fbpx

Ketahui Strategi Marketing Communication dan Jenisnya

Ketahui Strategi Marketing Communication dan Jenisnya

Marketing communication bukan lah istilah asing yang baru muncul akhir-akhir ini. Sebaliknya, istilah marketing communication atau komunikasi pemasaran justru santer terdengar, terutama di ruang-ruang perputaran ekonomi.

Umumnya marketing communication dikenal sebagai strategi pemasaran melalui berbagai media untuk mencapai target tertentu. Namun, makna marketing communication sebenarnya tidak sesederhana yang dipahami awam.

Tugas pihak-pihak yang berkecimpung di dalamnya pun cukup kompleks. Kompleksitas marketing communication menjadi aspek penting pada perusahan yang selalu diupayakan.

Lantas, apa itu marketing communication? Bagaimana strategi komunikasi pasar untuk memenangkan pasar? Serta apa saja jenis-jenisnya? Yuk, kenali seluk beluk komunikasi pemasaran melalui artikel ini agar bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Pengertian Marketing Communication

Mengutip pernyataan dari salah satu perusahaan konsultan asal Kanada, MaRS, upaya perusahaan untuk berkomunikasi dengan pasar melalui media disebut dapat dikategorikan sebagai marketing communication. Pengertian ini senada dengan pendapat Philip dan Kevin Lane.

Menurut Philip dan Kevin Lane, marketing communication adalah upaya perusahaan dalam memberi informasi, membujuk, dan mengingatkan konsumen tentang produk ataupun merek perusahaan. Upaya tersebut direalisasikan secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai sarana.

Konsep terpenting marketing communication merujuk pada cara pemasaran untuk mencapai target atau segmen pasar. Pemasaran yang dikemas secara menarik berimbas pada ketertarikan konsumen untuk membeli produk. Bahkan, kesuksesan komunikasi dalam pemasaran mampu membentuk loyalitas konsumen untuk membeli produk perusahaan secara berulang.

Ada kemungkinan konsep marketing communication gagal menarik konsumen. Kegagalan ini biasanya dipicu oleh ketidaksesuaian metode pemasaran yang digunakan. Oleh karena itu, penting untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat. 

Penerapan marketing communication sejalan dengan implementasi strategi pemasaran dalam kurun waktu yang lama. Strategi ini lah yang membedakan marketing communication dengan konsep pemasaran lainnya. Sederhananya, hasil dari marketing communication akan tampak dalam jangka panjang.

Agenda marketing communication berperan penting dalam mendorong peningkatan brand awareness. Bagi perusahaan baru maupun lama, kepekaan atau kesadaran masyarakat terhadap brand penting untuk dihimpun. Brand yang dikenal punya peluang lebih besar untuk laku di pasaran.

Latar belakang masyarakat yang berbeda-beda memunculkan perbedaan persepsi. Tak jarang, masyarakat salah paham terhadap produk atau layanan perusahaan. Keberadaan marketing communication dimaksudkan untuk mengubah persepsi masyarakat agar memiliki pandangan yang sama dan benar terhadap produk atau layanan perusahaan.

Peran komunikasi pemasaran merambah pula pada ranah memotivasi pembeli untuk loyal sehingga mau melakukan pembelian berulang-ulang. Caranya melalui penerbitan iklan-iklan persuasif yang menonjolkan keunggulan produk dibanding produk pesaing.

Bacaan lainnya Pentingnya Content Marketing dan 5 Contoh Terbaiknya untuk Bisnis

Strategi Marketing Communication

marketing communication
Strategi marketing communication terkait erat dengan pemanfaatan media

Keberhasilan komunikasi pemasaran didukung oleh strategi komunikasi pemasaran. Maksimalisasi hasilnya dapat ditempuh dengan cara menyesuaikan penerapan strategi dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, seperti meningkatkan jumlah pelanggan. Laman Small Business Chron, setidaknya ada lima strategi marketing communication yang dapat dicoba, yaitu:

Cari Tahu Target Pasar

Target pasar dapat diketahui melalui penelitian dan identifikasi segmen pasar. Mengenali target pasar merupakan langkah awal penerapan komunikasi pemasaran. Berdasarkan tips dari Philip dan Gary Amstrong, target pasar harus dicari tahu latar belakang demografis, geografis, psikografis, dan sosiokultural.

Unique Selling Point (USP)

Kesuksesan penerapan komunikasi pemasaran dipengaruhi pula oleh Unique Selling Point sehingga perlu menentukan USP produk. Penentuan USP dilakukan untuk meyakinkan target pasar bahwa produk perusahaan jauh berbeda dengan produk kompetitor, bahkan lebih baik.

USP dapat ditentukan setelah riset kompetitor dijalankan. Selain itu, produk yang ditawarkan oleh perusahaan sebaiknya mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Dampaknya, pelanggan tertarik menggunakan produk perusahaan dan perusahaan selangkah lebih maju dari kompetitor.

Konsistensi Branding

Komunikasi pemasaran harus menjamin konsistensi pesan yang disampaikan kepada masyarakat. Penyampaian pesan yang selaras dan konsisten akan lebih diingat oleh masyarakat sehingga citra brand semakin dikenal.

Menyesuaikan Bahasa dan Gaya Komunikasi

Bahasa dan gaya komunikasi dalam marketing communication dapat disesuaikan berdasarkan target pasar. Sebagai contoh, target pasar dengan usia 40 tahun ke atas dapat diberi pesan yang lugas tanpa jargon dan gimmick berlebihan.

Tentukan Saluran Marketing Terbaik

Saluran marketing diartikan pula sebagai media yang dipakai untuk publikasi. Ketersediaan saluran pemasaran yang melimpah perlu dipilah agar penyampaian pesan dapat optimal. Contohnya, media sosial cocok digunakan untuk generasi milenial.

Strategi komunikasi pemasaran bisa pula dilakukan melalui uji coba gratis. Teknik membujuk melalui uji coba bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap produk. Ada banyak perusahaan yang memfasilitasi uji coba produk, seperti Spotify yang menyediakan uji coba gratis streaming musik selama 3 bulan bagi pengguna baru.

Bacaan lainnya Memahami Marketing Management, Proses, dan 6 Contohnya dalam Bisnis

Jenis Marketing Communication

Pendapat Terence A Shimp yang tertulis pada buku Advertising, Promotion, and Supplemental Aspect of Integrated Marketing Communication mengemukakan bahwa ada 6 jenis komunikasi pemasaran. Keenam jenis tersebut memiliki cara yang berbeda satu sama lain.

Personal Selling

Personal Selling adalah komunikasi pemasaran yang terjadi antara penjual dan pembeli. Penjual sebagai agen komunikasi pemasaranmenginformasikan sekaligus membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Advertising

Advertising atau iklan disebut sebagai komunikasi pemasaran yang efektif untuk membentuk citra produk dalam jangka panjang. Selain itu, mempromosikan produk melalui iklan juga dinilai efektif karena bisa diletakkan di media apapun.

Sales Promotion

Komunikasi pemasaran jenis ini merujuk pada seluruh kegiatan komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk merangsang terjadinya pembelian produk atau penggunaan jasa secara cepat. Berbeda dengan iklan yang menonjolkan keunggulan produk, Sales Promotion justru menawarkan insentif untuk setiap pembelian produk.

Sponsorship Partner

Sponsorship Partner merupakan jenis komunikasi pemasaran yang berasosiasi dengan event atau acara tertentu. Misalnya, Aqua sebagai melibatkan diri dalam Kejuaraan Nasional sehingga produk maupun media yang terafiliasi dengan Aqua di dalam acara tersebut.

Publicity

Publicity mirip dengan iklan yang memanfaatkan media massa, tetapi perusahaan tidak mengeluarkan biaya dalam komunikasi pemasaran. Hal ini disebabkan oleh publisitas sering kali dilakukan melalui penulisan ulasan, komentar, atau berita atas produk perusahaan. Publisitas berkaitan erat dengan hubungan masyarakat sehingga perusahaan dapat merasakan manfaatnya tanpa mengeluarkan biaya.

Point of Purchase Communication

Marketing communication bisa pula terjadi di tempat pembelian. Jenis komunikasi pemasaran ini biasanya memanfaatkan alat peraga, poster, display produk, dan lainnya untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Sebagai contoh, display produk di rak yang tepat dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Penting untuk diingat bahwa ketepatan penerapan komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap perusahaan. Oleh karena itu, marketing communication menjadi aspek untuk perusahaan.

Bacaan lainnya Anti Boncos! 4 Jenis Email Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pelajari layanan digital yang mendukung komunikasi pemasaran yang efektif dengan mengunjungi laman Apookat.

Prev
Next
Drag
Map