fbpx

Membuat Content Calendar Plan untuk Bisnismu

Daftar Isi

Apa itu content calendar ? content calendar atau bisa juga disebut dengan kalender konten merupakan hal yang wajib di persiapakan ketika kamu sedang merancang konten untuk baik itu untuk sosial media, untuk konten artikel atau konten video sekalipun. 

Apa Fungsi dari Content Calendar

Membuat content calendar akan sangat membantu kamu dalam menentukan content apa yang ingin kamu post. 

Efisien Waktu 

Membuat content calendar akan memberikanmu ruang waktu yang dapat kamu atur, kamu akan tidak akan kehilangan konsistensi dari konten, karena kamu telah menyiapkan content itu jauh – jauh hari, bisa satu bulan kedepan atau tiga bulan kedepan. 

Post Consistently 

salah satu cara agar pembaca tetap mengunjungi kontenmu adalah tetap konsisten membuat content, bisa satu minggu tiga kali, atau sehari satu itu tergantung dari kemampuan kamu. Maka dengan membuat content calendar hal ini akan tetap terjaga, terutama konsistensi dalam melakukan postingan.

Meminimalisir Kesalahan, Typo paling sering 

Karena konten itu banyak apalagi dikejar deadline posting, maka dengan membuat calendar kamu bisa melihat terlebih dahulu konten yang akan kamu posting, jika menurutmu harus diperbaiki ya segera perbaiki. 

Memacu ide 

dengan memanfaatkan penggunaan content calendar kamu pun akan sangat membantu mengenai content apa yang akan dibuat di kemudian hari, semuanya akan terpetakan. 

Salah satu untuk membuat pemetaan konten adalah dengan membuat content pillar.

Memanfaatkan Momentum 

Dengan membuat content calendar kamu pun dapat memanfaatkan momentum dengan menyesuaikan content yang akan kamu bahas dengan kondisi atau trend yang sedang dibincangkan di internet, atau seperti peringatan hari besar. 

Mudah untuk di Evaluasi 

Setelah content itu terbit pastinya harus tetap kita evaluasi, nah dengan pemetaan dari content calendar yang telah dilakukan, hal itu akan membantu kamu mengevaluasi mengenai konten itu apakah masih relate dengan pembaca atau kita perlu ada perubahan sedikit agar konten yang kamu buat tetap eksis. 

Bagaimana Cara membuatnya ?

Audit jejaring sosial dan konten Anda

Langkah pertama adalah kamu harus melakukan audit sosmed atau platform kontenmu.

Jika di instagram kamu bisa memanfaatkan fitur insight, atau jika kamu sebagai penulis di website kamu bisa menggunakan google analytic

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah, apakah kontenmu sudah sesuai dengan produkmu atau bisnismu, atau kontenmu relate atau tidak dengan para followersmu di sosial media. 

Pilih Platform Media Sosial Kamu

Tidak semua platform itu berfungsi!

Kamu perlu menentukan platform apa yang cocok dengan brand kamu, target marketing kamu dan tujuan kamu. Semua platform itu akan berfungsi maksimal jika kamu mulai menentukan target audience yang kamu sasar dan brand yang seperti apa yang ingin kamu sampaikan. 

Buat pustaka konten untuk aset Anda

Buat perencanaan konten untuk jangka panjang, serta korelasikan kontenmu dengan brand. Kamu pasti paham dirimu sendiri. 

Tetapkan alur kerja

Biasanya membuat konten itu perlu beberapa orang misalnya antara copywriter dan designer, artinya kamu harus menentukan batasan kerja dari masing masing dan jangan lupa target deadline yang disepakati bersama. Hal ini pun tetap berlaku jika kamu melakukannya sendiri. 

Mulai buat postingan Anda

“Ide itu mahal tapi lebih berharga jika kamu mengeksekusinya”

Undang tim Anda untuk meninjau, dan gunakan umpan balik mereka untuk meningkatkan

Saling mereview apa saja yang perlu dikoreksi, serta capaian mana yang perlu di evaluasi dan ditingkatkan. 

Mulai penerbitan/penjadwalan

Post kontenmu !

MAU CONTOH KONTEN KALENDARNYA? SILAKAN KOMENTAR MAU DAN SERTAKAN ALASANYA, LALU SHARE JUGA ARTIKEL INI KE MEDSOS KAMU!

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post