fbpx

Optimalkan SEO Lokal untuk Tingkatkan Bisnis

  • Home
  • Artikel
  • Optimalkan SEO Lokal untuk Tingkatkan Bisnis
apa itu seo lokal dan fungsinya

Optimalkan SEO Lokal untuk Tingkatkan Bisnis

SEO Lokal dan Fungsinya Search Engine Optimization atau SEO Lokal merupakan sebuah metode yang dapat membantu kamu dalam sistem pencarian lokal. Lalu apa itu pencarian lokal ?

Mungkin kamu sedang merasa lapar saat ini, lalu kamu mulai mencari di mesin pencarian google dengan kata kunci “ayam goreng terdekat” lalu muncullah beberapa referensi menu ayam goreng untuk kamu pilih. Lalu apa fungsinya untuk bisnis ? 

Sebelum menjawab itu, kita akan memulai dari sini terlebih dahulu. 

Apa itu SEO Lokal ? 

Search Engine Optimization atau SEO Lokal adalah sebuah metode untuk untuk mengoptimalkan visibilitas pencarian pada mesin pencarian google organik. Cara kerja sebuah SEO lokal merupakan gabungan teknis dan kreatif untuk membuat mesin pencari google itu yakin, bahwa google nantinya akan merekomendasikan produk yang kamu tawarkan.

Apa Fungsi SEO Lokal ? 

SEO lokal dapat membantu calon pembeli terdekat untuk menemukan bisnis kamu. Para calon pembeli akan mendapatkan informasi yang lengkap seputar bisnis kamu, mulai dari lokasi, waktu pelayanan, legalitas, foto lokasi atau produk yang kamu jual, semuanya muncul pada halaman pencarian di google.

Hal ini tidak hanya memudahkan para calon pembeli, tetapi hal ini sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. 

Bagaimana Mengoptimalkan Search Engine Lokal ? 

Berdasarkan penelitian, ada beberapa faktor yang paling mempengaruhi local SEO:

  • Google My Business Signals (25.12%) – indikatornya adalah lokasi pengguna Google, kategori bisnis, dan keyword di nama bisnis.
  • Link Signals (16.53%) – dipengaruhi oleh anchor text, domain authority, dan kuantitas domain.
  • Review Signals (15.44%) – dipengaruhi jumlah review dan keberagaman review.
  • On-page Signals (13.82%) – dipengaruhi penggunaan NAP dan keyword.
  • Citation Signals (10.82%) – dipengaruhi konsistensi NAP di berbagai platform.

Namun dari faktor tersebut belum cukup, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Karena jika ingin lebih optimal mengenai SEO,a maka kamu harus siap untuk membangun jaringan yang lebih luas dan jaringan yang lebih memudahkan orang orang lain menemukan akun kamu di mesin pencariaan. 

Berikut cara yang harus kamu persiapkan untuk lokal SEO yang lebih optimal: 

Lengkapi Google Bisnisku

Membuat google bisnisku sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuat akun pada link akun google bisnis, pastikan semuanya terisi dengan lengkap, hal ini akan membantu goggle mempercayai bisnis kamu. 

Namun sebelum membuat google bisnisku, kamu pun perlu tahu mengapa membuat google bisnisku ini sangat penting. Lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia masih menggunakan mesin pencarian google, sedangkan mesin pencarian yang lain jarang sekali dilakukan atau hanya efisien di wilayah tertentu. 

Maka, penggunaan google bisnisku itu sangat penting untuk mengawali langkah optimasi SEO lokal.

Menurut Google, berikut adalah informasi yang wajib Anda lengkapi agar lebih mudah ditemukan di pencarian lokal

  1. Lokasi. Cantumkan alamat, dan verifikasi lokasi bisnis Anda.
  2. Nomor telepon. Pastikan nomor telepon yang tertera aktif.
  3. Kategori. Pilih kategori yang sesuai untuk menambah relevansi.
  4. Atribut. Jelaskan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda.
  5. Jam Operasional. Buat calon konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda.
  6. Foto. Tampilkan berbagai foto untuk membangun ekspektasi konsumen.

Setelah semua siap, silahkan login pada akun google bisnisku, lalu lengkapi seluruh data yang ada pada menu info pada google bisnisku. 

seo lokal dan fungsinya - login google bisnisku

Setelah anda mengisi lalu anda akan dikirimkan sebuah surat dari google lewat Pos ke alamat bisnis kamu, lalu kamu masukan kode aktivasi yang ada di dalamnya untuk memverifikasi akun bisnis kamu di google, maka pastikan kamu mengisi sesuai dengan data asli. 

seo lokal dan fungsinya - contoh pencarian
Baca Juga : SEO untuk Bisnis Kuliner

Mungkin kamu selalu melihat ini di mesin pencarian google. Nah setelah akun kita terverifikasi maka akan muncul pada tampilan snack pack, pada tampilan ini akan memuat informasi semua informasi yang relevan dengan yang orang cari. Jadi pastikan nama brand dan keyword yang kamu targetkan sudah sesuai.

seo lokal dan fungsinya-info google bisnisku

Tips pastikan nama toko atau tempat kamu tertulis di sana, tidak disarankan menggunakan kata kunci yang familiar, misal “Ayam Geprek” atau “Toko Bunga Bandung”, apa yang salah ? sebetulnya tidak salah hanya saja orang yang mencari tidak akan tahu brand atau merek dagang kamu. Maka disarankan untuk menggunakan kata kunci Seperti “Ayam Geprek Bu Imas” atau “Harmoni Toko Bunga”, atau kamu fokus lengkapi jenis usaha yang kamu tawarkan seperti gambar ini. Pastikan spesifik agar google lebih mudah merekomendasikan usaha kamu. 

Riset Kata Kunci Pencarian

Nah setelah kamu sudah memanfaatkan google bisnisku, lalu apa yang harus dilakukan agar SEO saya untuk lebih optimal ? 

Solusinya adalah riset kata kunci yang relevan dengan kebutuhan bisnis atau sahakamu. 

Salah satu tools untuk membantu mencari kata kunci adalah google trend, hal ini sangat membantu untuk menentukan keyword atau isu apa yang cocok dengan kebutuhan produk kamu. 

Misalnya kamu ingin berjualan bakso, maka coba kamu cari dengan kata kunci “bakso” maka apa inilah data yang bisa didapatkan. 

seo-loka-google-trend

Jika dilihat untuk trend traffic nya masih stabil, hanya di bulan tertentu ada kenaikan, berarti untuk pencarian kata kunci “bakso” masih sering dicari oleh orang lain. 

Data yang ditampilkan adalah data selama 12 bulan terakhir, jadi selama 12 bulan ini kamu akan lebih tahu diwaktu mana saja tren ini naik atau turun, namun jika data ini masih kurang kamu pun bisa setting waktunya sampai dengan beberapa tahun kebelakang. 

Selain itu, kamu pun akan mendapatkan wilayah mana saja yang kencang mencari keyword tersebut, hal ini bisa saja digunakan sebagai dasar jika kamu ingin membuka gerai bakso di wilayah tersebut.

seo lokal - google trend



Catatan : Tidak diperkenankan menembak lokasi service ya. Misal kamu berjualan bakso di Daerah Tangerang, namun karena kamu ingin mendapatkan rangking pencarian akhirnya kamu memasukan lokal keyword daerah lain juga, nah hal ini sebetulnya akan mengurangi tingkat kepercayaan para pencari serta hal ini akan berhubungan dengan jangkauan service yang kamu berikan, jika memang terjangkau ya tidak jadi masalah. Namun agar usaha kamu lebih terkenal sebaiknya targetkan keyword lokasi sesuai dengan jangkauan service kamu.

Data lokasi ini pun sebetulnya harus diperdalam kembali, karena bisa saja daerah itu memang bukan mencari lokasi bakso tapi bisa saja mencari resep bakso atau yang lain yang berhubungan dengan bakso. Jadi pastikan semua datanya akurat dan relevan dengan usaha kamu. 

Lalu data selanjutnya adalah topik yang memang sedang hangat di cari di google, dari data ini kamu bisa memanfaatkan data ini untuk dimasukan pada website kamu. Namun jika memang salah satu produk kamu ada di kueri ini, maka hal ini sangat membantu untuk kamu untuk direkomendasikan oleh google, misal secara kebetulan kamu memang punya produk “bakso rusuk” secara kebetulan memang trend nya adalah “bakso rusuk” maka kamu bisa targetkan kata kunci itu dan berikan hal detail lainnya seperti lokasi, harga dan kontak.

seo lokal - google trend

Setelah dapat kata kunci terus bagaimana ? 

Setelah ini kamu masukan kata kunci ini pada website atau deskripsi google bisnisku. Sehingga bisnis kamu semakin akurat dalam mencari target pasar kamu. 

Menambah NAP Citations

NAP Citations merupakan kutipan biodata bisnis di Internet, biasanya data yang diisi seperti Nama, Alamat dan Nomor telepon.

Hal ini harus dilakukan agar dapat relevan di mesin pencarian loka, semakin biodata bisnismu muncul maka bisnis anda semakin eksis. 

seo lokal google bisnisku

Ini merupakan data NAP di akun google bisnisku, isi lengkap sesuai dengan data yang memang kamu sediakan, kamu pun bisa memasukan link situs yang relevan dengan bisnis kamu, seperti Website marketplace. 

Pastikan bahwa data yang ada pada NAP Citation pada google bisnisku sama dengan yang tercantum pada akun media sosial atau marketplace kamu. 

Baca Juga : 10 Solusi UMKM agar Berkembang

Perhatikan Setiap Ulasan Konsumen

Hampir semua pemilik akun ini abai melihat ulasan di google bisnisku, padahal hal ini sangat penting dan berpengaruh terhadap SEO atau lokal SEO.

Jumlah ulasan ternyata termasuk ke dalam indikator untuk dipertimbangakan dalam lokal SEO, karena mau bagaimanapun 80% konsumen atau calon konsumen mengacu pada suasana saat mencari bisnis lokal atau disekitar mereka.

seo lokal - google bisnisku ulasan

Selain menjadi media interaksi dengan para konsumen, kolom ini kan memperlihatkan rating yang bisa dijadikan bahan atau referensi sebelum membeli.

Dengan beberapa fitur tanya jawab, hal ini akan membantu meyakinkan para konsumen merasa pas memilih bisnis kamu. 

Optimalkan SEO-on Page dan Perluas Link

Manfaat paling utama dari SEO – OnPage adalah untuk mempermudah mesin pencarian dalam memahami konten yang ada pada website kamu, semakin mudah konten dipahami oleh google serta relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pencari, maka konten kamu akan lebih mudah muncul di mesin pencarian. 

Jika kamu pengguna wordpress, kamu bisa menggunakan plugin SEO baik seperti Yoast atau yang lainnya, hal ini akan membantu kamu dalam membuat SEO lebih efisien. 

SEO selain dapat membuat bisnis kamu berada di pencarian teratas di mesin pencarian, namun yang paling penting adalah bagaimana SEO ini dapat membantu bisnis kamu tumbuh dan berkembang. 

Dengan optimalisasi SEO, kamu pun dapat memperluas jangkauan atau link kamu pun bisa direkomendasikan oleh website yang lain. Namun website kamu memang harus kompeten dan relevan dengan apa yang mereka butuhkan. 

Untuk konsultasi SEO on Page, silahkan klik tautan ini

Apookat merupakan digital agency yang berfokus pada pemanfaatan platform digital dalam membantu menumbuhkan bisnis kamu. 

#mulaisekarang

Prev
Next
Drag
Map