fbpx

Mempersiapkan Digital Marketing Blueprint Yang Baik

Mempersiapkan Blueprint Digital Marketing yang Baik

Daftar Isi

Seringkali kami menemukan para pelaku Bisnis yang sudah memanfaatkan Digital Marketing untuk memasarkan Produk baik Barang maupun Jasa, akan tetapi masih banyak yang belum mempersiapkannya dengan matang.

Seperti Target Marketnya siapa, Target Audiencenya siapa, Kompetitornya siapa saja, hingga persiapan budget marketing pun masih banyak para pelaku Bisnis ini belum mempersiapkan nya dengan Matang!

Oleh karena itu kami disini akan menjelaskan bagaimana caranya mempersiapkan Digital Marketing yang baik menurut kami sendiri. Nah, kita akan langsung Bahas Pembuatan Blueprint Digital marketing tapi sebelum itu izinkan kami menjelaskan “Apa itu Digital Marketing Blueprint” terlebih dahulu.

Apa Itu Digital Marketing Blueprint

Digital Marketing Blueprint adalah sebuah kerangka kerja terperinci sebagai landasasan dalam pembuatan kebijakan strategi Digital Marketing yang meliputi Penetapan Tujuan dan Goals dari Digital Marketing itu sendiri, Penyusunan Strategi hingga Eksekusi Strategi.

Lanjut kita mulai pembuatan Digital Marketing Blueprint mulai dari Pertama Cover Hingga Terkahir Tools yang digunakan apa saja.

1. COVER

Contoh Cover Blueprint Digital Marketing
Contoh Cover Digital marketing Blueprint

Kenapa kita mulai dari Cover? alasanya simple jika kedepanya Anda akan membangun Tim Digital Marketing Internal atau Menggunakan Jasa Agency apa lagi bisa juga di gunakan untuk Persentasi ke Calon Investor. Jadi mulai dari Cover, agar kamu terlihat serius untuk memanfaatkan Digital Marketing ini dengan baik.

2. VISI dan MISI

Contoh slide Visi dan Misi
Contoh Slide Visi dan Misi

Nah, setelah Anda membuat Cover, selanjutnya Anda cantumkan Visi dan Misi dari Usaha Anda. kenapa ini perlu di cantumkan?

alasanya agar Tim Internal Digital Marketing siap dan menjadi tertantang untuk ikut andil membangun usaha Anda sesuai Visi dan Misi Bisnis Anda.

Selain itu juga, seperti yang saya sampaikan di Cover, ketika Anda persentasi ke Calon Investor, Anda dapat menjelaskan Visi Misi dari Bisnis Anda.

3. TARGET MARKET

Contoh Slide Target Market
Contoh Slide Target Market

Selanjutnya, di Slide ini Anda menjelaskan Target Market dari Bisnis Anda, mulai dari Geographicnya dimana, Demographicnya seperti apa, di Demographic ini jelaskan dengan detail, misal mulai dari Usia berapa sampai berapa, Jenis Kelaminnya apa, lalu daya beli orangnya bagaimana apa kah dia termasuk ke dalam kelas A, B, C atau D.

Lalu jelaskan juga Psychographicnya seperti apa, contoh dia adalah orang yang sering nongkrong bersama teman-temannya di cafe, atau dia yang suka travelling ke Gunung bisa juga ke Pantai.

4. KOMPETITOR

Contoh slide kompetitor
Contoh Slide Kompetitor

Slide selanjutnya Anda menjelaskan kompetitor Anda siapa saja dan kalau bisa jelaskan Kompetitor Anda itu seperti apa, Misal Jumlah Downloadernya berapa, Harga Produk atau jasanya berapa, value apa yang mereka berikan hingga Channel Pemasaranya menggunakan apa saja.

5. STRATEGI KONTEN

Contoh Slide Strategi Konten
Contoh Slide Strategi Konten

Selanjutnya di slide ini Anda menejaslakn strategi konten apa yang akan di buat selama 1 tahun, mulai dari konten Awareness, Consideration, dan Decision bahkan sampai konten Iklan pun Anda jelaskan di slide ini.

6. Key Performance Indicator

Contoh Slide KPI

Lanjut Anda buat KPI untuk menentukan keberhasilan dari Strategi Konten yang telah Anda buat. perlu di ingat buatlah KPI yang sanggup untuk di capai, jangan membuat KPI yang di rasa memberatkan Anda, TIM Anda bahkan Agensi karena KPI tidak boleh di tentukan secara asal-asalan.

7. BUDGET

Contoh Slide Budget
Contoh Slide Budget

Selanjutnya Rencanakan Anggaran untuk Selama 1 Tahun kedepan, misal Anggaran untuk Facebook Ads, Untuk Endorsement, Diskon, Giveaway dan lain sebagainya.

8. CHANNEL

Selanjutnya Anda jelaskan CHANNEL apa saja yang akan anda gunakan, misal Instagram, Website, Marketplace dan lainnya.

9. TOOLS

Contoh Slide Tools
Contoh Slide Tools

Nah kita sudah berada di penghujung, disini Anda jelaskan Tools apa saja yang akan Anda gunakan, misal Tools IGblade untuk melihat performa Instagram Akun Anda, Lalu Google Analytics untuk melihat trafik kunjungan ke website Anda dan tools lainnya.

Nah itulah contoh untuk membuat Blueprint Digital Marketing, untuk point ke 4 Hingga point ke 9 Anda dapat membuat slide lebih dari 1, contoh jika kompetitor Anda ada 5 maka Anda dapat membuat 5 Slide mengenai Kompetitor, begitupun point yang lainnya.

KESIMPULAN

Blueprint Digital Marketing adalah Kerangka kerja Strategi Marketing yang harus Anda siapkan dari awal Anda membangun Bisnis atau Awal tahun untuk memulai menghadapai Tahun Baru.

Disini kami hanya menjelaskan Point per Point saja, muda-mudahan artikel mengenai “Mempersiapkan Digital Marketing Blueprint Yang Baik” ini dapat bermanfaat untuk Anda pelaku Bisnis dan mudah-mudahan bisnis yang Anda jalani bisa berkembang dan Sustain di masa yang akan datang.

Jika Ada pertanyaan boleh hubungi kami dan untuk Konsultasi Jasa Digital Marketing boleh hubungi kami juga.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post