fbpx

Kekurangan dan Kelebihan WhatsApp Business untuk Usaha

  • Home
  • Artikel
  • Kekurangan dan Kelebihan WhatsApp Business untuk Usaha

Kekurangan dan Kelebihan WhatsApp Business untuk Usaha

WhatsApp Business – Pada era saat ini, kecepatan sebuah informasi menjadi hal yang paling utama dalam masyarakat, hal ini pun lah yang menjadikan beberapa media sosial tempat untuk berbagi informasi atau sekadar menyapa orang lain yang jauh disana. 

Menurut dari dari We Are Social, menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat di Indonesia menghabiskan rata-rata lebih dari 20 jam / hari untuk berinternetan.  Salah satu yang paling tinggi adalah penggunaan dari aplikasi chat, yaitu WhatsApp 88% penduduk di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat. 

Penggunaan WhatsApp yang sangat lumrah ini lah yang dimanfaatkan oleh beberapa orang dalam menjalankan bisnis, maka WhatsApp meluncurkan WhatsApp yang khusu untuk Bisnis, dengan nama WhatsApp Business. Lalu apa perbedaan nya dengan WhatsApp pada umumnya ? Simak artikel ini secara lengkap ya. 

Apa itu WhatsApp Business ?

Apa itu WhatsApp dan WhatsApp Business
Apa itu WhatsApp dan WhatsApp Business

Mungkin kita sudah mengenal WhatsApp terlebih dahulu, karena memang banyak digunakan untuk akun personal.

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi layanan chat yang mengedepankan efisiensi dari penggunaan aplikasi tersebut, maka tidak heran bahwa aplikasi ini menjadi juara di Indonesia sebagai pengguna terbanyak. 

Namun ada salah satu Aplikasi gratis dari WhatsApp yang khusus untuk sebuah bisnis dengan nama WhatsApp Business. 

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, “WhatsApp Business adalah aplikasi yang gratis untuk diunduh yang tersedia pada Android dan iPhone, dan didesain untuk pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat.”

Aplikasi WhatsApp Business dibuat sama dengan WhatsApp Messenger pada umumnya, kamu bisa mengirimkan foto, file, lokasi seperti pada umumnya. Namun khusus untuk pengguna WhatsApp Business, mereka memberikan fitur tambahan untuk menunjang bisnis kamu, diantaranya seperti; 

Profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting mengenai bisnis, seperti alamat, email, dan situs web.

Label untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.

Fitur perpesanan untuk merespons pelanggan dengan cepat.

Walaupun masih sebatas itu, mungkin saja fitur ini akan bertambah lagi. Karena untuk saat ini saja beberapa aplikasi yang berada di Meta seperti Facebook dan Instagram mulai terintegrasi, maka tidak menutup kemungkinan fitur ini akan terus di kembangkan oleh Meta.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp

Mungkin belum banyak yang tahu apa perbedaan yang ada pada WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business, ada beberapa hal yang paling mencolok dari fitur yang ada pada masing – masing aplikasi, berikut fitur tersebut ditampilkan pada tebel dibawah ini : 

FiturWhatsApp MessengerWhatsApp Business
Logo
ProfilProfil menampilkan Foto, nama, dan deskripsi. Profil menampilkan foto,nama, deskripsi, jenis usaha, profil bisnis, lokasi, dan katalog.
Chat LabelTidak AdaAda, fitur ini membuat tampilan chat lebih rapi karena kamu dapat mengelompokan chat berdasarkan apa yang kamu mau. 
Quick ReplyTidak AdaAda,
Greeting MessageTidak AdaAda, 
Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Business

Selain itu, fitur WhatsApp Business ini memiliki keunggulan dimana jika memang telah lulus verifikasi dari Meta maka WhatsApp kamu akan diberikan centang hijau sebagai tanda bahwa WhatsApp kamu memang verified. Namun hal ini hanya bisa kamu dapatkan di akun business saja. 

Manfaat WhatsApp Business

WhatsApp Business memang dibuat untuk kebutuhan bisnis, maka tidak heran beberapa fitur yang ada menang harus menunjang dari kebutuhan bisnis atau usaha. 

Maka manfaat yang ada pada WhatsApp Business ini diantaranya adalah 

Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan

Hal yang paling disukai oleh pelanggan adalah hadirnya kita sebagai admin yang responsif, menjawab setiap pertanyaan dan keluhan mereka secara cepat. Maka dengan menggunakan WhatsApp Business, hal itu bisa ditangani. Mungkin hanya sebatas chat otomatis, tapi pastikan bahwa kita bisa merespon mereka dengan cepat. 

Selain itu, mereka pun tidak harus berpindah aplikasi lagi untuk melakukan chat, karena memang semua bisa terhubung baik itu WhatsApp messenger biasa dengan WhatsApp Business. 

Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Para pelanggan biasanya mencari informasi tentang bisnis terlebih dahulu sebelum menentukan transaksi. Dengan adanya WhatsApp Business segala informasi akan terlihat lebih jelas dan lengkap. Mulai dari profil sampai dengan katalog yang dijual. 

WhatsApp Business memberikan apa yang menjadi pelanggan inginkan, yaitu kepercayaan. Yuk mulai gunakan WhatsApp Business sekarang !

Meningkatkan Efisiensi

JIka tadi sedikit disinggung bahwa pelanggan pasti ingin admin lebih responsif, maka WhatsApp Business ini solusinya. Fitur-fitur yang ada pada WhatsApp Business sangat lengkap serta menunjang para admin bisnis atau admin perusahaan. Kamu bisa melihat fitur lengkapnya pada paparan kelebihan dari WhatsApp Business dibawah ini.

Baca Artikel Lainnya : Manfaatkan AIDA untuk Digital Marketing

Kekurangan dan Kelebihan WhatsApp Business 

Kekurangan 

Nomor Ponsel Permanen

Salah satu kebiasaan pengguna WhatsApp adalah dengan sering mengganti nomor, hal ini tentu sangat tidak direkomendasikan bagi pengguna WhatsApp Business, karena nomor itu akan permanen tidak bisa diubah. 

Maka siapkan nomor yang dikhususkan untuk bisnis, dan jangan lupa kamu daftarkan nomor tersebut pada setiap provider. Jangan sampai suatu saat nomor kamu terblokir atau digunakan oleh orang lain, pastikan kamu memiliki akses terhadap nomor kamu. 

Potensi Kebocoran Data Pribadi

Kebocoran data pasti saja ada, hal ini memang belum bisa dihindari tapi bisa kita antisipasi sebelum terjadi. Apalagi usaha kamu sudah terkenal, hingga banyak oknum yang memanfaatkan kepopuleran usaha kamu dan mengcopy data bisnis kamu dan menggunakan untuk kepentingan tidak bertanggung jawab. 

Maka, mulai benahi data dan lakukan verifikasi untuk mendapatkan akun centang hijau dari WhatsApp. 

Nomor yang Berbeda dengan WhatsApp Messenger

Terkadang kita sudah menggunakan nomor pada WhatsApp Messenger untuk berjualan, namun suatu waktu kamu mulai kewalahan dan ingin pindah ke WhatsApp Business. Apakah bisa dipindah ? bisa saja. Hanya di aplikasi WhatsApp Messenger kamu 

Kelebihan 

Profil Akun Bisnis

Profil bisnis ini menampilkan berbagai informasi tentang bisnis kamu, fitur ini tentu lebih lengkap jika dibandingkan dengan WhatsApp biasa, mau bisa mengisi mulai dari nama, deskripsi, kategori usaha, alamat, jam kerja, hingga email atau tautan singkat.

Verifikasi Akun

Salah satu kelebihan unggulan adalah adanya penggunaan autentikasi dua faktor yang membuat akun WhatsApp Business kamu lebih aman dan tidak mudah untuk diakses oleh siapapun. 

Ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, kamu memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Informasi tersebut akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimimu email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika lupa PIN dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun dari bisnis kamu. 

Nomor Telepon (Rumah/Kantor)

Pada WhatsApp Messenger, pengguna hanya dapat menggunakan serta menampilkan satu nomor ponsel. Namun pada WhatsApp Business, kamu dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor.

Katalog Produk

Dengan fitur katalog, kamu dapat dengan mudah memberikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Katalog tersebut akan ditampilkan pada profil bisnis. 

Menjadikan proses pemesanan lebih mudah dan memungkinkan pelanggan menggunakan fitur keranjang untuk menambahkan semua item yang diinginkan dalam satu pesanan.

Artikel Mungkin Membantu : Membuat Konten Jualan Modal HP

Pesan Pembuka (Greeting Message)

Greeting Message, yang memungkinkan kamu menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan kamu untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.

Pesan Tidak di Tempat (Away Message)

Away Message, fitur ini memungkinkan kamu membalas pesan dari konsumen secara otomatis, sehingga meski sibuk, kamu tetap bisa menjawab konsumen.

Balas Cepat (Quick Reply)

Quick Replies, dengan fitur ini, kamu dapat membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. 

Mudah saja, kamu cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis kamu. 

Saat ada pesan masuk, kamu cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat, sehingga dapat menghemat waktu.

Analisis Data Statistik & Interaksi Pelanggan

Fitur Statistik aplikasi WhatsApp Business membantu kamu memahami interaksi dan pengalaman pelanggan. Fitur ini menampilkan berapa banyak pesan yang dikirimkan, tersampaikan, dibaca, dan diterima.

Kelompok Pesan (Labels)

Kelompok pesan (labels) akan memudahkan kamu untuk mengelompokan berbagai kategori pelanggan. Mulai dari pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, telah membayar atau pesanan selesai. 

Integrasi Media Sosial (Instagram dan Facebook)

Jangkau lebih banyak pelanggan dengan integrasi media sosial. kamu dapat mentautkan akun WhatsApp Business dengan halaman Facebook atau Profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi.

Tautan Singkat (Short Link)

Gunakan fitur ini untuk membagikan tautan pendek kepada para pelanggan. Tautan pendek tersebut dapat mereka gunakan untuk memulai chat. 

Jika pelanggan membuka tautan pendek tersebut di Whatsapp yang terpasang pada perangkat, aplikasi akan langsung membuka chat antara pelanggan dan kamu.

Kode QR

Pelanggan kamu dapat memindai kode untuk memulai chat whatsapp. Kode QR WhatsApp mempermudah orang-orang untuk menemukan dan berkomunikasi dengan bisnis kamu. 

Pelanggan potensial maupun yang sudah ada dapat mengirimi Anda pesan di WhatsApp dengan memindai kode QR akun bisnis kamu.

Centang Hijau (Verified Account)

Siapa kira bahwa akun centang bisa hanya didapatkan di Instagram, pada akun WhatsApp punkamu bisa dapatkan centang, hanya saja tanda centang hijau ini hanya didapatkan oleh akun bisnis saja. 

Maka salah satu hal agar akun bisnis kamu lebih kredibel maka lakukan verifikasi akun agar bisa dapat centang hijau. 

Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau
Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau
Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau
Contoh Akun WhatsApp Centang Hijau

Mau tau cara dapatkan centang hijau pada WhatsApp bisnis kamu ? Silahkan klik link pada tautan ini. 

Penutup 

Fitur pada WhatsApp Business sangat berbeda dengan WhatsApp pada umumnya, hal ini tentu saja karena memang WhatsApp Business memang dipersiapkan untuk usaha atau perusahaan. 

Fitur lengkap yang akan membuat lebih nyaman dalam berinteraksi dengan para pelanggan menjadikan WhatsApp Business sebagai salah satu platform chat paling diminati di Indonesia. 

Fitur eksklusif centang hijau ini akan menandakan bahwa akun kamu telah diverifikasi oleh Meta sebagai pemilik akun yang asli. 

Sudah coba WhatsApp Business ?

Prev
Next
Drag
Map