fbpx

Apa itu Segmentasi Pasar? Tujuan, Manfaat dan Syaratnya

  • Home
  • Artikel
  • Apa itu Segmentasi Pasar? Tujuan, Manfaat dan Syaratnya

Apa itu Segmentasi Pasar? Tujuan, Manfaat dan Syaratnya

Segmentasi Pasar – Segmentasi pasar adalah sebuah istilah yang sebetulnya tidak asing lagi dalam dunia marketing. Segmentasi pasar menjadi sebuah hal yang paling dasar ketika akan memulai bisnis, segmentasi pasar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bertumbuhnya sebuah bisnis. Maka beberapa bisnis sudah mulai berbenah untuk memastikan segmentasi pasar yang cocok untuk produk para calon pembeli. 

Namun sebesar apa pengaruh segmentasi pasar untuk bisnis ? apakah segmentasi pasar akan menumbuhkan bisnis ? apakah bisa diterapkan untuk segmentasi pasar bagi umkm ? simak beberapa hal dasar mengenai segmentasi pasar, semoga dapat membantu kamu ketika sedang membangun sebuah bisnis. 

Apa itu Segmentasi Pasar ? 

Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh bisnis untuk membagi kelompok konsumen ke beberapa kategori, seperti perilaku, jenis kelamin, umur, demografi dan lain sebagainya. 

Penentuan segmentasi pasar membutuhan beberapa proses dan tahapan yang cukup rumit, namun walaupun rumit hal ini akan membuat mudah ketika bisnis itu mudah berjalan.

Menurut ahli :

Kotler dan Amstrong

Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda. Tujuannya untuk membentuk kelompok pasar yang homogen, sehingga di dalam pasar tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan karakteristik pembeli.

Jadi itulah salah satu pengertian dari segmentasi pasar dari ahli.

Tujuan Segmentasi Pasar

Sebuah bisnis itu cenderung dinamis dan mudah sekali berubah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa karena customers behaviour yang berubah atau karena lainnya. 

Maka dari itu, untuk membuat bisnis itu sustainable, maka diperlukan sebuah analisa segmentasi pasar yang akurat, maka salah satu tujuan dari segmentasi pasar ini disusun adalah untuk menjawab perubahan bisnis yang dinamis tersebut. 

Mudah Mengenali Kompetitor Bisnis

Ditetapkannya sebuah segmentasi pasar bertujuan untuk mengenali kompetitor lebih dalam lagi. Dengan bisa mengenali kompetitor maka, kamupun akan lebih mudah segmentasi mana yang memang cocok untuk bisnis kamu. Apakah kamu akan mengambil segmentasi yang sama atau segmentasi yang memang berbeda dari kompetitor. 

Meningkatkan Pelayanan Menjadi Lebih Baik

Tujuan lainnya dari segmentasi pasar adalah untuk membuat sebuah pelayanan yang lebih baik, dengan menentukan segmentasi pasar, maka akan pelayanan akan lebih maksimal karena memang sesuai dengan segmentasi yang kamu tuju. Misalnya; umur yang berbeda akan menentukan pelayanan yang berbeda juga. 

Bahan Evaluasi dan Perencanaan Bisnis

Membuat sebuah perencanaan dalam menentukan segmentasi pasar berarti kita siap untuk mengevaluasi target dan strategi bisnis dengan cepat. Semakin cepat perubahan sebuah pola konsumen, maka semakin cepat pula kita menentukan perubahan untuk mengefisienkan strategi pemasaran. 

Meningkatkan Efektifitas Strategi Pemasaran

Penentuan segmentasi pasar akan bertujuan juga menyempinkat target pasar yang kita target, maka hal ini akan membuat strategi akan lebih efisien serta budget marketing yang akan lebih hemat jika dibandingkan kita tanpa tujuan dalam menentukan segmentasi yang cocok untuk bisnis kamu. 

Manfaat Segmentasi Pasar

Dengan menentukan segmentasi pasar maka banyak hal yang dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup dari bisnismu sendiri, diantara adalah 

  • Membantu memenuhi kebutuhan konsumen
  • Meningkatkan daya tarik konsumen
  • Mempermudah perusahaan mengatur produk maupun jasa yang ditawarkan
  • Membantu perusahaan fokus terhadap kelompok target konsumen tertentu saja
  • Membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis
  • Membantu pemasaran menjadi lebih baik dan terarah
  • Mempermudahkan perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran
  • Meningkatkan daya saing bersama kompetitor
Baca Artikel Lainnya : Business Model Canvas

Syarat Segmentasi Pasar

Dalam menentukan sebuah segmentasi pasar, maka perlu juga memperhatikan berikut sebagai syarat dari sebuah segmentasi pasar agar berjalan lebih efisien, maka ini lah syarat-syarat tersebut ; 

TerukurYakni pengelompokkan pasar wajib mampu diukur baik luasnya, besarnya, dan daya beli pembeli atau konsumen pada pada segmen.
TerjangkauYakni segmentasi pasar wajib bisa dilaksanakan. Oleh karenanya taktik pemasaran yang sudah dibentuk mampu dijalankan dan mampu menaruh pelayanan pada segmen pasar sebaik mungkin.
Cukup besarYaitu relatif akbar atau substantial sebagai akibatnya mampu menaruh laba saat perusahaan menaruh pelayanan.
Mudah dibedakanArtinya segmentasi pasar dapat dibedakan atau differentiable. Maksudnya, segmen yang sudah dikelompokkan tadi wajib mampu dibedakan secara jelas.
Bisa DilaksanakanYaitu segmentasi pasar mampu dilaksanakan atau actionable. Artinya, wajib dan mampu dilayani dan dijangkau asal daya perusahaan. Ketika melakukan sebuah segmentasi pasar, terdapat beberapa dasar pada pelaksanaannya antara lain: demografis dimana dasar berdasarkan pengelompokkan pasar mencakup usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, ras, agama, dan sebagainya.
Syarat Segementasi Pasar

Dasar Segmentasi Pasar

Hal yang biasanya harus mulai dikelompokan pada segmentasi pasar adalah terdapat pada dasar segmentasi pasar. Hal ini akan lebih spesifik lagi dalam menentukan siapa sebetulnya target pasar dari produk kita. 

1. Jenis Kelamin

Jenis kelamin menjadi salah satu dasar dalam menentukan segmentasi pasar, bagaimana kecenderungan dari gender atau jenis kelamin dalam menentukan kebutuhan mereka. Maka produk kamu memang harus sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pertama pada kacamata jenis kelamin. 

2. Kelompok Usia

Jika tadi sempat disinggung mengenai jenis kelamin, maka yang selanjutnya menjadi dasar adalah kelompok usia. Produk yang kamu jual harus sesuai dengan umur dari target pasar kamu. Untuk memudahkan biasanya menggunakan rentan umur. 

Seperti : 0 – 3 Tahun, atau 16-24 Tahun. 

3. Penghasilan

Penghasilan ternyata bisa juga loh ditarik sebagai dasar dari penentuan segmentasi pasar, hal ini sebetulnya akan memudahkan dari penentuan harga yang cocok dari produk kamu. Apakah ketika di pasaran terlalu mahal atau ternyata terlalu murah. 

Umumnya sebuah bisnis akan membagi segmentasi pasar berdasarkan penghasilan dengan tiga kategori, yaitu:

  • Kelompok berpenghasilan tinggi
  • Kelompok berpenghasilan menengah
  • Kelompok berpenghasilan rendah

4. Lokasi

Lokasi target pasar juga menjadi hal yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini tentu akan sangat berbeda antara kebutuhan di perkotaan dan pedesaan, atau di kondisi daerah dingin dan panas. 

Maka dalam menentukan segmentasi pasar peranlokasi menjadi hal yang perlu diperhitungkan sejak awal perencanaan.

5. Pekerjaan

Pekerjaan adalah salah satu dasar segmentasi pasar yang mempengaruhi keputusan dalam membeli, pekerjaan yang dimaksud adalah kegiatan utama yang mereka lakukan sehari hari. Contohnya seorang pekerja kantoran akan lebih memilih membeli pakaian formal, seperti kemeja dibandingkan Kaos atau T-Shirt.

6. Gaya Hidup

Siapa bilang segementasi pasar hanya sampai situ saja, salah satu hal yang mempengaruhi adalah gaya hidup atau biasanya berhubungan dengan customers behaviour seperti apakah mereka melihat sebuah produk, apakah melihat dari sisi brand, atau mereka hanya melihat dari manfaatnya saja. 

Penutup

Jadi berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam membuat sebuah segmentasi pasar, untuk point selanjutnya akan disampaikan pada artikel selanjutnya dalam artikel Mengenal apa itu segmentasi pasar dan manfaat untuk bisnis (lanjutan). 

Sudah siapkah bisnis kamu bertumbuh ?

Prev
Next
Drag
Map