengan baik sehingga algoritma Google akan menyukainya

Pastikan juga bahwa akun media sosial bisnis kulinermu terverifikasi agar muncul dalam pencarian Google. Kamu juga perlu melakukan

  • optimasi Google Business,
  • strategi backlink, dan
  • mengoptimasi bisnis kulinermu pada local search.

Evaluasi Strategi

Bagaimana strategi SEO yang sudah kamu lakukan satu tahun ke belakang?

Apakah strategi tersebut efektif?

Penting bagi kamu untuk selalu melakukan evaluasi agar bisnis kulinermu berkembang. 

Kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti mengecek jumlah kunjungan organik pada website-mu. Lalu, periksa dari mana saja lalu lintas kunjungan paling banyak. Umumnya, kunjungan datang dari media sosial dan hasil pencarian Google. Periksa juga kualitas kata kunci atau keywords yang sudah kamu gunakan.

Kamu dapat mengevaluasi kesalahan teknis seperti

  • link yang mati,
  • kecepatan halaman saat loading, hingga
  • ranking website-mu pada hasil pencarian Google.

Selalu periksa kendala teknis ini secara berkala agar kamu dapat selalu memperbaikinya. Sebab, kesalahan-kesalahan teknis ini dapat berdampak pada jumlah kunjungan website.

Optimasi Website

Salah satu elemen penting dalam bisnis kuliner adalah gambar. Gambar makanan atau minuman yang menarik dapat membangkitkan selera makan konsumen. Oleh karena itu, sediakan foto dengan resolusi tinggi pada website-mu. Namun, pastikan gambar tersebut tanpa memengaruhi kecepatan halaman memuat.

Manfaatkan juga long tail keyword (kata kunci yang panjang). Jika biasanya kamu menggunakan kata kunci “restoran Korea”, kamu dapat menggunakan kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya

  • “restoran Korea halal”,
  • “restoran Korea autentik”,
  • “restoran Korea murah”, dan
  • “restoran Korea murah di Jakarta Selatan”.

Daftarkan Bisnismu ke Aplikasi Rekomendasi Kuliner

Ingat, konsumen senang mencari tahu dan membaca reviu sebelum melakukan pembelian. Semakin banyak reviu, maka akan semakin menimbulkan rasa percaya dari konsumen. Salah satunya dengan mendaftarkan bisnis kulinermu ke aplikasi rekomendasi kuliner.

Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu pilih seperti

  • Qraved,
  • Zomato, dan
  • Pergijauh.

Kamu dapat menyematkan tautan dari aplikasi tersebut di website-mu. 

Daftarkan Bisnismu ke Layanan Pesan Antar 

Pandemi membuat layanan pesan antar menjadi sangat populer. Banyak orang yang ingin makan makanan dari restoran favoritnya tanpa harus keluar rumah. Daftarkan bisnismu pada layanan pesan antar, seperti

  • Go Food,
  • Grab Food,
  • Shopee Food,
  • Traveloka Eats,
  • dan lain-lain.

Sematkan tautannya pada website-mu. Sehingga, konsumen bisa melakukan pembelian lebih mudah.

Buat kamu yang butuh bantuan untuk optimalisasi hal ini. Silakan kontak kami melaui link berikut ini , ya!

Prev
Next
Drag
Map