fbpx

Fitur Insight Instagram: Bantu Optimalkan Bisnis Kamu

Daftar Isi

Belajar memahami bagaimana fitur insight Instagram dapat mengoptimalkan bisnis kamu.

Setelah beralih ke akun Instagram profesional kamu mulai rajin posting. Semangat membara ingin segera mendatangkan pelanggan dari instagram. Content plan sudah dibuat, rencana dijalankan, satu bulan berlalu kamu heran, strategi apalagi yang harus dilakukan?

Salah satu fitur yang ada di Instagram bisnis adalah fitur insight Instagram. Di fitur ini kamu bisa menganalisa kinerja konten. Bagaimana interaksi konten kamu terhadap calon pembeli. Sehingga berdasarkan data tersebut, kamu dapat membuat strategi marketing funnel yang lebih baik lagi.

Di artikel ini akan dibahas mengenai fitur insight Instagram, simak penjelasannya sampai habis biar tidak gagal paham!

Apa Itu Insight Instagram

Fitur Insight Instagram menyediakan informasi metrik berupa data atau angka pertumbuhan akun Instagram bisnis kamu. Sudah seharusnya sebuah bisnis memiliki KPI (Key performance Indicator) sebagai target pencapaian dari pemasaran online di media sosial Instagram.

Berdasarkan hal itu fitur insight Instagram akan sangat membantu melihat pencapaian bisnis kamu. Apakah sudah sesuai target atau belum? Kalau belum, mengapa bisa terjadi dan apa yang harus diperbaiki. Jika sudah, bagaimana cara mempertahankannya atau mengembangkannya. Begitu seterusnya.

Data yang disajikan di Fitur Insight Instagram

Sebelumnya ubah settingan Instagram kamu ke bahasa inggris agar lebih mudah memahaminya. Pada halaman profil, kamu akan menemukan kata “insights” di tengah, persis di bawah “edit profile.” Sentuh kata “insights” akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Insight Instagram

Kamu dapat melihat data tersebut berdasarkan periode waktu tertentu, tergantung dari report yang ingin kamu jadikan pedoman. Bisa tahunan, bulanan, bahkan mingguan.

Insights Overview

Keseluruhan capaian Insight kamu akan tampil di menu ini. Dibagi berdasarkan accounts reached, account engaged, dan total followers. Kamu bisa menyentuhnya untuk tampilan lebih detail. Sebagai berikut:

1. Accounts Reachead

Memberitahu kamu jumlah akun yang telah dijangkau oleh konten kamu dalam periode waktu yang sudah ditentukan. Semakin kamu sering mengunggah konten, jangkauan akun kamu akan semakin luas. Beberapa turunannya seperti:

Account Reached Insight Instagram
Reach Audience

Menampilkan Audience yang dijangkau berdasarkan kota, negara, rentang usia, dan jenis kelamin mereka. Dengan mengetahui ini kamu bisa menyesuaikan berapa banyak pengguna Instagram yang sudah tepat sebagai buyer persona kamu.

Followers and non-followers

Menampilkan jumlah pengguna yang sudah mengikuti dan belum mengikuti akun kamu. Saat ini jenis konten seperti reels dapat menjangkau lebih banyak pengguna di luar followers kamu.

Follow non-followers Reach
Content Reach

Akan membantu kamu memahami jenis konten mana yang paling banyak menjangkau pengguna Instagram dan konten apa yang kinerjanya paling baik. Terdapat lima jenis konten, posts, stories, reels, igtv videos, dan live videos.

Content reach insight instagram
Impressions

Frekuensi tampilan konten kamu di layar seluruh pengguna Instagram. Akan sangat umum terjadi ketika Impressions lebih besar daripada reach.

impressions insight instagram
Profile Activity

Pada bagian ini kamu bisa lebih memahami customer journey kamu. Dapat dilihat, berapa banyak yang mengunjungi profil kamu dan yang menghubungi kamu melalui email, telepon atau website.

profile activity insight Instagram

2. Accounts Engaged

Menampilkan jumlah akun yang berinteraksi dengan konten kamu. Setiap kamu upload konten, konten tersebut akan menarik perhatian pengguna Instagram lainnya. Itu sebabnya sangat disarankan jika ada yang memberikan komentar, atau like di konten kamu, segera balas.

account engaged insight Instagram
Engaged Audience

Menampilkan data audience yang berinteraksi dengan konten kamu, berupa kota, negara, rentang usia, dan jenis kelamin.

Engaged Followers and non Followers

Menampilkan jumlah followers dan non-followers yang berinteraksi dengan konten kamu. Jika followers kamu lebih banyak berinteraksi, melakukan share, save, like atau comment tandanya konten kamu berhasil menjalin kepercayaan dengan target customer. Kalau sedikit kamu harus coba untuk memancing percakapan dengan komen, atau like postingan mereka.

engaged followers non-followers
Content Interactions

Menampilkan secara keseluruhan jenis konten yang berinteraksi dengan pengguna Instagram. Dapat kamu sesuaikan berdasarkan metrik target bisnis kamu. Seperti like, komen, share, dan lain-lain.

content interactions insight Instagram

3. Total Followers

Menampilkan pertumbuhan jumlah followers kamu. Baik followers baru atau yang baru saja unfollow akun kamu. Disajikan dalam bentuk grafik sehingga mudah dilihat pertumbuhannya. Kamu harus mulai bertanya-tanya kenapa lebih banyak yang unfollow? Hati-hati dalam membuat konten.

total followers insight Instagram
growth insight Instagram
Top Locations

Menampilkan presentase kota dan negara followers kamu berada. Informasi ini akan sangat membantu, membuat konten di daerah tempat tinggal followers kamu untuk meningkatkan engagement.

top location insight Instagram
Age Range

Kamu bisa menyesuaikan konten dan penulisan copywriting pada caption dengan bahasa yang sesuai rentang usia followers kamu.

age range insight Instagram
Gender

Menunjukan seberapa banyak yang mengikuti akun kamu, pria atau wanita. Spesifik gender akan lebih bagus dalam menentukan strategi bisnis.

gender insight Instagram
Most Active Times

Waktu aktif followers kamu, periode jam atau harian. Publikasikan konten berdasarkan waktu aktif followers kamu, untuk meningkatkan engagement. Hasil setiap akun berbeda-beda. Tinggal disesuaikan saja berdasarkan data insight Instagram milik kamu.

most active times insight Instagram

Dapatkan Lebih Banyak Insight Sekarang!

Sekarang kamu sudah lebih memahami fitur insight Instagram. Semua penjelasan di atas dapat disesuaikan dengan content plan yang sudah kamu buat, agar target pemasaran online media sosial Instagram kamu tercapai. Kamu juga bisa konsultasikan bisnis kamu ke sini untuk mendapatkan Insight yang lebih banyak! Dan dapatkan penawaran social media management terbaik hanya di Apookat Digital Agency.

Artikel Terkait

Google Search Console: Pengertian dan Panduan Lengkap

Jika kamu memiliki atau mengelola sebuah website, kamu perlu mengetahui dari mana sumber trafiknya. Kamu juga perlu tahu kinerja website-mu di mesin pencari versi perangkat mobile. Tujuannya untuk mengetahui halaman…

View post

Kenali Social Media Marketing dan 6 Cara Kerjanya untuk Bisnis!

Kini, social media marketing (SMM) berevolusi menjadi satu di antara sumber marketing intelligence beragam yang lebih dari sekedar strategi pemasaran. Pengguna media sosial pun semakin meningkat yang mampu mempengaruhi keputusan…

View post

Pengertian Trafik Organik dan Cara Jitu Meningkatkannya

Traffic organik adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui pencarian organik bukan dari iklan berbayar. Trafik organik menjadi salah satu langkah awal sebelum mengoptimalkan kampanye SEO. Apabila kamu berhasil meningkatkan…

View post