fbpx

5 Tools Social Media Listening Tingkatkan Daya Saing Bisnis

5 Tools Social Media Listening Tingkatkan Daya Saing Bisnis

Sebuah bisnis harus meningkatkan daya saingnya agar bisa bertahan di era digital seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan melakukan social media listening. Anda harus mengenal lebih dalam tentang bisnis Anda sendiri sekaligus mengetahui sejauh mana kompetitor telah bergerak.

Apa itu Social Media Listening?

Secara sederhana, social media listening dapat diartikan sebagai mendengar apa saja respons atau perkataan audiens tentang segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Hal ini mencakup mulai dari produk bisnis Anda maupun kompetitor. 

Di sini, Anda dapat mengetahui seberapa besar percakapan di media sosial yang membicarakan tentang bisnis Anda. Dari data-data tersebut, Anda bisa menentukan strategi bisnis agar bisa lebih unggul dari kompetitor.

Mengapa ini penting? Karena Anda dapat membuat konten sesuai dengan kebutuhan audiens. Selain itu, Anda juga akan mengetahui tren terkini yang bisa berdampak pada bisnis Anda.

Guna memudahkan proses mendengar respons audiens di media sosial, Anda bisa menggunakan rekomendasi-rekomendasi tools social media listening berikut.

  1. Nolimit

Nolimit.id merupakan perusahaan asli Indonesia yang menyediakan layanan social media listening ini. Nolimit.id dapat membantu meningkatkan daya saing bisnis dengan cara membandingkan sentimen audiens, menganalisis konten, hingga melihat performa campaign yang sedang dijalankan.

Selain itu, Nolimit Dashboard juga menyediakan berbagai macam topik terkini yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dari topik-topik tersebut, Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih efektif lagi.  

  1. Hootsuite.com

Di Hootsuite, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan pelanggan melalui pencarian kata kunci. Hootsuite membantu untuk menemukan tren berdasarkan lokasi, tanggal, dan demografi yang spesifik.

Hootsuite juga membantu memantau di mana industri bisnis Anda sering dibicarakan oleh audiens. Hal tersebut membantu agar strategi bisnis tepat sasaran. 

Terakhir, dengan menggunakan sentiment analysis, Hootsuite menyajikan data tentang sentimen terhadap pesaing bisnis Anda. Dari sini, Anda bisa mengetahui apa saja yang harus ditingkatkan dari bisnis Anda agar bisa lebih unggul dari kompetitor.

  1. Talkwalker

Talkwalker menawarkan berbagai macam kelebihan dari layanan social media listening mereka, mulai dari memantau 150 juta website, sentimen analisis dalam 127 bahasa, sampai mengetahui apa saja hal yang sedang ramai diperbincangkan dari lebih dari 10 platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Dalam menyediakan layanan social media listening ini, Talkwalker juga berfokus pada fitur foto atau gambar yang umum diposting di media sosial. Talkwalker membantu untuk mendeteksi logo merek dalam media sosial.

  1. Buffer

Buffer memiliki sebuah fitur bernama story monitoring untuk memantau cerita Anda di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, dalam satu dashboard, Anda juga bisa melakukan publikasi konten dan terintegrasi dengan berbagai platform media sosial.

Selain itu, Buffer juga membantu Anda menemukan percakapan paling penting yang berkaitan dengan bisnis Anda. Kemudian, Buffer pun menyediakan laporan analitik yang berisi tentang perilaku audiens sehingga berpengaruh terhadap engagement bisnis Anda.

  1. Ivosight

Ivosight memiliki sebuah produk bernama Ripple 10. Produk tersebut membantu memantau isu-isu yang ada sekaligus menanggulangi isu negatif tentang bisnis Anda.

Ripple 10 juga merupakan digital listening tools yang membantu mengetahui aktivitas digital kompetitor. Selain itu, produk dari Ivosight ini juga mampu mendapatkan percakapan dari 6000 lebih media nasional serta berbagai macam platform media sosial, seperti Tiktok, Youtube, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Demikianlah rekomendasi-rekomendasi tools yang bisa digunakan untuk mendengar pendapat audiens tentang bisnis Anda di media sosial. Setelah mengetahui dengan pasti segala kebutuhan audiens, Anda bisa mulai merancang strategi bisnis yang lebih efektif.

Strategi bisnis akan sulit dibuat apabila Anda belum mempunyai data penting tentang bisnis Anda. Oleh sebab itu, untuk memudahkan pemantauan Anda, gunakanlah tools yang memang menampilkan data lengkap dalam satu dashboard, seperti Nolimit.

Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat, menjaga reputasi brand, hingga memenangkan persaingan dari kompetitor. Apabila Anda mau meningkatkan daya saing bisnis dengan mendengarkan data real time tentang persepsi audiens terhadap brand Anda, segera kunjungi website berikut: Nolimit Dashboard

Prev
Next
Drag
Map