fbpx

Memahami Konsep dan Peran Digital Creative Agency dalam Dunia Bisnis

  • Home
  • Artikel
  • Memahami Konsep dan Peran Digital Creative Agency dalam Dunia Bisnis

Memahami Konsep dan Peran Digital Creative Agency dalam Dunia Bisnis

Mengenal Digital Creative Agency – Perjalanan sebuah perusahaan atau bisnis pastinya tidak akan jauh dengan yang namanya branding atau marketing, apalagi pada saat ini penggunaan media digital menjadi salah satu cara yang ampuh dalam meningkatkan branding bahkan sales

Keberadaan digital creative agency ini sangat membantu, terutama bagi kamu yang masih mengerjakan segala kebutuhan creative sendiri. Seperti membuat konten, design visual atau bahkan strategi pemasaran digital.

Lalu seperti apa digital creative agency dapat membantu kamu?

Simak penjelasan mengenai creative digital agency.

apa-itu-digital-creative-agency

Apa itu digital creative agency

Creative digital agency merupakan sebuah jasa baik yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan yang bergerak pada pembuatan strategi kreatif, baik itu dalam hal ide sampai dengan eksekusi. Biasanya creative agency pun sering disebut sebagai digital marketing agency, karena secara fungsinya mereka tidak hanya membantu dari sisi kreatif saja tapi membantu dari sisi peningkatan sebuah bisnis. 

Hal-hal yang biasa dilakukan oleh creative digital agency adalah sebagai berikut : 

Digital Strategy; Sebagai sebuah perusahaan pada bidang digital maka tidak heran, jika yang dilakukan dalam membantu klien dalam membuat strategi digital untuk mencapai target yang klien harapkan. 

Creative Design; Creative design ini dimana klien akan dibantu dalam hal pembuat ide kreatif, visual creative hingga bagaimana membuat sebuah campaign yang bisa membantu dalam mencapai target dari klien. 

Amplify; Merupakan proses dimana ide yang telah disusun menjadi strategi digital didukung oleh fitur digital advertising.

Listening dan Engagement; Kepuasan klien merupakan tanggung jawab sebuah digital agency, maka mendengarkan segala kebutuhan mereka adalah sebuah langkah untuk membuat strategi yang lebih akurat, serta tetap menjaga komitmen dalam bekerja sama. 

Jenis – jenis digital creative agency

Jika melihat kondisi saat ini, sebuah digital creative agency dapat dirangkum dalam beberapa jenis, diantaranya adalah 

Advertising Agency (Agensi Periklanan)

Design Agency (Agensi Desain)

Interaktif Agency (Agensi Interaktif / Marketing Communication)

Consulting Agency (Agensi Konsultan)

Walaupun terkadang kita bisa menemukan beberapa jenis ini pada satu layanan agency saja, maka seiring dengan berkembangnya sebuah media, terkadang kita tidak perlu capek lagi milih agency yang full service

Bcaan Lainnya : Manfaat Website untuk Bisnis

Mengapa digital creative agency penting untuk brand ? 

Sebuah digital creative agency pastinya telah mempersiapkan hal yang dibutuhkan oleh para klien, maka tidak heran sebuah digital agency memang terkadang memiliki manfaat yang bisa saling berkaitan satu sama lain, terutama kamu yang sedang membangun brand. 

Manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan jasa digital agency, yaitu ;

Membuat perspektif yang berbeda; Sebuah digital marketing agency pastinya akan melihat dari segala sudut pandang, salah satu hal yang dapat membantu adalah dengan membuat sebuah perspektif yang luas, semakin kita bisa menyusun strategi yang tepat untuk scale up bisnis. 

Membantu meningkatkan brand; Digital marketing agency pun dapat membantu usaha kamu dalam meningkatkan brand, baik dalam brand identity, brand connection atau brand visual

Hemat Waktu; Dalam membangun brand dan menyusun sebuah strategi perlu waktu yang panjang, baik itu dalam tahap perencanaan sampai eksekusi. Dengan bantuan digital creative agency, kamu bisa memangkas waktu itu dengan baik. Karena tim yang handal di bidangnya akan membantu kamu dalam mencapai tujuan dari bisnis kamu. 

Hemat budget; Bayangkan jika kita memiliki sebuah tim yang powerfull, yang mana kamu tidak harus mengeluarkan cukup besar uang untuk menggaji mereka atau membeli aset untuk keperluan bekerja mereka. Dengan bantuan digital creative agency kebutuhan itu akan terpenuhi, dan lebih hemat budget. 

Mengelola aset digital; Keberadaan aset digital kadang membuat owner bisnis pusing, namun dengan bantuan digital agency mereka dapat merapikan aset digital kamu, agar kedepannya bisa dimaksimalkan terutama dalam membantu meningkatkan bisnis.

Membantu Scale Up bisnis; Sebuah creative agency tidak hanya memiliki tanggung jawab atas konten, brand dan interaksi. Lebih dari itu creative agency akan membantu dalam hal scale up bisnis. Pastikan agency yang kamu pilih adalah yang dapat membantu scale up bisnis kamu. 

Tips menentukan digital creative agency 

Memilih digital creative agency bisa diibaratkan mencari pasangan hidup, kenapa bisa seintim itu ? ketika memilih sebuah partner terutama dalam mengerjakan sesuatu, pastinya kita akan berjalan cukup jauh dan lama. Maka butuh partner yang memang saling mengerti kebutuhan satu sama lain untuk bisa mencapai tujuan. 

Maka tips yang bisa dilakukan adalah berkomunikasi.

Mau kosultasi seputar branding ? Silahkan klik tautan ini.

Prev
Next
Drag
Map