fbpx

Mau Punya 10.000 Followers dalam 3 Bulan? Yuk, Ikuti Tips Membangun Brand Awareness dari Saya

  • Home
  • Artikel
  • Branding
  • Mau Punya 10.000 Followers dalam 3 Bulan? Yuk, Ikuti Tips Membangun Brand Awareness dari Saya

Mau Punya 10.000 Followers dalam 3 Bulan? Yuk, Ikuti Tips Membangun Brand Awareness dari Saya

Salah satu indikator kesuksesan dalam membangun brand awareness adalah bertumbuhnya jumlah followers media sosial. Bagaimana tips membangun brand awareness agar bisa menarik followers hingga 10.000? 

Ternyata, tidak hanya sekadar membuat konten yang bagus, terdapat beberapa faktor lainnya yang menjadi kunci kesuksesan brand awareness. Dalam tulisan ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara agar mendapatkan 10.000 followers.

Apa itu Brand Awareness?

Menurut Investopedia, brand awareness adalah istilah untuk menunjukkan sejauh mana konsumen mengenali suatu produk berdasarkan namanya. Produk dari brand yang telah diketahui oleh konsumen menyangkut kualitas yang membedakan produk dari pesaingnya.

Pada umumnya, konsumen lebih menyadari brand-brand yang memiliki produk berkualitas. Oleh sebab itu, brand awareness bisa berhasil apabila memang produk yang dimiliki bermanfaat atau sesuai kebutuhan konsumen. 

Brand yang memiliki kualitas bagus akan memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Maka dari itu, penting bagi konsumen untuk mengingat brand tersebut di kepala mereka.

Langkah Optimasi SEO Instagram

Sebelum masuk ke tips dalam membangun brand awareness, kamu bisa mencoba melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO) Instagram terlebih dahulu.

Sebenarnya, optimasi SEO ini juga bisa menjadi salah satu tips. Namun, SEO ini diterapkan dengan tujuan agar brand atau akun kamu mudah muncul di pencarian Instagram.

Apabila akun kamu mudah ditemukan, artinya konsumen juga akan makin mengetahui atau menyadari tentang siapa kamu dan apa yang kamu lakukan.

Bagaimana langkah optimasi SEO Instagram?

Menentukan Username dan Foto Profil

Rapikanlah profil Instagram kamu. Ubahlah akun menjadi akun profesional atau bisnis. Hal ini bertujuan agar akun kamu mudah dikenali sebagai akun yang bergerak di bidang apa.

Selain itu, gunakanlah nama serta foto profil jelas yang mewakili bisnis kamu. Buatlah username yang mengandung kata kunci bisnis kamu. Contoh, bisnis makanan ringan. Usahakan agar ada kata-kata tersebut dalam profil Instagram kamu.

Mengisi Bio yang Jelas

Kemudian, kamu bisa mengisi bio yang jelas. Rumus mengisi bio adalah siapa kamu, apa yang kamu lakukan, dan tujuan kamu.

Hal ini membuat orang-orang langsung mengenali bisnis kamu. Apabila tertarik, kebanyakan akan melanjutkan untuk melihat konten-konten yang kamu buat.

Tips Membangun Brand Awareness agar Mendapatkan 10.000 Followers

Lalu, bagaimana tips membangun brand awareness agar bisa mendapatkan 10.000 followers? Berikut tips-tips yang bisa dilakukan.

Melakukan Riset Konten

Sebelum membuat konten, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset-riset yang dilakukan berupa bentuk konten seperti apa yang disukai oleh banyak orang.

Selain itu, isi konten seperti apa yang sedang dicari sekarang ini. Dengan melakukan riset, kamu bisa membuat konten tepat sasaran untuk mereka yang sedang membutuhkan bisnis kamu.

Membuat Konten yang Relate

Salah satu konten yang disukai oleh orang-orang adalah konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari mereka. Oleh sebab itu, kamu harus memahami permasalahan sehari-hari yang ada di sekitar masyarakat.

Kemudian, hubungkan dengan bisnis kamu. Identifikasilah bisnis kamu bergerak di bidang apa. Bagaimana manfaatnya untuk menunjang aktivitas sehari-hari? 

Membuat Konten yang sedang Trending

Selain konten yang relate, kamu bisa membuat konten dengan topik yang sedang trending. Sebab, saat itu, pencarian berputar tentang sesuatu yang viral tersebut.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan ini agar bisnis kamu mudah ditemukan. Namun, ingat agar tidak memaksakan memasukkan hal viral dalam konten kamu. Pikirkanlah bagaimana menghubungkan bisnis kamu dengan suatu yang viral tersebut.

Gunakan Hashtag setiap Memposting

Hashtag memudahkan pencarian konten dari sebuah kata kunci. Contoh, apabila ingin mencari tentang bisnis digital marketing, #digitalmarketing akan membantu pengguna Instagram untuk menemukan hal tersebut.

Tidak heran hashtag bermanfaat agar bisnis kamu mudah ditemukan oleh banyak orang. Ketika seseorang ingin mencari suatu hal, mereka tinggal mengetikkan hashtag yang diinginkan. Maka dari itu, saat membuat konten, masukkanlah hashtag di caption yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Membuat Call To Action yang Bagus

Saat membuat konten, tentunya kamu berharap seseorang melakukan tindakan. Entah itu hanya sekadar like, komentar, bahkan membagikannya kepada orang lain. Guna meningkatkan tindakan ini, kamu harus membuat Call To Action yang bagus.

Call To Action merupakan ajakan untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu. Sisipkanlah ajakan ini di akhir konten kamu. Misalkan, “Ayo, beli sekarang!” “Yuk, kepoin produknya dengan klik link di bio”, dan sebagainya.

Berkolaborasi dengan Bisnis atau Kreator lain

Terakhir, kamu bisa berkolaborasi dengan bisnis atau kreator lain. Dengan melakukan kolaborasi, jangkauan audiens kamu akan lebih luas. Lakukanlah kolaborasi dengan mereka yang memiliki niche mirip. 

Tujuannya agar target audiens yang akan datang ke kamu memang mereka yang membutuhkan bisnis kamu.

Itulah tips membangun brand awareness agar memiliki 10.000 followers dalam 3 bulan. Ingat selalu bahwa salah satu kunci kesuksesan hal ini adalah konsistensi. Buatlah konten secara konsisten agar bisa terus menjangkau banyak orang.

Prev
Next
Drag
Map