fbpx

Membuat Konten Instagram dengan PowerPoint

membuat konten instagram dengan powepoint

Membuat Konten Instagram dengan PowerPoint

Siapa bilang membuat konten instagram itu hanya bisa dibuat pada aplikasi yang berat dan menghabiskan ruang penyimpanan pada komputer atau laptop kamu, seperti adobe photoshop, corell draw, atau illustrator.

Ternyata kamu pun bisa menggunakan fitur dari aplikasi ini, bisa saja aplikasi PowerPoint sudah tidak asing bagi setiap orang, selain karena sering di pakai, aplikasi ini pasti ada di setiap komputer atau laptop ini. 

Namun apakah PowerPoint ini hanya bisa digunakan untuk membuat presentasi saja? 

Sebelum dijawab, kita cari tahu dahulu apa sebetulnya PowerPoint.

Apa itu Microsoft PowerPoint ? 

Menurut Microsoft sendiri, mereka menyampaikan bahwa Microsoft Power Point atau Microsoft Office Power Point merupakan sebuah program komputer untuk presentasi yang di kembangkan oleh Microsoft yang terdapat pada paket aplikasi kantor yang mereka luncurkan seperti Microsoft Excel, Access, Word dan lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan pada OS Windows atau Mac, semuanya berjalan dengan baik. 

Namun seiring dengan upgrade yang dilakukan oleh tim microsoft, kini power point bisa dimaksimalkan seperti aplikasi pengolah gambar seperti corel atau illustrator.

Apakah PowerPoint cocok untuk membuat konten Instagram ? 

Secara garis besar bahwa PowerPoint memang dipersiapkan untuk membuat presentasi, namun seiring dengan waktu dan juga aplikasi ini terus di kembangkan, jadi aplikasi ini sangat cukup untuk mengolah gambar, bahkan video. Tapi sayangnya jika kamu menggunakan PowerPoint di bawah tahun 2010 ada beberapa teknik yang tidak bisa kamu lakukan, namun semuanya tetap bisa kamu maksimalkan kok. Mungkin saya sarankan untuk upgrade ke 365 jika Microsoft Office mu belum versi yang terbaru. 

Walaupun begitu, fitur lengkap yang ada pada PowerPoint 2010 – 2019 dirasa sangat cukup memadai buat kamu yang ingin membuat konten instagram, dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan penggunaan ruang yang tidak cukup besar serta tidak perlu koneksi internet agar aplikasi ini berjalan menjadi pilihan mengapa PowerPoint sangat cocok dinobatkan sebagai aplikasi pengolah gambar yang compact untuk digunakan. Karena saya sebelum artikel ini ditulis, aplikasi PowerPoint pasti sudah terinstal di pc kamu, jadi yuk kita coba berkesperimen. 

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membuat konten

Tentukan Ide Tema dari Konten 

Mengapa ide atau tema ini sangat penting ? hal ini karena konten yang akan kamu buat harus sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau apa yang ingin brand (jika kamu memiliki brand) sampaikan, karena bagaimanapun hal ini akan menentukan dari ciri khas apa yang ingin kamu sampaikan kepada para calon pembeli, followers atau pengguna loyalmu. 

Biasanya hal yang pertama dilakukan adalah menentukan warna yang cocok dengan brand atau tema postingan, lalu tentukan style yang cocok dan apa saja yang dibutuhkan seperti foto, atau ornamen lain yang membantu visualmu terbangun. 

Membuat sketsa jika perlu 

Tidak ada salahnya kok kamu mulai perlahan dengan membuat sketsa terlebih dahulu, kamu bisa membuat coretan di kertas untuk menentukan posisi yang enak baik itu posisi gambar dan tulisan. Tapi kalau memang sudah terbiasa, kamu pun bisa langsung eksekusi. 

Pastikan Aplikasi Officemu diatas 2010

Sebelum memulai pastikan aplikasi officemu diatas tahun 2010, karena ada beberapa fitur yang lebih mudah di temukan dan di eksplore. Jika belum, kamu bisa mencari beberapa referensi untuk mendapatkan powerpoint ini, bisa melalui web resmi dengan pembelian langsung, atau jika belum bisa maka gunakan fitur gratis pun tidak apa untuk sementara waktu.

Kumpulkan Bahan untuk di edit.

Setelah semua ide telah terbangun, maka cari beberapa aset yang bisa kamu gunakan untuk membantu visualmu terbangun.

Baca juga : Alasan Pentingnya Konten Pilar

Contoh konten dengan menggunakan Powerpoint

Nah berikut beberapa contoh konten untuk instagram yang menggunakan PowerPoint

Konten dengan PowePoint
Konten dengan PowePoint
Konten dengan PowePoint

Fitur Powerpoint yang bisa kamu gunakan

Tentukan ukuran dahulu atau postingan buat instagram

Biasanya ukuran pada PowerPoint itu memiliki rasio 4:3,maka kamu perlu menubah ukuran lembar kerja agarssuai dengan kebutuhan kontenmu. Konten yang biasa digunakan pada instagram adalah rasio 1:1, 4:5 atau 1.91:1.

Jika kontenmu untuk story kamu bisa sesuaikan dengan ukuran story dari masing-masing device.

Kali ini ukuran yang dipakai adalah dengan rasio 1:1 :

Untuk mengubah ukuran kamu perlu masuk ke menu Design> SlideSize lalu muncul jenela sepert ini lalu tekan OK.

Fitur Remove Background

Fitur ini mungkin sering sekali di butuhkan, di PowerPoint pun memiliki remove background sendiri yang, fitur ini sangat membantu jika suatu saat internetmu terputus dan hanya menggunakan PowePoint.

Contoh konten diatas itu memanfaatkan remove background ini untuk membuat tulisan yang menumpuk agar terlihat lebih estetik.

Fitur Intershape pada PowerPoint

Salah satu teknik yang digunakakan dalam membuat konten ini adalah dengan menggunkan fitur intershape, yang kamu bisa memasukan foto yang lain diatas foto lainnya, atau bisa juga disebut sebagai teknik double layer.

Fitur gambar untuk membuat Infografis

Fitur yang sangat penting jika kamu membuat postingan dengan gambar animasi, maka kamu bisa menggunakan shape untuk membuat beberapa gambar di PowerPoint.

Export Data dari PowerPoint

Nah siapa bilang cuma bisa simpan data hanya jadi PPT atau PDF, kamu pun bisa menyimpan data ini dengan format .PNG atau .JPEG tergantung kebutuhan yang ingin kamu capai. Selain itu kamu pun bisa export menjadi Video juga loh.

Nah jadi itulah beberapa fitur pada Powerpoint yang bisa dimanfaatkan sebagai pengolah gambar untuk kebutuhan postingan di media sosial kamu berdasarkan dari pengalaman saya. Simak artikel lainnya mengenai media sosial, konten atau digital marketing.

Jika kamu mau silakan dowload link di bawah ini untuk mendapatkan fie tersebut.

Download Contoh Konten 

Prev
Next
Drag
Map