fbpx

Ketahui 5 Konsep Pemasaran, Contoh Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

  • Home
  • Artikel
  • Ketahui 5 Konsep Pemasaran, Contoh Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Ketahui 5 Konsep Pemasaran, Contoh Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Pengertian dan Konsep Pemasaran – Seiring dengan berkembangnya waktu, pola pemasaran kini semakin beragam dan beraneka rupa. Persaingan yang terbuka, menjadikan para pebisnis melakukan inovasi pemasaran. Salah satu cara untuk membangun sebuah modeling pemasaran yang efisien adalah dengan menyusun konsep pemasaran yang cocok untuk bisnis mereka. 

Dengan memahami konsep pemasaran, maka ketika kamu akan mengubah strategi konsep pemasaran kamu, maka kamu akan lebih mudah untuk mencari cara yang terbaik dan sangat cocok dengan kondisi usaha kamu. 

Namun apa itu konsep pemasaran ? apakah sangat penting dan berpengaruh pada penjualan produk maka berikut ini adalah pembahasan mengenai konsep pemasaran. 

Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah sebuah konsep untuk memaksimalkan keuntungan. Kamu bisa melakukan konsep pemasaran dengan mengacu pada tahapan, penuhi kebutuhan pelanggan, tingkatkan penjualan, dan kalahkan pesaing. Konsep pemasaran direkomendasikan untuk fokus pada pelanggan, dimana dari sanalah sebuah pola pemasaran akan terbentuk, seperti apa yang mereka butuhkan atas produk kamu dan sebagainya. 

Konsep ini sangat berbeda dengan pola pemasaran yang berfokus pada produk, kali ini dengan konsep pemasaran kamu akan lebih fokus pada pelanggan. Selain itu, konsep pemasaran  menggunakan data pemasaran untuk memetakan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Misalnya, materi promosi berbeda antara pelanggan yang ingin membeli produk murah dan pelanggan yang ingin membeli produk berkualitas tinggi. Semuanya sangat fokus pada pelanggan, dan ciptakan perbedaan. 

Hal yang Perlu Dipahami dalam Konsep Pemasaran

Pada dasarnya, sebuah bisnis ketika membangun pola pemasaran akan berdasarkan data yang telah mereka kumpulkan, hal ini akan membantu mereka dalam mengefisienkan strategi yang ingin mereka lakukan. namun sebelum itu terdapat pula hal yang perlu kita ketahui demu melaksanakan kegiatan marketing. 

Berikut adalah tiga hal penting yang perlu kamu persiapkan ketika menjalankan marketing.

Kebutuhan (needs). Sesuatu yang diperlukan untuk keberlangsungan kehidupan. Misal, makanan, tempat tinggal, pengembangan diri, dan keamanan. Konsep marketing yang paling cocok adalah konsep pemasaran, dan konsep pemasaran sosial.

Keinginan (wants). Sesuatu yang diinginkan dalam hidup manusia. Adapun konsep marketing yang cocok untuk memenuhi keinginan adalah konsep penjualan.

Tuntutan (demands). Saat keinginan dan kebutuhan didukung dengan kemampuan, maka akan muncul tuntutan. Konsep produk adalah konsep marketing yang dapat memenuhi tuntutan pelanggan.

Konsep dan Contoh Konsep Pemasaran

konsep pemasaran
Konsep Pemasaran

Konsep Produksi

Konsep produksi ini diterapkan pada beberapa bisnis yang fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen dari sisi produknya saja. Jadi para produsen hanya terfokus pada produk dan distribusi. Yang mana produsen akan fokus pada peningkatan kuantiti penjualan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. 

Konsep produksi ini pun dapat menyebabkan produk yang sangat banyak dipasaran, maka tidak aneh jika produk ini tidak terjadi kelangkaan di pasaran, malah sangat banyak dan murah. Maka salah satu langkah untuk memaksimalkan penjualan dengan menambah kuantitas penjualan. 

Kelebihan : 

Disukai Pembeli. Dengan cara produksi massal, maka akan menurunkan harga produksi (bahan baku + jasa) serta membuat produk lebih efisien. Maka produk akan lebih mudah ditemukan. 

Harga Kompetitif. Karena produksi yang sangat banyak maka, harga yang dijual di pasaran menjadi harga pasar yang wajar, maka hampir rata harganya tidak berbeda dengan produk yang lain yang serupa. 

Menarik Investor. Konsep yang sangat cepat dan sangat kompetitif, hal ini lah yang membuat para investor melirik produk dengan model bisnis seperti ini. 

Distribusi Mudah. Sebuah produk yang memiliki konsisten terhadap stok menjadi daya tarik yang kuat bagi distributor, terutama mereka yang berada di posisi pelosok. Hal ini akan sangat saling menguntungkan karena distribusi produk tidak akan putus karena stok.

Kekurangan : 

Kualitas rendah. Dikarenakan proses produksi yang cepat dan mengutamakan kuantitas, terkadang sisi kualitas sering dilupakan. Namun, para pembeli harus lebih teliti terhadap produk yang dijual. 

Tidak fokus pada kebutuhan pelanggan. Dalam penerapan konsep produk, kebutuhan dan keinginan pembeli tidak dijadikan yang utama.

Tidak mengikuti kondisi pasar. KArena kondisi yang cenderung aman, pola ini perlahan semakin lemah, karena pada kompetitor telah menggunakan strategi yang lebih efisien dan mengikuti kondisi pasar. 

Contohnya : 

Salah produsen UMKM terbesar di dunia adalah negara China, maka tidak heran mayoritas produknya adalah fokus pada kuantiti. 

Banyak produk yang diproduksi oleh mereka, seperti kancing, resleting, atau bahkan part elektronik pada handphone. 

Harga yang kompetitif di pasaran, membuat para pembeli menyukai produk ini.

Konsep Produk

konsep pemasaran produk
Konsep Pemasaran Produk

Konsep produk adalah konsep yang fokus pada pelanggan yangsan menyukai kualitas, fitur dan sangat berguna untuk mereka. Konsep ini sangat penting karena kamu harus fokus pada apa yang pembeli inginkan. Hal ini lah yang mendorong untuk fokus pada peningkatan kualitas dan fitur sebagai pola marketing produk tersebut. 

Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran produk akan lebih kuat membuat identitas dari produk tersebut, hal ini  yang akan membuat pada pembeli merasakan manfaat dari produk tersebut. 

Kelebihan : 

Fokus pada kualitas. Salah satu ciri yang paling kuat tentu saja adalah fokus pada kualitas. Sangat mengutamakan kualitas pada produk akan benar-benar memuaskan kebutuhan dan harapan ara pembeli. 

Meningkatkan brand knowledge para pembeli. Rasa ingin tahu para pembeli terhadap produk yang fokus pada kualitas akan menjadi sebuah daya tarik untuk membeli produk tersebut, ditambah fitur-fitur ini ekslusif dan sangat memenuhi ekspektasi pembeli.

Margin yang tinggi. Meskipun perusahaan ini menghasilkan produk dengan harga yang tinggi, namun para pembeli tetap akan memutuskan membeli produk ini. Karena kualitas produk yang sebanding ditambah dengan value yang lain yang hanya pada produk tersebut, menjadikan harga yang menjadi hal yang wajar bagi pembeli. 

Kekurangan : 

Kurang cocok untuk low segment. Karena harganya yang cukup relatif mahal dan kualitas yang cukup baik, tapi kenyataanya masih banyak pembeli yang mencari dengan harga yang murah. Hal ini karena mereka lebih fokus pada harga dibanding kualitas. 

Fitur tidak praktis. Setiap perusahaan kini terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang sangat disukai oleh pelanggan. Namun beberapa perusahaan malah tidak melakukan itu, yang akhirnya mengesampingkan apa yang pembeli inginkan. 

Menghindari kepentingan pelanggan. Seperti pada poin selanjutnya, bahwa perusahaan dengan modeling seperti ini, mereka benar -benar tidak memperhatikan apa yang pembeli inginkan.

Contoh : 

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sangat fokus pada pemenuhan kualitas produk.

Baca Artikel Lainnya : 10 Solusi untuk UMKM untuk Berkembang

Konsep Penjualan 

Konsep penjualan ini mungkin sedang trend saat ini, konsep ini dimana para pembeli tidak akan membeli produk kamu, kecuali kamu melakukan penjualan dengan promosi dengan skala besar. Hal tersebut akan membuat para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan promosi tanpa henti. 

Konsep penjualan ini biasanya diterapkan pada perusahaan yang memiliki kekuatan untuk melakukan promosi terus menerus, seperti e-commerce atau rokok.

Penggunaan konsep ini akan mengakibatkan pemasaran yang lebih cepat namun tidak terfokus pada kebutuhan para pembeli, yang terpenting adalah menjual dengan sebanyak banyak-nya dan cepat.

Kelebihan : 

Penjualan meningkat. Konsep penjualan membantu dalam meningkatkan volume penjualan dari produk kamu, hal itulah yang menjadikan kondisi pasaran menjadi lebih kompetitif. 

Fokus pada pemasaran. Peran bisnis adalah melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan yang bersamaan, yang mana hal inilah yang akan mengubah pola pikir pembeli untuk melakukan pembelian produk walaupun tidak mereka butuhkan. 

Tidak Masalah dengan stok. Menyambung rari poin sebelumnya bahwa pola ini tidak terfokus pada apa yang pembeli butuhkan, amak bukan sebuah masalah ketika banyak stok yang ada di gudang atau tidak terjual. 

Strategi jangka pendek. Konsep penjualan yang berfokus pada strategi jangka pendek ini lah yang akan membuat stok yang masih ada dapat terjual dengan cepat. 

Contoh : 

Beberapa marketplace kali ini menggunakan hal ini, seperti promo 12.12 atau harbolnas dan sebagainya, yang mana mereka menggunakan iklan yang besar-besaran untuk menarik pelanggan. 

Hingga pada akhirnya orang akan membeli produk dengan banyak sekali fitur yang ditawarkan mulai dari potongan harga hingga gratis ongkos kirim. 

Konsep Pemasaran

Konsep ini merupakan penerapan dari konsep yang fokus pada pembeli. Sebuah perusahaan akan menempatkan pembeli pada proses pemasaran yang dilakukan. Yang mana, kamu perlu membangun strategi ini agar pembeli memilih produk kamu untuk dimiliki. 

Cara yang biasa diterapkan dalam konsep pemasaran diantaranya  seperti content marketing, advertising, influencer marketing dan sebagainya. Bahkan tidak menjadi masalah ketika harus mengkolaborasikan cara tersebut dengan beberapa cara pemasaran yang tadi disebutkan. 

Karena produk ini sangat segmented dan fokus pada kebutuhan pembeli, maka mereka akan membangun iklan atau pemasaran sesuai dengan target atau segmentasi pasar mereka saja. 

Kelebihan : 

Promosi tertarget. Saking spesifikasinya target, maka kamu tidak harus pusing lagi mengolah data yang diperlukan sebagai target market kamu sendiri. hal ini tentu akan lebih efisien dan mengurang budget promosi. 

Lebih memahami pembeli. Konsep pemasaran ini salah satunya adalah untuk memahami pelanggan. Maka riset pasar menjadi ujung tombak dari model ini, apa yang pembeli inginkan. 

Membantu branding bisnis. Konsep pemasaran yang diterapkan ini tidak hanya melakukan promosi saja, melainkan mereka pun akan fokus pada brand connection antara pembeli dan penjual, hal ini untuk meningkatkan relasi pembeli dan loyalitas pembeli terhadap produk kamu. 

Kekurangan:

Biaya pemasaran. Umumnya biaya pemasaran yang diperlukan perusahaan memang cukup besar, hal ini disebabkan pemanfaat chanel yang cukup banyak agar audiens dapat terjangkau dan merasa dekat dengan brand. Misalnya budget untuk SEO, SEM, Ads dan Media Sosial. 

Perlu waktu. Karena pola ini fokus pelanggan dan membangun brand positioning bagi pelanggan maka waktunya pun tidak sebentar, perlu waktu yang cukup lama untuk menjadi produk yang nomor satu di benak pembeli. 

Contohnya :

Seperti produk coca-cola, yang sampai saat ini masih bertahan dengan produknya. Pola yang mereka lakukan masih menggunakan pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Namun bukan waktu yang sebentar hingga akhirnya coca-cola bisa menjuarai sebagai brand top of mind sampai dengan saat ini. 

Konsep Pemasaran Sosial

Konsep Pemasran Sosial
Konsep Pemasaran Sosial

Konsep ini mungkin tidak asing di era saat ini, yang mana perusahaan akan membantu meningkatkan kesejahteraan orang lain diluar pegawai dari perusahaan tersebut. 

Konsep pemasaran sosial ini menempatkan keseimbangan alam dan kesejahteraan manusia diatas keuntungan jangka pendek. Perusahaan ini akan lebih fokus pada keuntungan jangka panjang. 

Caranya adalah dengan memastikan bahwa produk yang dijual memang sangat membantu terutama menambah pemasukan bagi masyarakat. Maka dari itu konsep ini sangat mengedepankan peran dan tanggung jawab dalam berbagai aktivitas sosial dan kemanusain. 

Kelebihan:

Branding. Membantu perusahaan membangun branding perusahaan lewat produk. 

Loyalitas pembeli. Keamanan produk yang ditawarkan pada produk meningkatkan loyalitas pembeli. Serta visi yang mereka tawarkan untuk kesejahteraan sosial pun menjadi peran yang kuat dalam meningkatkan bisnis. 

Kekurangan: 

Segmentasi Spesifik. Karena bersifat sosial maka pemasaran nya pun semakin kecil, karena para pembeli akan membeli produk hanya karena isu sosial yang mereka gerakan, biasanya harganya pun cenderung mahal, namun harga mahal itu memang digunakan untuk membantu sesama. 

Contohnya : 

Beberapa perusahaan kosmetik saat ini telah melakukan hal itu, peran kosmetik pada perempuan menjadi yang utama, itlah pola ini biasanya diterapkan pada segmentasi yang sempit dan pada orang yang memiliki rasa untuk bisa saling membantu sesama. 

Jadi sudah tahu kan beberapa konsep pemasaran ? semoga kamu bisa semakin bersemangat untuk membangun bisnis kamu sendiri. 

Konsultasi Gratis ! Meningkatkan penjualan melalui digital platform. Silahkan klik link ini.

Prev
Next
Drag
Map