fbpx

Mengungkap Rahasia Cara Kerja SEO: Panduan Lengkap untuk Pemula

  • Home
  • Artikel
  • Mengungkap Rahasia Cara Kerja SEO: Panduan Lengkap untuk Pemula

Mengungkap Rahasia Cara Kerja SEO: Panduan Lengkap untuk Pemula

Warganet sering kali menganggap SEO (Search Engine Optimization), hanya sebagai cara untuk membuat website nangkring di posisi teratas mesin pencari. Nyatanya, lebih kompleks dari pandangan ini.

Jika kamu serius mendalami SEO, kamu juga akan mempelajari hal penting lainnya. Seperti, mendalami cara kerja seo memperbaiki kualitas tulisan, bagaimana membangun trafik, dan lain-lain. Hasilnya, nanti mampu melejitkan kualitas dan kuantitas dari trafik website-mu, lo!

Dalam jangka panjang, pembaca atau calon pembeli semakin mengenal bisnismu. Oleh karena itu, omzetmu bisa naik dari waktu ke waktu.

Nah, buat kamu yang udah tertarik banget buat tahu lebih dalam tentang SEO? Yuk, simak artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian SEO?

SEO–singkatan dari istilah “Search Engine Optimization”–adalah sebuah teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking nomor satu di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google, Bing, Yandex, dsb.

Saat memanfaatkan SEO, seseorang atau pengguna bisa dengan mudah menemukan website yang memiliki kata kunci tertentu. Hasilnya, akan mampu menarik banyak trafik (kunjungan) ke website.

Di antara banyak mesin pencari, pengguna lebih banyak mengakses Google sebagai search engine favorit. Oleh karena itu, kamu bisa memprioritaskan SEO untuk Google terlebih dahulu.

Berdasarkan data dari BrightEdge–perusahaan yang bergerak di bidang jasa SEO–53% trafik website datang dari pencarian organik atau SEO.

Apa itu pencarian organik? Pencarian organik adalah suatu kegiatan mencari informasi dengan memasukkan keyword atau kata kunci tertentu ke mesin pencari (Google).

Sumber

Dari data ini, kita bisa melihat bahwa SEO sangat penting dalam menarik trafik kunjungan ke suatu website.

Oh, ya, biaya yang bakal kamu keluarkan untuk optimasi SEO, sangat bervariasi. Mulai dari nol rupiah atau gratis hingga berbayar, menyesuaikan tools apa yang kamu gunakan. Semakin banyak fitur dari tools SEO itu, maka semakin mahal harganya atau sewanya.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dari SEO, memerlukan waktu yang cukup dan strategi yang tepat. Oleh karena itu, jika kamu sabar dan konsisten, hasilnya bakal memuaskan.

6 Manfaat SEO Bagi Perkembangan Website dan Bisnismu

Sebenarnya, apa aja, sih, manfaat SEO bagi perkembangan website dan bisnismu?

Apakah sekrusial itu peran dari SEO?

Atau ada alternatif lain yang lebih baik?

Nah, untuk jelasnya, yuk, simak 6 manfaatnya berikut ini!

Baca Juga : Cara Meningkatkan Sales Bisnis FnB

1. Melejitkan Penjualanmu

Apakah SEO emang beneran bisa meningkatkan penjualan? 

Ya, bisa banget, dong!

Data dari Semrush dan Monsterinsights menunjukkan bahwa 75% pebisnis mampu menghasilkan banyak penjualan dari SEO (website), dibandingkan dengan strategi lainnya. Bahkan, tingkat konversinya mencapai 14, 6%, lo!

Hal ini memang perlu kamu perhatikan dan kerjakan dengan serius. Hasilnya, penjualanmu bakal melejit hingga “langit ketujuh”!

Namun, ingat juga untuk memastikan dulu, jika barang dan jasa yang kamu tawarkan memang bagus kualitasnya.

Untuk kamu yang ingin menjadi terdepan di antara kompetitormu, SEO-lah jadi opsi bijaknya!

Siap menjadikan bisnismu semakin unggul dengan SEO? 

2. Investasi Jangka Panjang

SEO bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Mengapa? Karena website yang nangkring di posisi teratas hasil pencarian, audiens akan menganggap bisnismu beneran ada wujudnya. Oleh karena itu, akan meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Jika kredibilitas bisnismu tinggi, semakin besar peluangmu mengubah audiens menjadi pembeli. Namun, ingat juga, ya, untuk memastikan antara judul artikel dan isinya sama. Hindari menggunakan clickbait yang hanya berfokus membuat orang penasaran, tapi malah isi artikel mengecewakan.

Perlu kamu ingat juga, jika hasil dari SEO ini mampu bertahan dalam jangka panjang. Cukup sulit peringkat SEO dari suatu website untuk turun. Kecuali, kamu abai terhadap pembaruan atau update mengenai teknis SEO terbaru. Atau, kamu cepat berpuas diri terhadap hasilnya, hingga mengabaikan isi dan kualitas informasinya. 

Hindari hal buruk ini, ya!

2. Menyaring Audiens dengan Tepat Sasaran

Lebih dari sekadar membantu audiens menemukan dan terhubung dengan website-mu. Namun, juga menyaring audiens dengan tepat sasaran. Artinya, mereka yang mengetikkan kata kunci atau keyword tertentu, berarti memang sedang membutuhkan hal itu.

Misalnya, kamu menjual bahan baku tekstil dengan target pembaca untuk orang-orang yang butuh tekstil. Lalu, di website-mu–terutama bagian blog–kamu udah punya artikel mengenai dunia tekstil dengan lengkap. Saat kamu menerapkan teknik SEO ini, artikelmu bisa muncul di hasil pencarian search engine.

Jika artikelmu masih baru, butuh waktu untuk membuatnya nangkring di posisi teratas hasil pencarian. Semakin sering pembaca mengakses artikelmu, maka semakin besar peluang website-mu jadi yang teratas! Perlu kamu ingat, bahwa algoritma Google juga mengutamakan pengalaman pencarian yang unik.

Pengalaman unik yang seperti apa? Jadi, Google akan merekomendasikan artikel yang muncul dengan mempertimbangkan kebiasaan dan karakteristik audiens. Mulai dari histori penelusuran, lokasi penelusuran, keyword yang terkait, hingga browser yang sering mereka gunakan.

Jika kamu sabar melewati proses ini, semakin besar peluangmu mengubah audiens menjadi pembeli. 

Siap untuk praktik?

4. Memudahkan Audiens Menemukan dan Terhubung dengan Website-mu

SEO merupakan salah satu strategi tepat sasaran untuk memudahkan target audiens menemukan website-mu. 

Mengapa? Karena saat website-mu jadi yang teratas di halaman pencarian search engine. Saat itu pula, audiens akan mulai tahu, mengenal, dan menjelajahi segala isi dari websitemu. Hasilnya, apa yang kamu tawarkan–barang atau jasa–audiens akan membacanya. Lalu, kesempatan mendapatkan prospek dan terjadinya penjualan, semakin besar! 

Bahkan, mungkin mereka akan mendapatkan lebih dari apa yang mereka cari. Seperti, keberadaan blogmu yang isinya tentang edukasi, informasi, atau hiburan. Lebih jauh lagi, mereka bisa melihat kontakmu dan alamat media sosialmu.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Tahukah kamu! Kebiasaan kebanyakan masyarakat Indonesia ketika ingin mencari sesuatu, pasti mencari dulu di Google. Termasuk mencari barang dan jasa yang akan mereka gunakan.

Hal ini membuat peluang bagi penyedia barang dan jasa untuk mengenalkan produknya, semakin terbuka lebar. Nantinya, juga berimbas pada brand awareness atau kesadaran mereka. Jadi, audiens akan semakin mengenal produkmu.

Bahkan, mereka bisa menjadi loyalis produkmu–seperti Apple fanboys–, jika memang produkmu bagus.

Kamu juga bisa menambahkan elemen warna atau ciri khas merekmu ke dalam website. Jadinya, website-mu punya karakter dan membuat audiens mudah mengingatnya.

6. Menjadi Top-of-Mind Awareness 

Top-of-mind awareness adalah tingkatan teratas saat konsumen pertama kali memikirkan suatu topik, merek, atau kategori produk secara spontan.

Misalnya, saat pertama kali kamu mendengar kata deterjen, apa yang muncul di benakmu? Besar kemungkinan, Rinso, kan?

Lalu, saat kamu mendengar kata “teh botol”, merek apa yang muncul pertama kali di benakmu? Sosro, kan?!

Saat audiens semakin mengenal produkmu, saat itu pula produkmu jadi pilihan utamanya. Apalagi, jika audiens mudah menyebutkan merekmu, mereka semakin ingat!

Nah, hal ini sangat bisa kamu bangun dengan SEO, lo!

Cara Kerja SEO 

Google menggunakan sistem khusus untuk menyeleksi situs atau website agar hasil pencarian pengguna. Google memiliki sebuah alat yang namanya web crawler. Web crawler atau Googlebot adalah sebuah tool yang tugasnya mengindeks dan mengunduh konten apa pun dari internet. Lalu, menyimpannya ke dalam database mesin pencari.

Alhasil, ketika kamu mencari informasi di search engine, hasilnya akan tampil berdasarkan database yang sudah tersimpan.

Cara Kerja SEO

Tiap-tiap mesin pencari memiliki nama web crawler tersendiri, di antaranya

  • Yandex Bot dari Yandex (mesin pencari dari Rusia),
  • DuckDuckBot dari DuckDuckGO,
  • Alexa Crawler dari Amazon,
  • Exabot dari Exalead,
  • Bingbot dari Bing,
  • Slurp Bot dari Yahoo,
  • Baiduspider dari Baidu (mesin pencari dari China)
  • Dll.

Beberapa istilah dalam cara kerja SEO melalui web crawler.

  • Crawling: pengumpulan dan penyimpanan halaman website yang baru terbit atau yang baru diperbarui.
  • Indexing: pemelajaran struktur website, melihat kualitas, dan memastikan relevansi konten bagi kebutuhan audiens. Termasuk, kejelasan isi dari setiap halaman website yang tersimpan dalam database mesin pencari.
  • Pulling result (ranking): penyusunan daftar halaman website terbaik untuk mengisi ranking tertinggi dalam hasil pencarian (SERP).

Nah, sekarang pilihannya ada di tanganmu! Apakah kamu siap dan segera mulai untuk memperbaiki SEO website-mu atau kamu masih kebingungan?

Jika kamu kebingungan dan punya sangat sedikit waktu untuk belajar tentang SEO, kamu bisa memanfaatkan jasa SEO. Sayangnya, karena jasa SEO sangat banyak bertebaran di luar sana. Kamu perlu hati-hati memilih jasa tersebut!

Perhatikan setiap pengalaman yang mereka tawarkan, apakah hanya mengaku-ngaku berpengalaman atau memang berpengalaman?

Nah, untungnya ada Apookat yang siap membantumu dalam hal SEO. Pengalaman bertahun-tahun sudah terbukti dengan jelas dan jujur! Jadi, kamu bisa tenang dan terhindar dari penipuan.

Tertarik untuk bekerja sama? 

Yuk, hubungi nomor ini 089655395388 segera, ya!

Prev
Next
Drag
Map