fbpx

WhatsApp Business API : Ketahui Manfaat dan Fiturnya untuk Memudahkan Bisnis

  • Home
  • Artikel
  • WhatsApp Business API : Ketahui Manfaat dan Fiturnya untuk Memudahkan Bisnis

WhatsApp Business API : Ketahui Manfaat dan Fiturnya untuk Memudahkan Bisnis

WhatsApp Business API – Salah satu fitur dari WhatsApp yang recomended untuk digunakan, terutama untuk lembaga pemerintahan atau bahkan bisnis sekalipun. Perkembangan fitur ini tentu saja dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 

Peran serta media sosial sebagai platform dalam penyebaran informasi yang masif , menjadi salah satu alasan bagaimana pemilik media sosial memang harus kredibel. Mengapa harus kredibel ? hal ini akan berkaitan dengan bagaimana sebuah informasi ini memang terpercaya dari sumber yang terpercaya juga. 

Pemanfaatan dari WhatsApp Business API ini lah yang menjadi solusi bagi instansi bagi pemerintahan atau swasta dalam menjangkau masyarakat, baik dalam melakukan penyebaran informasi atau bahkan keperluan bisnis. 

Lalu apa sebetulnya WhatsApp Business API itu ? 

Pengertian WhatsApp Business API

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu WhatsApp Business, namun tidak hanya disitu saja. Kebutuhan dari industri komunikasi ini lah yang melahirkan fitur WhatsApp Business API. 

WhatsApp Business API adalah fitur resmi dari aplikasi WhatsApp yang didesain khusus untuk mempermudah komunikasi dengan masyarakat atau pelanggan. API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yaitu aplikasi yang memungkinkan pemilik mengintegrasikan aplikasi lain secara bersamaan.

Jadi, WhatsApp Business API juga dapat mengintegrasikan antara fitur pada sistem yang telah ada dalam bisnis, seperti customer service dan CRM (Customer Relationship Management). Selain itu masih banyak hal yang bisa kamu integrasikan beberapa fitur lainnya. 

Fungsi WhatsApp Business API

Sebagai Asisten Virtual Customer Service

Harapan pelanggan dalam berkomunikasi diantaranya adalah masalah kenyamanan dalam mendapatkan informasi, kemudahan dan kecepatan menjadi kunci dalam mendapatkan penilaian yang baik dari pelanggan. 

salah satu fitur ini bisa kamu maksimalkan dengan WhatsApp Chatbot yang dapat menyapa konsumen dan menjawab pertanyaan dengan bahasa yang sealami mungkin dan secepat mungkin. 

Selain itu fitur ini pun akan memberikan retailer customer support selama 24/7 untuk membantu mengatasi keluhan konsumen dengan lebih mudah tanpa perlu menelepon call center. Mudah bukan ? 

Memberikan Update pada Pelanggan 

Dengan penggunaan WhatsApp Business API pemilik akun akan mudah untuk menyampaikan update informasi, seperti konfirmasi pesanan, waktu pemesanan, hingga barang pesanan tiba. 

Atau bahkan setelah pembelian, kamu sebagai pemilik akun masih dapat menjangkau pelanggan, seperti keluhan atau retur lalu pelanggan akan mendapatkan respon langsung untuk dapat ditangani segera mungkin.

Bisa Diintegrasikan dengan Customer Service dan Sistem CRM Sales

Dengan WhatsApp API Business sangat memungkinkan untuk mengintegrasikan customer service dan sistem CRM sales yang mungkin sudah dimiliki sebelumnya.

Integrasi ini disebut dengan WhatsApp Automation yang memberikan beberapa kelebihan sebagai berikut:

Mengelola bisnis untuk customer service dan sales untuk diintegrasikan dengan WhatsApp.

Secara otomatis mendeteksi pelanggan dari WhatsApp atau nama calon konsumen baru, lalu langsung disimpan ke dalam database CRM.

Secara otomatis memasukkan tickets, deals, atau pesanan dari percakapan WhatsApp, lalu langsung disimpan ke dalam WhatsApp CRM.

Artikel : Kekurangan WhatsApp Business

Mempermudah Proses Pembayaran

Salah satu keunggulan dari penggunaan WhatsApp API Business adalah mempermudah pelanggan dalam proses pembayaran, karena sudah terdapat fitur pembayaran seperti transfer bank, OVO, Go-Pay, dan lainnya. Pelanggan hanya perlu membayar dalam sistem WhatsApp.

Satu Nomor WhatsApp untuk Beberapa Admin

Jika pengguna WhatsApp Business biasa adalah tidak dapat login dengan beberapa device, jadi bisa dibayangkan jika harus menghandle beberapa kelurahan atau pesanan. 

Maka fitur WhatsApp API ini akan membantu dalam hal kecepatan, dengan nomor yang sama namun bisa digunakan dari berbagai device. 

Menghubungkan Pelanggan dengan Program Loyalitas Pelanggan.

Perusahaan biasanya memiliki program loyalitas pelanggan, biasanya berupa poin belanja atau kunjungan. 

Maka, dengan penggunaan WhatsApp API akan membantu dalam pengintegrasian dengan dari data CRM.

Fitur WhatsApp API

Fitur Business WhatsApp API
Fitur WhatsAPP API Business

WhatsApp Multi-User

Fitur ini memungkinkan satu nomor API WhatsApp Bisnis bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respon untuk pelanggan jadi lebih cepat.

Integrasi Chatbot

Bisa diintegrasikan dengan chatbot sehingga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis kepada banyak pelanggan sekaligus.

Otomatisasi WhatsApp

Fitur otomatisasi berperan dalam mengunduh dan menyimpan seluruh interaksi bisnis dan pelanggan yang disatukan dalam sistem database untuk diakses oleh tim support ketika melayani customer.

Rotator

Fitur rotator berfungsi melakukan alokasi agen perusahaan.

Integrasi dengan CRM

Fitur ini merupakan add on yang bisa diintegrasikan dengan CRM untuk membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan konsumen. Cara kerjanya adalah dengan mengelola semua informasi mengenai pelanggan yang berguna untuk mendorong kesetiaan pelanggan dan meningkatkan bisnis.

Laporan Analitik

Fitur laporan analitik berfungsi untuk menggabungkan seluruh interaksi pelanggan dalam sebuah dashboard. Laporan ini menampilkan tren penjualan, pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh tim CS agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Centang Hijau (Green Tick)

Keberadaan centang hijau (✅) pada akun WhatsApp menandakan bahwa akun tersebut memiliki bisnis atau sudah terverifikasi oleh Meta. Tanda ini mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut.

WhatsApp Broadcast Message

Fitur ini bertugas untuk mengirimkan pesan ke pelanggan dengan jumlah tak terbatas dalam satu waktu. Sebagai efeknya, tenaga dan waktu tim customer service jadi lebih efisien karena bisa melayani banyak pelanggan secara bersamaan.

Perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business

Serupa tapi tak sama, Whatsapp Business Api dan whatsapp Business memiliki banyak perbedaan, seperti berikut :

WhatsApp Business

  • Menyimpan nama dan nomor pelanggan dilakukan secara manual.
  • Tidak bisa mengirim pesan blast.
  • Tidak dapat diintegrasikan dengan CRM dan Chatbot.
  • Tidak memiliki centang hijau.
  • Saat perangkat utama offline, maka koneksi akan ikut terputus.
  • Hanya dapat digunakan oleh satu nomor dengan satu smartphone dan satu laptop.
  • Sinkronisasi dan menyimpan riwayat percakapan dilakukan secara manual.

WhatsApp API Business

  • Otomatis menyimpan nama dan nomor pelanggan.
  • Bisa mengirimkan pesan blast.
  • Dapat diintegrasikan dengan perangkat lainnya.
  • Terdapat centang hijau.
  • Selama nomor yang digunakan masih aktif, maka akun WhatsApp juga akan aktif.
  • Bisa dipakai oleh banyak admin dalam jumlah yang tak terbatas.
  • Secara otomatis menyimpan dan menyinkronkan riwayat percakapan.

Dapatkan fitur WhatsApp API kamu melalui Apookat Sekarang Juga !

Prev
Next
Drag
Map