fbpx

5 Kesalahan Dalam Membuat Website Bisnis yang Harus Dihindari

  • Home
  • Artikel
  • 5 Kesalahan Dalam Membuat Website Bisnis yang Harus Dihindari

5 Kesalahan Dalam Membuat Website Bisnis yang Harus Dihindari

Membuat Website untuk Bisnis – Website merupakan sebuah identitas dari produk atau bisnis kamu, sebuah website untuk bisnis dapat menjadi ujung tombak perusahaan dalam memperkenalkan bisnis ke publik. 

Memperhatikan proses pembuatan sebuah website untuk bisnis merupakan hal yang sangat penting, terlebih kamu akan lebih bisa memaksimalkan fitur yang ada pada website kamu. Sayang sekali bahkan, ketika sebuah website dibuat tapi tidak berdampak apa- apa kepada bisnis. 

Maka dari itu, sebelum membuat website untuk bisnis pastikan kamu memperhatikan beberapa aspek ini agar website kamu semakin maksimal. 

Tampilan di Website untuk Bisnis Kurang Nyaman

Sebuah tampilan pada website merupakan hal yang paling dasar dalam membuat sebuah website, sebuah halaman website yang nyaman memiliki kemungkinan para pengunjung untuk berlama-lama dan menemukan dengan mudah apa yang mereka cari. 

Tampilan website untuk bisnis yang user friendly akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk para pengunjung, tetapi kamu sebagai pemilik bisnis. 

Pastikan bahwa website yang kamu buat “mobile friendly”, jika biasanya website itu hanya diakses di desktop, sepertinya tren kali ini sudah mulai berubah. 

Orang-orang kini mulai menggunakan mobile dalam mengakses website, bisa melalui smartphone atau tablet. Maka dari itu pastikan bahwa performa website kamu tidak hanya bagus di dekstop saja. Pastikan website dari versi mobile kamu pun punya performa yang tinggi. 

Performa tinggi ini mempengaruhi kecepatan akses, kecepatan menampilkan gambar hingga kecepatan respon pada tombol seperti pembelian, kontak sekarang juga dan sebagainya. 

Jika berbincang tentang bagaimana sebuah website menarik, maka salah satunya adalah mengenai tipografi. 

Tipografi merupakan salah satu hal yang penting dalam desain, karena dari sebuah font kita tidak hanya tentang bagaimana para user nyaman membaca di website kita, lebih dari itu. Font yang sesuai dengan karakter website kamu atau karakter bisnis kamu menjadi sebuah hal yang secara tidak sadar dapat menggambarkan website atau bisnis kamu seperti apa. 

Lebih tepatnya adalah brand identity dapat dipengaruhi dari pemilihan font yang ada pada website. 

Jika merujuk komponen font, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam tipografi, seperti jenis dan konsistensi font, panjang teks, ukuran font, alignment dan keterbacaan teks. Maka pastikan kamu bisa menyesuaikan font apa yang cocok untuk website bisnis kamu. 

Selain itu, warna pun menjadi salah satu komponen penting dalam website yang sangat nyaman, pastikan sesuai dengan brand kamu dan tidak memilih warna yang membuat pegal di mata ketika berlama – lama berada di website. 

Artikel Seputar Brand : Apa itu Brand Connection ?

Navigasi Website yang Tidak User-friendly 

Bayangkan saat ini kamu sedang berada di sebuah “Mall besar”, dan kamu pertama kali mengunjungi tempat tersebut. Kamu mendapatkan informasi bahwa produk yang kamu cari hanya ada di Mall itu. 

Ketika masuk pintu utama, apa yang kamu lakukan ? 

Pastinya kamu akan mencari informasi navigasi bukan, seperti jenis outlet, lantai outlet, arah menuju ke outlet, dan sebagainya. Semuanya butuh yang namanya navigasi, atau arah yang jelas dibaca oleh pengunjung. 

Jadi bisa dibayangkan jika mereka masuk ke mall tersebut tapi tidak menemukan apa yang mereka cari, kalaupun ada mereka bingung bagaimana menuju kesana. 

Maka dari itu, pastikan bahwa navigasi tidak hanya jelas tapi juga sangat user friendly. Sebuah website yang user friendly justru tergantungan jenis bisnis apa yang kamu jalankan. 

Navigasi yang mudah, maka mudah juga kamu melakukan CTA (call to action) yang kamu inginkan dilakukan oleh pengunjung. CTA ini dapat disesuaikan dengan apa yang kamu inginkan, seperti download sekarang, berlangganan sekarang juga, masukan ke keranjang dan lainnya. 

Misal ketika kamu memiliki website marketplace pastinya kamu akan lebih mengarahkan mereka ke pembelian produk, bagaimana memesan dan melakukan check out produk yang kamu jual. Namun jika website kamu berupa media informasi, maka pastinya kamu membuat para pengunjung dalam mencari informasi, seperti berita terbaru, dan berita lainnya. 

Kenali pengunjung website kamu, maka kamu akan menemukan formula yang cocok untuk navigasi lebih mengasyikan di dalam website, dan pastinya CTA mu akan tercapai. 

website untuk bisnis
Ilustrasi Rancangan Website untuk Bisnis

Melupakan Halaman Penting dalam Website untuk Bisnis

Hal yang perlu kamu ingat dalam membuat website untuk bisnis adalah bisnis apa yang kamu jalankan. Membuat sebuah website yang berorientasi pada bisnis. Waktu yang singkat jadi salah satu alasan mengapa kamu harus membantu website ini selain mudah secara navigasi, tapi juga memudahkan mereka melakukan transaksi. 

Maka dari keseluruhan bagian atau halaman website, pastikan halaman mu efisien. Selain akan mempengaruhi performa kecepatan mengakses, dengan fokus dengan halaman penting maka para pengunjung akan cepat melakukan CTA yang kamu inginkan. 

Saking banyaknya sebuah halaman, kamu sampai lupa website kamu ditujukan untuk apa. Pastikan semuanya sesuai dengan porsinya ya. 

Salah satu tips dalam penggunaan halaman pada website adalah ingat komposisi 80/20. Komposisi 80/20 berarti 80 persen traffic dalam website-mu akan didorong oleh 20 persen informasi yang kamu sediakan dalam website. Pada dasarnya, kamu perlu menentukan kemana 80 persen traffic-mu akan pergi dan highlight lah halaman-halaman tersebut.

Mengabaikan SEO

SEO (Search Engine Optimization) Merupakan sebuah cara untuk membantu website kamu masuk ke laman pencarian dan berada di halaman paling utama dari mesin pencarian. 

Dengan menggunakan SEO, selain website kamu berada di peringkat pertama, mesin pencarian pun akan membantu para calon pengunjung untuk merekomendasikan apa yang mereka cari dengan optimal dan sesuai dengan apa yang mereka cari. 

Jadi bisa dibayangkan, popularitas website kamu di mesin pencarian selalu muncul. Inilah yang akan membantu dalam trafik pengunjung website kamu, namun lebih dari itu dengan navigasi yang jelas dan CTA yang baik, hal ini akan lebih cepat dalam trafik pada sales. 

Maka kamu perlu lakukan optimalisasi website kamu, baik itu dengan metode SEO On Page atau SEO Off Page. 

Artikel Lainnya : Teknik SEO untuk mengalahkan Kompetitor

Konten Kurang Berkualitas dan Tidak Fokus terhadap Pengguna

Algoritma mesin pencari kini semakin merujuk pada user, apa maksudnya ? Hal ini bermaksud bahwa apa yang kita tulis atau konten akan sangat terfokus pada pola kebiasaan manusia, jadi tidak hanya mengejar bagaimana website berada di rangking pertama saja, tetapi apakah website kita memang relevan dan juga memang sesuai dengan bisnis kita. 

Maka beberapa konten yang hanya mengandalkan “keyword” tanpa melihat esensi tulisan terkadang sulit untuk terindex oleh mesin pencarian, atau bahkan bisa saja konten kita di takedown karena dianggap tidak alami. 

Maka konten yang dibuat pastikan memang relevan dengan bisnis kamu, dan tentunya fokus pada pengguna. Karena bagaiamanapun kamu saat ini sedang membangun website untuk bisnis.

Buat konten yang alami dan fokus apa yang pengguna butuhkan, baru setelah itu arahkan mereka dengan CTA. 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang kesalahan yang harus kita hindari sebelum membuat website bisnis, pastikan kamu sudah mengetahui website untuk bisnis yang seperti apa yang cocok dengan bisnis kamu. Setelah itu pastikan kamu pun memaksimalkan hal itu agar bisnis kamu semakin bertumbuh. 

Mau tanya – tanya tentang website untuk bisnis kamu agar lebih optimal ? silakan klik link ini.

Prev
Next
Drag
Map