fbpx

9+ Mesin Pencari Populer Selain Google yang Banyak Digunakan

Daftar Isi

10 Mesin Pencari Selain Google – Google merupakan sebuah perusahan teknologi terbesar di dunia untuk saat ini, namun google pun sangat populer sebagai salah satu mesin pencarian yang sangat populer bahkan sering digunakan oleh para peselancar dunia maya untuk mencari berbagai informasi. 

Namun, selain google, terdapat juga beberapa mesin pencari yang ada di internet. Walaupun google yang lebih populer, beberapa mesin pencarian ini pun masih banyak penggunanya loh bahkan tidak kalah jauh hebat dengan Google. Yuk, simak mesin pencarian selain google, ada apa aja sih ?

Apa Itu Mesin Pencari 

Mesin pencari, merupakan sebuah sistem yang membantu dalam mengorganisir seluruh data yang berada di internet, untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam menemukan apa yang mereka butuhkan dengan efisien. 

Mesin pencarian bisa diibaratkan seorang pengelola perpustakaan, dimana mereka indek buku, dan memberikan rekomendasi yang relevan kepada orang yang sedang mencari buku dengan topik tertentu. 

Hasil pencarian search engine disebut juga search engine results page (SERP).  Pada halaman tersebut, akan menampilkan beberapa rekomendasi yang cocok dengan apa yang kamu cari dan butuhkan. Baik bisa berupa website, artikel, gambar atau lokasi.

Sebuah search engine dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi user, dimana search engine akan merekomendasikan sesuai dengan apa yang mereka cari dan tentu saja harus akurat dan dipertanggung jawabkan kualitasnya. Maka seiring berkembangnya waktu, algoritma search engine semakin berubah, menyesuaikan dengan kebutuhan dan kepuasan user dalam menggunakan search engine. 

Manfaat Mesin Pencari Lain Selain Google

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin pencarian memang sangat memudahkan dalam proses mencari sesuatu di internet, namun setia mesin pencari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing. 

Lebih dari 75 Persen informasi internet didapatkan melalui Google. Dominasi Google inilah yang membuat banyak orang menganggap, bahwa Google adalah satu-satunya mesin pencari di internet.

Padahal, ada banyak sekali mesin pencari yang bisa digunakan selain Google. Bahkan dari sekian banyak Mesin Pencari, tidak sedikit juga yang menawarkan berbagai macam fitur menarik dan memiliki kelebihan tersendiri. Itulah kenapa Anda perlu menjajal mesin pencari selain Google

1. Privasi Data

Jika Anda menyukai privasi, dan kemanan data, maka Anda perlu mencoba untuk menggunakan mesin pencari lain.

Karena Anda tahu Google kerap mengumpulkan data para penggunanya. Google melakukan hal itu untuk kepentingan bersama, sehingga Anda mau tidak mau, harus pasrah ketika Google mengakses data privasi Anda.

2. Google Menampilkan Data yang Tidak Anda Butuhkan

Google akan menampilkan hasil pencarian dan merekomendasikan konten yang sesuai dengan data pribadi yang sebelumnya telah dikumpulkan.

Sehingga data hasil pencarian yang Anda lakukan akan ada perbedaan sedikit dengan pengguna lainya di kata kunci yang sama.

Itulah mengapa, ketika Anda berselancar di Google, lalu masuk kedalam website yang sedang menjalankan Iklan di Google Ads, iklan tersebut bisa muncul secara berulang.

Nah, 2 Manfaat itulah yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakan Mesin Pencari lain, selain Google.

Berikut, di bawah ini telah kami rangkum daftar mesin pencari yang bisa Anda coba.

Daftar Mesin Pencari Selain Google

1. Bing

Bing adalah mesin pencari kedua yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat setelah Google, dengan hampir 33% pengguna menggunakan Bing sebagai mesin pencari mereka.

mesin pencari bing

Kesan pertama dari mesin pencari ini adalah  visual iklan atau gambar yang kamu lihat saat pertama kali mengunjungi website Bing.com. Saat kamu mengakses Bing, kamu akan melihat gambar dari berbagai negara. 

Halaman pencarian Bing  sangat mirip dengan Google, dengan latar belakang putih, judul konten biru, dan URL hijau.

Selain itu, Bing memiliki kemampuan untuk menyimpan semua kata kunci yang dicari sebelumnya. Bing  menyimpan semua kata kunci dalam menu Riwayat Pencarian. 

Jadi jika kamu tidak ingat kata kunci yang kamu cari sebelumnya, jangan khawatir. kamu dapat melihat hasil pencarian yang menyertakan kata kunci tersebut hanya dengan membuka menu riwayat pencarian.

2. Yandex

Yandex merupakan mesin pencari selain Google yang banyak digunakan di wilayah Rusia dan sekitarnya seperti Belarusia, Turki, Kazakhstan, dan Ukraina.

mesin pencari yandex

Tak kalah dengan Google, Yandex juga menawarkan fitur pencarian yang hampir sama seperti Google. 

Mesin pencari ini dilengkapi fitur pencarian gambar, video, peta, translasi dan AppMetrica yang setara dengan Google Analytics.

Untuk mengakses Yandex pun mudah, kamu bisa mengakses yandex.com dan memasukkan kata kunci yang akan dicari.

Secara otomatis, Yandex akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Baidu

Baidu merupakan mesin pencari terbesar di China.

Hampir lebih dari 75% user menggunakan Baidu sebagai mesin pencari.

mesin pencari baidu

Sekilas, Baidu juga terlihat mirip dengan Google.

Hanya saja ketika mengakses Baidu, maka secara otomatis bahasa yang digunakan adalah bahasa mandarin.

Jika website kamu menargetkan pasa di sekitar Asia khususnya China, kamu bisa menggunakan Baidu sebagai tools untuk membuat konten website.

Seperti halnya Google, Baidu juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian suara.

Baca Artikel : Website Cocok untuk Bisnis

4. Yahoo!

Yahoo! atau Yahoo! Search adalah mesin pencari yang  populer di awal tahun 2000-an.

Meskipun banyak  mesin pencari baru, Yahoo! Saat ini masih ada dan digunakan oleh beberapa kalangan.

Sekarang Yahoo! Telah berkolaborasi dengan Microsoft dan Bing dalam hal menampilkan hasil pencarian.

mesin pencari yahoo!

Itulah mengapa Bing dan Yahoo! akan menampilkan hasil pencarian yang hampir sama.

Selain sebagai mesin pencari, Yahoo! juga menawarkan fitur lainnya yang dikemas dalam bentuk website.

Mulai dari News, Finance, Sport, Weather dan masih banyak lagi.

5.DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah pilihan yang cocok buat kamu yang ingin menghindari iklan bertarget pada mesin pencari dan ingin merahasiakan data pribadi.

DuckDuckGo tidak mengumpulkan segala bentuk data apapun kamu berikan kepada mesin pencari, baik data pribadi hingga kata kunci pencarian.

mesin pencari duckduckgo

Selain itu, karena DuckDuckGo tidak menyimpan atau merekam kata kunci pencarian, maka akan terbebas dari iklan bertarget.

Namun bukan berarti DuckDuckGo akan menampilkan hasil yang kurang terpercaya.

DuckDuckGo tetap dapat mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber yang berbeda.

6. OneSearch

Sama seperti DuckDuckGo, mesin pencari OneSearch juga menghargai data privasi penggunanya.

mesin pencari onesearch

Selain tidak mengambil data privasi milik penggunanya, OneSearch juga menawarkan beberapa hal yang dapat meningkatkan performa web browser, seperti : 

  • Tidak ada pelacakan cookie, penargetan ulang, atau pembuatan profil pribadi.
  • Tidak ada pembagian data pribadi dengan pengiklan.
  • Tidak ada penyimpanan riwayat pencarian pengguna.
  • Istilah pencarian terenkripsi.

7. WolframAlpha

WolframAlpha adalah mesin pencari yang berspesialisasi dalam kecerdasan komputasi.

mesin pencari wolfram

Namanya terutama kecerdasan komputasional. Singkatnya, WolframAlpha dapat menangani semua bentuk komputasi yang dicari  pengguna.

Misalnya, kamu mencari jawaban dan solusi untuk masalah matematika.

Kamu cukup menulis masalah aritmatika di bidang teks (misalnya x ^ 2 + 2x + 3 = 0).

Maka WolframAlpha akan bekerja dan memberikan jawaban yang relevan dengan persoalan matematika tersebut.

Tidak tanggung tanggung, WolframAlpha dapat dijadikan sebagai calculator online tentunya dengan step step nya yang lengkap.

Sehingga, mesin pencari ini cocok digunakan bagi kalangan akademis seperti pelajar dan pengajar.

8. Ekoru

Ekoru adalah mesin pencari yang tujuan utamanya adalah untuk melindungi bumi dari sampah dan melindungi ekosistem laut.

Mesin pencari ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran global akan kerusakan sistem kelautan dunia. Semua pencarian yang dilakukan oleh pengguna melalui ecoku.com berkontribusi pada sumbangan Operasi Posidiona dan BigBlueOceanCleanup.

mesin pencari ekoru

Oleh karena itu, jika kamu tidak bisa berbuat banyak untuk melindungi planet ini, setidaknya kamu bisa melakukan pencarian melalui mesin pencari Ekoru ini. Menggunakan mesin pencarian Ekoru berarti berpartisipasi dalam misi untuk menyelamatkan planet ini. 

Bagaimana cara kerjanya? Seperti mesin pencari lainnya, Ekoru menghasilkan uang ketika pengguna mengklik tautan sponsor.

Tautan sponsor terkait dapat muncul di hasil pencarian dan diberi label dengan kategori iklan. Mengklik tautan akan menghasilkan pendapatan dan menyumbangkannya ke mitra konservasi laut kami.

9. Ecosia

Seperti halnya Ekoru yang memiliki misi khusus dalam membangun mesin pencari, Ecosia juga memiliki misi tersembunyi  sebagai mesin pencari.

Ecosia adalah mesin pencari yang ditujukan untuk melindungi lingkungan melalui penanaman pohon. Mesin pencari selain Google.

mesin pencari ecosia

Menanam banyak  pohon berarti pohon menyerap karbon dioksida (CO2) sebanyak mungkin untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Hal ini dilakukan untuk melindungi bumi dan isinya (manusia, lingkungan,  hewan).

Bagaimana cara kerjanya? Seperti mesin pencari lainnya, Ecosi menghasilkan uang ketika pengguna mengklik tautan sponsor. Klik tautan untuk mendapatkan pendapatan yang  digunakan untuk menanam pohon.

Ecosia  transparan tentang pendapatan dan kegiatan penanaman pohon. Melalui blog Ecosia, kamu dapat memantau total pendapatan bulanan kamu dan persentase yang digunakan untuk penanaman pohon.

10. giveWater

Sama dengan Ekoru dan Ecosia, giveWater juga membangun mesin pencari untuk suatu misi.

mesin pencari givewater

giveWater merupakan mesin pencari yang memiliki misi untuk memperbaiki kualitas air dengan cara memberikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia.

Dari mana donasi yang didapatkan giveWater? Tentu saja melalui tautan sponsor atau Ads pada mesin pencari.

Setiap pengguna yang mengklik link sponsor atau iklan menghasilkan pendapatan mesin pencari.

Kemudian disumbangkan ke  negara berkembang yang bermasalah dengan air bersih.

Gunakan semua mesin pencari alternatif sebagai referensi pencarian!

Bukankah lebih bagus  jika kamu bisa mencari informasi sambil berkontribusi untuk tujuan sosial seperti menyediakan air bersih dan melindungi sistem kelautan?

So, itulah beberapa mesin pencari selain google yang bisa Anda coba. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post