fbpx

5 Tools Social Media Monitoring Bantu Strategi Bisnismu jadi Lebih Baik

Daftar Isi

Bagaimana cara agar strategi bisnis yang Anda lakukan di media sosial menjadi lebih efektif? Salah satu caranya adalah dengan social media monitoring. Sebagai pemilik bisnis, sangat penting memiliki data tentang respons audiens terhadap bisnis Anda. 

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat menyiapkan strategi bisnis lebih baik berdasarkan data analisis yang dimiliki. Pengumpulan data inilah yang disebut sebagai social media monitoring.

Apa itu Social Media Monitoring?

Social media monitoring adalah kegiatan memonitor atau memantau media sosial untuk mengetahui segala informasi tentang respons publik terhadap brand Anda di media sosial. Oleh sebab itu, istilah ini juga dapat diartikan sebagai proses pengumpulan data.

Alasannya karena social media monitoring membantu Anda mengumpulkan semua hal yang dikatakan audiens mengenai bisnis Anda.

Dalam melakukan pengumpulan data, terdapat rekomendasi tools social media monitoring yang bisa Anda gunakan. Rekomendasi-rekomendasi berikut menyediakan layanan untuk membantu menganalisis brand Anda.

  1. Nolimit.id

Nolimit.id adalah perusahaan yang menyediakan data terukur untuk media sosial Anda, mulai dari data analytics, monitoring & listening, atau sentiment analysis. Melalui program unggulannya, yaitu Nolimit Dashboard, media sosial Anda akan dianalisis secara real time. Kemudian, Nolimit.id juga membantu Anda mengetahui topik tren terkini sehingga dapat memperkuat strategi bisnis. 

Selain itu, Anda dapat menganalisis bagaimana persepsi publik sehingga dapat menentukan respons yang tepat. Semua analisis data lengkap tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu dashboard, yaitu Nolimit Dashboard.

  1. Hootsuite

Hootsuite merupakan platform social media management yang telah memulai layanannya sejak tahun 2008. Hootsuite memungkinkan untuk memantau kata apa saja yang sering dicari oleh pengguna media sosial. 

Selain itu, terdapat fitur yang memudahkan dalam melakukan kerja sama tim. Sebab, hootsuite bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna. Hootsuite juga membantu Anda dalam hal mempublikasi konten, meningkatkan engagement, melakukan analisis, sampai membuat kampanye iklan yang efektif.

  1. Brandwatch Consumer Research

Brandwatch Consumer Research telah membantu banyak brand untuk berkembang  dengan cara memberikan laporan yang cepat agar pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang tepat.

Tools social media monitoring ini sangat luas cakupannya, baik secara industri maupun layanan yang disediakan. Brandwatch membantu mulai dari agensi, media & entertainment, bahkan pharma & healthcare.

Kemudian, tidak hanya mengurus permasalahan social media management, Brandwatch juga menyediakan layanan content marketing hingga market research. Dalam hal riset, Brandwatch memiliki fitur query builder untuk mengetahui kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  1. Sprout Social

Sprout Social memiliki fitur unggulan bernama smart inbox. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal penting di media sosial, seperti memberi like, komentar, membalas pesan, hingga merepost konten dalam satu tools

Karena fiturnya tersebut, Sprout Social dapat membantu meningkatkan engagement media sosial Anda. Sprout Social melakukan intelijen bisnis atau proses mengumpulkan data serta aktivitas lainnya seperti publishing dengan berbasis AI.

  1. Ivosight

Terakhir, ada Ivosight. Perusahaan berbasis teknologi ini banyak menyediakan produk berupa monitoring percakapan digital atau kirim pesan otomatis. Seperti diketahui, respons cepat di media sosial dapat berpengaruh terhadap penilaian audiens.

Selain itu, Ivosight juga memiliki layanan yang menyediakan data dari berbagai sumber dan big data berharga yang bermanfaat untuk strategi bisnis ke depannya.

Itulah beberapa rekomendasi social media monitoring yang dapat membantu Anda membuat strategi bisnis menjadi lebih baik. Salah satu rekomendasi tools asal Indonesia dari saya dan yang pernah saya gunakan , memberikan data lengkap dalam satu dashboard adalah Nolimit Dashboard.

Artikel Terkait

5 Tools Social Media Listening Tingkatkan Daya Saing Bisnis

Sebuah bisnis harus meningkatkan daya saingnya agar bisa bertahan di era digital seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan melakukan social media listening. Anda harus mengenal lebih…

View post