fbpx

Strategi Konten Pilar di Bulan Ramadan 2022

strategi konten pilar di bulan ramadan 2022

Daftar Isi

Tidak terasa rasanya kita telah memasuki bulan ramadan lagi ya, kali ini kita akan berbagi mengenai strategi konten dengan membuat konten pilar buat postigan di sosial media kamu.

Pada bulan ramadan merupakan waktu yang sangat baik terutama dalam meningkatkan trafik  pada media sosial ataupun pada website, apalagi apa yang kamu tawarkan adalah sebuah produk yang memang dicari pada bulan ramadan.

Dengan membuat konten pilar tersebut, kamu pun akan lebih mudah untuk menjangkau audience dan tentunya lebih tepat pada sasaran. Jika dahulu sebelum maraknya digital marketing, data yang biasa kita lakukan adalah bersumber dari kebiasaan dari tahun ke tahun, namun kali ini kita dapat mengolah data tersebut sedemikian rupa agar menemukan formula yang cocok dan tepat untuk audiens anda di media sosial. Lalu seperti apa sebetulnya konten ramadan itu disusun ? 

Nah dengan memanfaatkan data tersebut, kita akhirnya dapat menentukan postingan apa yang bisa kita lakukan dan pendekatan seperti apa yang audience mau. 

Sudah saatnya kita susun konten pilar di bulan ramadan agar tidak kehilangan momentum, apalagi kamu yang sedang berjualan dan ingin memperkenalkan produk kamu. 

Maka inilah tema konten atau konten pilar yang bisa kamu susun pada bulan ramadan tahun ini.

Konten pilar yang biasanya disusun pada bulan ramadan menghasilkan beberapa tema utama, diantaranya adalah : 

Konten Pilar Spirituality

Tema tersebut merupakan bagian dari kondisi audience yang biasanya terjadi di bulan Ramadan, mengingat kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin dalam melakukan aktivitas di bulan Ramadan. 

Seperti Spiritual, seperti yang kita ketahui bahwa bulan Ramadan merupakan momen dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, waktu yang tepat untuk belajar agama dan mengumpulkan amalan yang baik.

Maka kamu bisa menggunakan pendekatan ini untuk saling mengingatkan kepada audience atau followers pada media sosial yang kamu kelola. 

Konten Pilar Entertainment

Pada bulan Ramadan pastinya selalu ada momen yang menghibur atau informasi yang hangat dan bermanfaat bagi para audience.

Konten pilar ini bisa berisi tips trik, moment berpuasa, OOTD pakaian ketika tarawih atau masih banyak hal yang bisa diangkat, pastikan moment ini merupakan moment yang dekat dengan keseharian para audience.

Kontent Pilar Engagement

Pada konten pilar ini, ciptakan interaksi antara kamu sebagai creator dengan para audience, lakukan beberapa teknik engagement seperti kuis, vote atau sesekali berbagi moment ramadan followers pada instagram live. 

Pastikan mereka tidak merasa sendiri ketika melewati bulan Ramadan, buat momen bulan ini adalah momen belajar bersama. Pendekatan ini sangat efektif untuk menumbuhkan engagement pada followers.

Konten Pilar Shopping

Apakah membuat konten pilar itu penting ? tentu saja penting, seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa bulan ramadan bulan yang cukup compact dalam melakukan aktivitas dimana kamu bisa melakukan berbagai hal di bulan ini dengan padat, mulai dari belajar spiritual, saling berbagi, sampai dengan berjualan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan di bulan ramadan itu sangat tinggi, hal ini bisa dilihat pada kondisi harga di pasaran yang tidak seperti biasanya, cenderung naik dibandingkan pada bulan sebelumnya. 

Maka gunakan konten ini untuk menyusun strategi apa yang akan dilakukan untuk menampung permintaan mereka. Contohnya jika kamu merupakan sebuah brand fashion maka kamu akan sangat memanfaatkan momen ini, terlebih di ujung Ramadan ini pasti banyak sekali orang yang mencari pakaian baru, baik untuk dibagikan atau dipakai sendiri. Apalagi produkmu adalah makanan, pasti banyak sekali orang yang mencari baik itu untuk berbuka atau untuk santap sahur bersama keluarga. 

Artikel : Apa itu Copywriting ? 

Bonus : Hal – hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten Ramadan. 

Lihat Insight Audience

Seiring dengan berubahnya minat para audience hal itu pun yang membuat momen di bulan Ramadan selalu jadi paling menarik untuk dibahas, mungkin tiap tahun hampir sama tapi perubahannya secepat itu.

Misalnya hal yang menarik tahun ini adalah seperti tren konten musik religi ala Nissa Sabyan melejit di tahun 2021, namun pada tahun ini malah Hati-hati Di Jalan nya Tulus yang lebih cocok menemani Ramadan 2022, maka banyak sekali konten yang dikaitkan dengan lagu tulus itu untuk membuat konten.

Creative Content itu Penting

Buatlah konten yang kreatif dan tidak biasa, saya sangat suka beberapa konten yang secara ide sederhana namun tidak biasa. Beberapa konten sekarang harus menggunakan sisi kreatifitas untuk membuat konten ramadan lebih beda dari biasanya.

Seperti kontennya Gojek di Youtube atau Iklan Marjan yang selalu ditunggu di bulan ramadan. 

Manfaatkan Key Moment 

Manfaatkan moment kunci yang ada pada bulan ramadhan, 

seperti momen berbuka puasa, ngabuburit, zakat, donasi, buka bersama, silaturahmi, mudik atau lain -lain. momen kunci ini wajib dimanfaatkan agar interaksi dengan audience semakin kuat dan relate dengan mereka. 

Kenali Trend Ramadan 

Ngobrolin soal trend, biasanya sangat cepat tergantung dengan apa yang terjadi pada tahun ini, kamu bisa melihat trend seperti apa yang terjadi di tahun ini untuk diangkat menjadi konten, dan pastinya produk kamu harus juga sesuai dengan trend saat ini agar tetap berada dalam rel yang seharusnya. 

Gunakan Jembatan Agar Relate dengan Produkmu 

Jembatan ini dimaksudkan jika produkmu tidak terlalu ramdan banget, misal produk yang kamu jual adalah makanan pedas namun kita tahu bahwa makanan yang sering dicari adalah makanan yang segar dan manis, terutama buah kurma

Maka dari itu gunakan jembatan untuk memberikan edukasi kepada followersmu bahwa makanan pedas pun masih cocok dikonsumsi di bulan ramadan. 

Posisikan Kamu Sebagai Target Pasar

Walaupun kamu sorang owner tetap kamu pun harus memiliki point of view bahwa apa jadinya jika kamu calon pembeli dari produkmu sendiri, apa yang kamu inginkan dari sisi produk dan produk yang seperti apa yang kamu harapkan agar puas. 

Begitulah beberapa tips dalam membuat konten pilar di bulan ramadan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post