fbpx

Pahami 5 Poin Penting ini agar Kegiatan Marketing Berjalan Efektif

5 Poin Penting Sebelum Melakukan Kegiatan Marketing

Daftar Isi

Marketing adalah sebuah kegiatan atau sebuah proses mengenalkan sebuah identitas ke khalayak umum. Proses mengenalkan ini bisa dalam bentuk Produk Fisik, Produk Digital, bahkan diri kita sendiri juga ketika memperkenalkan kepada banyak orang termasuk dalam kegiatan marketing.

Tapi tahukah kamu, ada hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan marketing?

Nah, di artikel kali ini kami akan menjelaskan 5 poin penting sebelum melakukan kegiatan marketing. Kenapa kami membahas ini, dikarenakan masih banyaknya owner bisnis yang melakukan pemasaran tapi selalu saja gagal dan tidak paham marketing itu seperti apa.

Hal ini penting dilakukan agar kegiatan marketingmu bisa berjalan dengan baik, jika kedepan kamu memiliki tim marketing atau kamu menggunakan Agency.

Berikut 5 poin penting sebelum melakukan kegiatan marketing :

1. Tentukan Produk atau Jasa yang akan di Tawarkan

Ketika kamu akan melakukan pemasaran maka tentunya kamu harus memiliki Produk atau Jasa terlebih dahulu yang akan kami tawarkan kepada calon konsumen.

lalu tidak hanya menawarkan produk atau Jasa saja, tetapi kamu juga harus menjelaskan Kelebihan Produk kamu, apa benefit yang akan Calon Konsumen dapatkan, Value apa yang bisa kamu berikan ke Calon Konsumen.

Ingat kamu bukan hanya jualan produk tapi jualan Reputasi dan Kepercayaan.

2. Tentukan Harga Jual

Ketika kamu sudah menentukan Produk atau Jasa apa yang akan di tawarkan kepada Calon Konsumen, sekarang kamu tentukan Harga Jualnya, owh iya kamu boleh kok menjual produk kamu dengan harga 2x lipat dari HPP atau bahkan 5x lipat dari HPP, tetapi perlu di ingat, ketika kamu menjual Produk atau Jasa, kamu harus memasukan Budget Marketing didalamnya.

Karena budget marketing itu penting loh untuk menunjang bisnis kamu kedepannya untuk melakukan Kampanye Iklan ataupun kegiatan Marketing lainnya.

3. Berikan Value

Seperti yang kami sampaikan di poin pertama “Value apa yang bisa kamu berikan ke Calon Konsumen“.

Masih banyak para pelaku usaha yang belum bisa memberikan value atau membuat value untuk produknya. Padahal Value itu penting loh untuk keberlangsungan Produk mu, dan membedakan produkmu dengan kompetitor.

Contoh sederhana dari Value adalah ketika kamu menggunakan Produk yang mewah seperti Tas LV maka kamu akan di lihat oleh saudara dan teman-teman mu, kamu orang sukses, tetapi ketika kamu hanya menggunakan Tas biasa tanpa merek atau bahkan merek yang belum terkenal, maka kamu tidak akan di lihat seperti orang kaya.

Sekalipun Tas yang kamu gunakan mahal, akan tetapi karena tidak di kenal dan tidak memiliki value maka orang akan menganggapnya hanya sekedar Tas biasa saja.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu buatlah Value yang bisa kamu berikan kepada calon konsumen kamu.

4. Target Market

Masih banyak UMKM yang belum bisa menentukan Target market dengan baik dan jelas.

kebanyakan UMKM ingin produknya digunakan oleh semua kalangan dan semua usia, padahal ga semua produk bisa digunakan oleh semua kalangan dan semua usia.

So, sebaiknya kamu Targetkan produkmu akan di gunakan oleh usia dari berapa sampai berapa, laki-laki atau perempuan, kalangan menengah ke bawah atau mengenah ke atas, lokasinya dimana, kebiasaan yang dilakukan apa. intinya kamu bisa pelajari Cara Menentukan Target Market.

5. Channel Marketing

Gunakanlah Channel marketing yang dimana terdapat Target Market, ada beberapa channel marketing yang bisa kamu manfaatkan, seperti Media Sosial, Email Marketing, Website dan SEO, dan Marketplace.

KESIMPULAN

Nah, akhirnya sudah tahukah? sebelum memulai kegiatan marketing alangkah lebih baiknya perhatikan beberapa hal berikut yang sudah kami bahas di atas.

jika ada pertanyaan seputar Digital Marketing, silakan tinggalakan komentar kamu!

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post