fbpx

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

  • Home
  • Artikel
  • Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO.

Apabila kamu berhasil meningkatkan trafik organik, penjualan suatu perusahaan tentu akan meningkat. Hal ini tentu akan menguntungkan kamu. Lantas apa itu trafik organik dan bagaimana cara meningkatkan trafik organik. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi secara detailnya!

Apa itu Trafik Organik?

Sumber: Semrush.com

Trafik organik adalah lalu lintas pengunjung yang masuk ke website melalui hasil pencarian organik di mesin pencari. Trafik ini tidak dihasilkan dari iklan berbayar. Melainkan dari hasil optimasi website agar kontennya relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Trafik organik menjadi salah satu sumber trafik yang paling berharga bagi suatu situs. Karena trafik organik cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dan biaya akuisisi pengunjung yang lebih rendah.

Strategi SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu cara untuk meningkatkan trafik organik. Dengan mengoptimalkan situs web agar lebih sesuai dengan algoritma mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian organik.

Manfaat Trafik Organik Untuk Website 

Seperti dijelaskan di atas, trafik organik merupakan jumlah user yang mengunjungi website kamu melalui hasil pencarian organik di mesin pencari. Berikut ini manfaat trafik organik untuk website:

1. Pengunjung Tertarget 

Pengunjung yang datang melalui hasil pencarian organik cenderung sudah memiliki minat atau kebutuhan tertentu yang ingin dipenuhi. User aktif mencari informasi, produk, atau layanan spesifik. Kemudian menemukan situs kamu karena dianggap relevan dengan apa yang user cari. Hal ini tentu dapat menciptakan peluang yang lebih besar untuk interaksi seperti pembacaan konten, pembelian produk, atau berlangganan layanan.

Contoh, jika seseorang mencari “cara meningkatkan penjualan secara organik”. Kemudian situs kamu muncul di hasil organik dengan konten yang informatif tentang cara meningkatkan penjualan organik selama 6 bulan. Kemungkinan besar pengunjung tersebut akan benar-benar tertarik dan terlibat dengan konten kamu. 

2. Kredibilitas dan Kepercayaan

Muncul di hasil pencarian organik, khususnya pada peringkat 1-3. Memberikan kesan bahwa konten kamu adalah sumber informasi atau layanan yang diakui dan dihormati di ranah online. Proses ini menciptakan rasa kredibilitas dan kepercayaan yang sangat penting bagi pengunjung situs.

Kredibilitas yang diperoleh dari peringkat organik tinggi tidak hanya memberikan manfaat dalam menarik pengunjung. Tetapi juga dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan audiens. Pengguna yang merasa yakin dengan kredibilitas situs kamu lebih mungkin untuk kembali, berinteraksi lebih lanjut, dan bahkan merekomendasikan situs kamu kepada orang lain.

3. Biaya Efektif

Optimasi SEO untuk organic traffic memerlukan investasi waktu dan sumber daya. Tetapi dalam jangka panjang, dapat menjadi pilihan biaya yang lebih efektif dibandingkan dengan kampanye iklan berbayar. 

Setelah konten halaman kamu mencapai peringkat tinggi, website kamu dapat menerima trafik tanpa biaya per klik yang terus-menerus. Hal ini dapat memberikan hasil jangka panjang.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan muncul di hasil pencarian organik, situs kamu mendapatkan eksposur yang konsisten di antara pengguna yang mencari topik terkait. 

Hal ini tentu akan membantu meningkatkan kesadaran merek, karena pengguna terus-menerus melihat dan mengingat nama atau logo brand kamu. Kesadaran merek yang ditingkatkan dapat membantu membedakan brand kamu dari pesaing dan membangun citra yang kuat.

Cara Meningkatkan Trafik Organik

Screenshot Google Search Console, Performance SEO salah satu Client Apookat
Performance SEO salah satu Client Apookat

Dalam meningkatkan trafik organik dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara On-Page, Teknikal SEO, maupun Off-Page. Berikut ini penjelasan detailnya:

1. Buat Konten Relevan Dengan User

Buat konten yang relevan dengan pengguna adalah kunci dalam meningkatkan trafik organik situs web. Dalam usaha untuk mencapai hal ini, penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan target audiens

Mulailah dengan melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi tren terkini dan topik yang paling diminati oleh pengguna potensial. Selain itu, analisis data pengguna, seperti kata kunci yang sering dicari, dapat memberikan wawasan berharga untuk menciptakan konten yang sesuai dengan preferensi user.

Setelah memiliki pemahaman yang kuat tentang target audiens, fokuslah pada pembuatan konten yang informatif, relevan, dan bermanfaat. Pastikan konten mengatasi masalah atau kebutuhan pengguna, memberikan solusi, atau menyediakan informasi yang memenuhi ekspektasi mereka. Gunakan gaya penulisan yang mudah dipahami dan sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh audiens target.

Selain itu, optimalkan konten untuk mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Mesin pencari cenderung menghargai konten yang berkualitas dan memberikan nilai tambah bagi pengguna. 

Oleh karena itu, fokus pada konten yang memberikan jawaban yang mendalam dan menyeluruh terhadap pertanyaan pengguna. Dengan mengutamakan kebutuhan pengguna dan menyajikan informasi yang berharga, situs web dapat menarik lebih banyak pengunjung organik, meningkatkan visibilitas, dan akhirnya mencapai tujuan trafik organik yang lebih tinggi.

2. Optimalkan Meta Title dan Meta Description

Optimasi Meta Title dan Meta Description sangat penting dalam strategi SEO untuk meningkatkan trafik organik sebuah situs web. Meta Title dan Meta Description merupakan elemen metadata yang ditampilkan dalam hasil pencarian mesin pencari. Keduanya memainkan peran krusial dalam menarik perhatian pengguna potensial. 

Dalam mengoptimalkan Meta Title, gunakan kata kunci yang relevan dengan konten halaman dan pastikan judul tersebut menarik perhatian. Judul yang menarik dapat meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik tautan untuk mengetahui lebih lanjut. Selain itu, panjang Meta Title sebaiknya disesuaikan agar tetap optimal dan tidak terpotong dalam hasil pencarian.

Sedangkan Meta Description sebaiknya dirancang untuk memberikan gambaran yang mengundang ketertarikan tanpa memberikan terlalu banyak informasi. Gunakan kalimat yang menarik dan mengandung unsur daya tarik, seperti manfaat atau solusi yang dapat ditemukan di dalam konten halaman. Pemilihan kata yang tepat dapat menjadikan Meta Description sebagai ajang untuk “menjual” konten. Sehingga bisa meningkatkan klik pengguna terhadap konten tersebut.

3. Optimasi Secara On Page

Optimasi secara On-Page adalah cara meningkatkan trafik organik suatu situs web. Dengan fokus pada elemen-elemen di dalam halaman itu sendiri. Optimasi On-Page berperan penting dalam memberikan sinyal positif kepada mesin pencari terkait konten yang relevan dan berkualitas. 

Pertama-tama, pastikan konten yang disajikan memiliki nilai yang tinggi bagi pengguna dengan memberikan informasi yang lengkap, terkini, dan bermanfaat. Pemilihan kata kunci yang tepat dan penempatan yang strategis di dalam konten juga merupakan bagian penting dari optimasi On-Page.

Selain itu, optimalisasi struktur halaman dan penggunaan tag HTML. Mulai dari judul, headings, (H1, H2, H3, dll.) sehingga dapat membantu mesin pencari memahami hierarki informasi dan mengutamakan elemen penting. URL yang ramah mesin pencari, deskripsi gambar dengan atribut alt yang relevan, serta penggunaan internal linking untuk menghubungkan halaman-halaman terkait dalam situs juga turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas halaman.

Kecepatan muat halaman juga sangat mempengaruhi pengalaman pengguna dan peringkat di mesin pencari. Pastikan halaman memuat dengan cepat dengan mengoptimalkan ukuran gambar, menggunakan cache, dan meminimalkan penggunaan elemen yang dapat memperlambat proses muat halaman.

4. Bangun Link Building

Strategi yang efektif dalam meningkatkan trafik organik suatu situs web adalah dengan membangun Link Building. Link Building melibatkan upaya untuk mendapatkan tautan (backlink) dari situs web lain menuju situs target. Meskipun kualitas lebih diutamakan daripada kuantitas, memiliki backlink yang relevan dan otoritatif dapat memberikan dampak positif terhadap peringkat dalam hasil pencarian.

Penting untuk fokus pada mendapatkan backlink dari situs-situs berkualitas yang terkait dengan niche atau topik yang diangkat oleh situs target. Tautan dari situs-situs tersebut dianggap sebagai “suara” yang mengindikasikan kepercayaan dan otoritas. Strategi Link Building yang efektif melibatkan kerja sama dengan situs-situs terkait, seperti mitra industri, blogger, atau penerbit berita yang dapat memberikan tautan yang dapat dipercaya.

Selain itu, menciptakan konten yang bernilai dan unik dapat menjadi daya tarik bagi situs-situs lain untuk memberikan tautan. Ketika konten dianggap informatif, berguna, atau menghibur, kemungkinan mendapatkan backlink dari situs-situs lain menjadi lebih besar. Pemantauan dan pemeliharaan tautan yang sudah ada juga penting untuk memastikan keberlanjutan strategi Link Building.

5. Memperbarui Konten

Memperbarui konten secara berkala adalah strategi penting dalam upaya meningkatkan trafik organik suatu situs web. Konten yang tetap terkini, relevan, dan informatif memiliki potensi lebih besar untuk menarik perhatian mesin pencari dan pengunjung. Dengan mengidentifikasi dan memperbarui konten yang sudah ada, situs web dapat menyesuaikan informasi dengan perkembangan terkini dan tren industri.

Proses pembaruan konten melibatkan peninjauan kembali materi yang ada, penambahan informasi terbaru, atau penyempurnaan untuk menjaga kualitas. Selain itu, perubahan algoritma mesin pencari membuat pentingnya memastikan bahwa konten tetap mematuhi aturan terbaru dan memenuhi standar SEO. Pembaruan juga dapat melibatkan penyesuaian kata kunci untuk mencocokkan tren pencarian terkini, meningkatkan kemungkinan konten muncul di hasil pencarian yang relevan.

Penting untuk memberikan nilai tambah kepada pengguna melalui pembaruan konten, baik itu dengan penambahan informasi yang lebih mendalam, grafik yang menarik, atau sumber daya tambahan yang bermanfaat. Mesin pencari cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada konten yang dianggap up-to-date, lengkap, dan memberikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan pengguna.

6. Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan faktor kritis dalam memperbaiki trafik organik dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Pengunjung online cenderung meninggalkan situs yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat, dan mesin pencari juga memberikan peringkat lebih baik pada situs yang memberikan pengalaman pengguna yang cepat dan efisien. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan website menjadi suatu strategi yang tak dapat diabaikan.

Langkah pertama untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan mengoptimalkan gambar, mengurangi ukuran file, dan menggunakan format yang efisien. Pemilihan hosting yang baik juga dapat memainkan peran penting, karena layanan hosting yang cepat dapat mempercepat waktu pemuatan halaman. Selain itu, mengonfigurasi cache dan mengurangi jumlah permintaan HTTP dapat membantu mengoptimalkan kinerja website.

Meningkatkan kecepatan website juga dapat dicapai dengan kompresi file dan penggunaan Content Delivery Network (CDN) untuk mendistribusikan konten secara geografis lebih efisien. Pemeliharaan teratur, termasuk memperbarui tema dan plugin, serta menghapus elemen yang tidak perlu atau usang, juga membantu mempertahankan kecepatan website.

Dengan memprioritaskan kecepatan website, situs dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, memperoleh peringkat lebih baik di mesin pencari, dan pada akhirnya, menarik lebih banyak trafik organik. Kecepatan website bukan hanya faktor teknis, tetapi juga kunci untuk memastikan bahwa pengunjung dapat dengan mudah dan dengan senang hati berinteraksi dengan konten yang disajikan.

Setelah kamu membaca artikel di atas, kamu akan lebih paham mengapa optimasi SEO menjadi hal penting dalam meningkatkan penjualan. Mau websitemu memiliki trafik bulanan 10 Ribu? Yuk, segera hubungi kami.

Prev
Next
Drag
Map