fbpx

Cara Memanfaatkan Google My Business untuk Meningkatkan Penjualan

  • Home
  • Artikel
  • Cara Memanfaatkan Google My Business untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Memanfaatkan Google My Business untuk Meningkatkan Penjualan

Google My Business – Merupakan sebuah layanan dari google yang dapat menampilkan profil dari bisnis kamu. Google my business ini bisa juga disebut google bisnisku, sama saja hanya saja berbeda bahasa. Selain pada website, google business bisa juga dikendalikan menggunakan aplikasi. Jadi kamu bis mudah dalam mengatur profil dari bisnis kamu.

Mungkin kita sudah tau seperti apa manfaat dari local seo pada artikel sebelumnya, salah satu hal yang bisa kita maksimalkan dalam meningkatkan bisnis adalah dengan menginstal google my business, apalagi untuk usaha yang memang membantu pelayanan pengiriman atau kunjungan ke lokasi langsung. 

Hal ini akan sangat membantu terutama kamu yang memiliki segmen pasar yang sangat spesifik, seperti kuliner, toko pakaian, toko bunga dan sebagainya. 

Namun apa manfaat dari google my business ini membantu dalam meningkatkan penjualan ? Yuk kenali apa itu google my business atau google bisnisku. 

Apa itu Google My Business ? 

Google My Business atau google bisnisku ini merupakan salah satu fitur dari google untuk menampilkan profil bisnis atau lokasi. Fitur ini gratis dan dapat dimiliki siapa saja, apalagi untuk kepentingan bisnis kamu. Fitur google bisnisku ini terintegrasi dengan fitur google lainnya, seperti google maps, google image bahkan google search engine umum dari google. 

Google bisnisku ini sangat membantu para pemilik bisnis, dengan memasukan informasi yang lengkap dan melakukan verifikasi akun, maka bisnismu akan muncul di laman pencarian google maps.

Manfaat Google My Business

Profil Bisnis Muncul di Google

Google yang merupakan sebagai salah satu perusahaan digital terbesar di dunia, menguasai sebagian besar dari penggunaan digital, serta pengguna terbanyak di dunia dalam pemanfaatan search engine masih dipegang kuat oleh google. 

Fitur lengkap dan user yang sangat banyak, menjadikan google salah satu platform yang dimanfaatkan oleh orang – orang di dunia. Mulai dari penggunaan maps, google foto, email bahkan cloud untuk penyimpanan. 

Ketika membuat google bisnisku, maka profil bisnis kamu akan muncul di google terutama pada google maps. Google akan memberikan rekomendasi bisnis yang para user cari. Kapan lagi google merekomendasikan bisnis kamu dengan gratis ?

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Sebuah bisnis perlu yang namanya pengakuan atau kredibilitas, hal ini akan membantu para calon pembeli dalam memastikan bahwa apa yang mereka cari ada pada bisnis kamu, dan profil bisnis kamu memang terpercaya. 

Biarkan para calon pembeli memilih bisnis kamu karena kamu memang yang terbaik !

Memberikan Informasi Kepada Calon Pembeli

Manfaat dari membuat profil bisnisku adalah kamu sebagai pemilik bisnis akan memberikan informasi yang lengkap kepada para calon pembeli, seperti jam buka, lokasi, layann yang ada,atau fitur yang ada di bisnis kamu. 

Informasi ini tidak hanya membantu para calon pembeli menemukan apa yang mereka cari tapi memudahkan google juga dalam merekomendasikan apa yang sesuai dengan yang calon pembeli cari dan butuhkan.

Review Bisnis dari Pengunjung

Bagi sebagian bisnis, masukan merupakan hal yang penting. Terutama review yang sangat membantu orang lain untuk mengunjungi bisnis kita. 

Review yang muncul pada google maps akan sangat membantu dalam meningkatkan kredibilitas dari bisnis kamu.

Meningkatkan Pengunjung Bisnis

Harapan membuat bisnis salah satunya adalah meningkatkan pengunjung pada bisnis kita, dengan menampilkan profil bisnis di google apalagi review yang bagus, maka trafik pengunjung bisnis kamu akan pasti meningkat. 

Cara Membuat dan Mendaftar Akun Google My Business

Lakukan pendaftaran akun google my business pada laman ini. 

Tampilan Google My Business
Buat Akun Google My Business

Isi nama usaha kamu dan isi selengkap mungkin dan ikuti step by step nya, fokus pada nama brand kamu.

Tips: Pastikan bahwa nama brand kamu ditulis disana, tidak disarankan untuk menulis kata yang umum digunakan. Jika memang Harsus sertakan juga nama brand nya, Seperti Toko Bunga Ananda, Soto Makasar H. Nanang dsb.

Pin lokasi bisnis
Pin Lokasi Bisnis

Salah satu yang harus diisi adalah pin lokasi, pastikan memang tepat pada lokasi usaha kamu, hal ini akan sangat memudahkan orang untuk mencari dengan pkata kunci seperti terdekat, atau kata kunci kota yang mereka tuju. Lengkapi profil kamu.

Verifikasi akun google my business
Verifikasi Akun My Business

Dan yang paling utama adalah lakukan verifikasi akun dari google bisnisku milik kamu sendiri, kamu akan dikirimkan surat oleh google yang berisi nomor verifikasi, masukan pada akun google my business kamu, maka profil kamu akan terverifikasi dan muncul pada google.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Website dalam Meningkatkan Bisnis

Tips meningkatkan penjualan melalui Google My Business

  1. Verifikasi Akun Google Bisnisku
  2. Lengkapi Informasi Akun Google Bisnisku
  3. Selalu Jawab Pertanyaan 
  4. Minta Review dan Penilaian Dari Pengunjung
  5. Evaluasi Produk dan Layanan Bisnis Kamu

Penutup

Google My Business merupakan layanan gratis dari google, google my business ini sangat membantu terutama dalam pemanfaatan SEO Organik di google. 

Manfaatkan google bisnisku untuk membuat calon pelanggan mengunjungi produk kamu. 

Sudah siapkah penjualan kamu meningkat ?

Prev
Next
Drag
Map