fbpx

Internet : Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Bisnis

  • Home
  • Artikel
  • Internet : Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Bisnis
bagaiamana-internet-dapat-membantu-kamu-dalam-meningkatkan-bisnis

Internet : Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Bisnis

Istilah digital marketing sebetulnya sudah ada sejak kemunculan media pertama kali, dimana yang dimaksud dengan digital marketing adalah sebuat kegiatan marketing yang memanfaatkan platform digital, nah platform digital ini tentu saja bermacam – macam, seperti radio, tv, email, atau bahkan sekarang internet. Semakin berkembangnya media, maka perkembangan modelling pada marketing pun semakin pesat perubahannya seiring dengan berubahnya budaya masyarakat. 

Menurut laporan dara Reportal tercatat ada 4,95 miliar pengguna internet pada Januari 2022, jumlah tersebut tentu saja meningkat sebesar 4% dari 4,76 pada Januari 2021.

Jumlah Pengguna Internet di Dunia (2012 – 2022)
Sumber : DataReportal, 26 Januari 2022

Jika dilihat pada grafik diatas ini, setiap tahunnya pengguna internet di dunia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, apalagi pada kondisi pandemi ini, pandemi yang terjadi pada tahun 2019 menjadikan pola budaya masyarakat berubah drastis, mulai dari kebiasaan belanja, berkomunikasi, belajar bahkan bekerja semuanya sangat tergantung pada platform digital. Maka bisa dirasakan bahwa dari transformasi tersebut peran digital marketing sangat penting, karena dengan menggunakan teknik digital marketing, hal ini akan membantu dalam efisiensi kegiatan marketing. 

Lalu Seberapa Penting Digital Marketing berbasis internet ? 

The world is changing very fast. Big will not beat small anymore. It will be the fast beating the slow.

-Rupert Murdoch

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya jika dunia berubah sangat cepat, hanya yang responsif terhadap zaman yang akan bertahan. Lalu seberapa penting internet dapat membantumu ? maka jawablah beberapa pertanyaan ini terlebih dahulu.

Apakah kamu menggunakan internet? 

Apakah segala informasi yang kamu dapatkan dari Internet?

Apakah kamu berbelanja lewat Internet ?
Apakah saat ini kamu bergantung pada Internet ? 

Jika jawabanmu lebih banyak “Ya” maka dapat disimpulkan bahwa peran serta internet pada proses transfer informasi dan pemenuhan kebutuhan sangat penting dalam kehidupan kamu.

Peran internet pada era ini sangat erat pada interaksi yang lebih efektif dan efisien, hal itu muncul seiring dengan pesatnya platform digital yang menambahkan fitur interaksi secara langsung baik antara kamu sebagai bisnis dengan konsumen ataupun sebaliknya. Bisa kita rasakan bahwa internet telah menjadi bagian dari hidup kita sehari – hari, tidak hanya sebagai platform mencari informasi namun internet pun ampuh menaikan bisnis. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai bisnis kini telah bertransformasi untuk memanfaatkan internet dalam berbisnis.

Internet mendukung komunikasi yang lebih efisien, bukan hanya secara regional tapi dengan dukungan internet kamu dapat terhubung dengan berbagai belahan dunia lainnya, transformasi ini berubah bukan hanya sekedar media untuk bertukar informasi namun kini menjadi strategi untuk bisnis. Simak langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menaikan bisnis kamu di platform digital. 

1. Membuat Akun Bisnis di Instagram

Membuat akun profesional di Instagram itu sangat penting, terutama kamu yang akan fokus pada digital marketing, hal ini akan membantu kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang. Tetapi kamu jangan terfokus pada penjualan saja, gunakan instagram sebagai platform untuk memberikan edukasi produk kamu kepada para followers kamu. Keunggulan dari Instagram adalah followers akan diberikan experience lebih dengan brand kamu, karena kamu akan interaksi secara langsung dan menyapa mereka. Namun apakah di instagram bisa berjualan secara langsung ? bisa saja, tetapi alangkah baiknya kamu memisahkan fitur pembelian lewat platform yang lebih orang lain percaya, seperti website atau marketplace. Jadi ketika kamu membuat akun untuk brand kamu di instagram pastikan itu untuk mengedukasi mereka dan melakukan perluasan jangkauan saja. 

2. Website Pribadi Itu Penting Loh 

Hijraa merupakan sebuah brand fashion untuk perempuan, walaupun masih baru namun bukan menjadi alasan untuk menyiapkan aset digitalnya. Website sangat penting untuk kamu yang memiliki bisnis ke digital. Penggunaan website yang SEO friendly pun menjadi sebuah peluang agar bisnis kamu tetap menjadi pencarian utama di google. Atau kamu pun bisa menggunakan SEM untuk mempercepat promosi produkmu lewat google search. 

Jika sebelumnya kamu diarahkan untuk membangun citra pada akun instagram, maka dengan membangun website brand sendiri akan membantu kamu bukan hanya kuat sebagai identity, tapi juga bahwa memberikan rasa aman untuk para pembeli. 

3. Buat Halaman di Facebook

Terkadang kita belum mengerti fungsi dari halaman di facebook untuk apa, padahal itu adalah salah satu untuk menaikan traffic kunjungan pada akun jualan anda. Kamu bisa memaksimalkan marketing dengan fitur Ads (iklan) di Instagram dan Facebook.

Selain itu halaman di Facebook akan memunculkan beberapa fitur pada akun sosial media lainnya, seperti instagram shoping yang mengintegrasikan katalog kamu di website sampai dengan checkout produk. Hal itu membuat followers atau orang yang ingin membeli produk kamu lebih mudah dan aman tentunya. 

Bisa dibayangkan jika trafik yang terjadi pada akun kamu besar, dan orang lain mudah untuk menemukan produk yang kamu jual maka secara tidak langsung kemungkinan orang untuk membeli produk kamu semakin besar. 

Mau mulai ? 
Apookat merupakan agency digital yang berfokus pada kebutuhan para pengusaha, terutama kamu yang saat ini ingin membangun aset digital agar bisnis kamu semakin meningkat. Mulai dari personal brand, social media management, Ads, SEO/SEM dan masih banyak lagi.

Simak Artikel Lainnya : Cara Membuat WhatsApp Bisnis
Prev
Next
Drag
Map